Penerapan model Problem Based Learning pada pembelajaran tema 5 subtema Indonesiaku, Bangsa yang Berbudaya di kelas 5A SDN Bendogerit 1 Blitar / Febrianita Putri Solihah

Main Author: Solihah, Febrianita Putri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/5856/
Daftar Isi:
  • SolihahFebrianitaPutri.2015.PenerapanModelProblemBasedLearningpadaPembelajaranTema5SubtemaIndonesiakuBangsayangBerbudayadiKelas5ASDNBendogerit1Blitar.SkripsiJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.WidayatiM.H(II)Dra.YuliwidiartiS.Pd.KataKunciproblembasedlearningpenerapanIndonesiakubangsayangberbudayaProblembasedlearningmerupakansuatumodelpembelajaranyangmelibatkansiswauntukmemecahkansuatumasalahmelaluitahap-tahapmetodeilmiah.Siswadapatmembangunpemahamannyasendiridenganmempelajaripengetahuanyangberhubungandenganmasalah.Penerapanmodelpembelajaranyangbersifatkonstruktivistikpadakurikulum2013sangatperludiimplementasi-kan.Salahsatunyaadalahmodelproblembasedlearning.Berkaitandenganitumakadiperlukanpembahasanmengenaipenerapanmodelproblembasedlearningpadapembelajarantematik.Penelitianinibertujuanmendeskripsikanrencanapelaksanaanpembelaja-ran(RPP)denganmodelproblembasedlearningdanpenerapanmodelproblembasedlearningpadapembelajaranIndonesiakubangsayangberbudayadikelas5ASDNBendogerit1KotaBlitar.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiandeskriptifkualitatif-kasustunggal.Datapenelitianberupapaparanberbentukdeskripsidiperolehdarikegiatanpembelajarangurudenganmenerapkanmodelproblembasedlearningpadapembelajarantema5subtema2Indonesiakubangsayangberbudaya.Pengumpulandatamenggunakanteknikobservasiwawancaradanstudidokumentasi.InstrumentpengumpuldataberupalembarobservasiyaituAPKG1desainpembelajaran/rppdenganmenerapkanmodelproblembasedlearningdanAPKG2kemampuanmengajardenganmenerapkanmodelproblembasedlearninglembarobservasiaktivitassiswasertalembarwawancara.Subyekpenelitianadalahgurudansiswakelas5A.Keabsahandatadilakukankegiatantriangulasikecukupanreferensialdanmeningkatkanketekunan.Kegiatananalisisdatadilakukandengantesidentifikasiskalaguttmandanpersentaseyangselanjutnyadilakukantahapreduksidata.Berdasarkananalisisdatatersebutdiperolehsimpulanhasilpenelitianadalah.PertamaRPPyangdibuatgurudenganmenerapkanmodelproblembasedlearningdidesaindenganbaikdenganrata-ratapersentasesebesar89%.Keduapelaksanaanpembelajarangurudenganmenerapkanmodelproblembasedlearningdilaksanakandenganbaikdenganrata-ratapersentasesebesar86%.Ketigapembelajarandenganmodelproblembasedlearningdapatmewujudkankegiatansiswabelajaraktifkritiskerjasamabermaknamenyenangkandanmenantang.Keempatmodelproblembasedlearningdapatditerapkanpadapembelajarankelas5tema5banggasebagaibangsaIndonesiasubtema2Indonesiakubangsayangberbudaya.