Penerapan model Problem Based Learning pada pembelajaran tema 5 subtema Indonesiaku, Bangsa yang Berbudaya di kelas 5A SDN Bendogerit 1 Blitar / Febrianita Putri Solihah
Main Author: | Solihah, Febrianita Putri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/5856/ |
Daftar Isi:
- SolihahFebrianitaPutri.2015.PenerapanModelProblemBasedLearningpadaPembelajaranTema5SubtemaIndonesiakuBangsayangBerbudayadiKelas5ASDNBendogerit1Blitar.SkripsiJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.WidayatiM.H(II)Dra.YuliwidiartiS.Pd.KataKunciproblembasedlearningpenerapanIndonesiakubangsayangberbudayaProblembasedlearningmerupakansuatumodelpembelajaranyangmelibatkansiswauntukmemecahkansuatumasalahmelaluitahap-tahapmetodeilmiah.Siswadapatmembangunpemahamannyasendiridenganmempelajaripengetahuanyangberhubungandenganmasalah.Penerapanmodelpembelajaranyangbersifatkonstruktivistikpadakurikulum2013sangatperludiimplementasi-kan.Salahsatunyaadalahmodelproblembasedlearning.Berkaitandenganitumakadiperlukanpembahasanmengenaipenerapanmodelproblembasedlearningpadapembelajarantematik.Penelitianinibertujuanmendeskripsikanrencanapelaksanaanpembelaja-ran(RPP)denganmodelproblembasedlearningdanpenerapanmodelproblembasedlearningpadapembelajaranIndonesiakubangsayangberbudayadikelas5ASDNBendogerit1KotaBlitar.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiandeskriptifkualitatif-kasustunggal.Datapenelitianberupapaparanberbentukdeskripsidiperolehdarikegiatanpembelajarangurudenganmenerapkanmodelproblembasedlearningpadapembelajarantema5subtema2Indonesiakubangsayangberbudaya.Pengumpulandatamenggunakanteknikobservasiwawancaradanstudidokumentasi.InstrumentpengumpuldataberupalembarobservasiyaituAPKG1desainpembelajaran/rppdenganmenerapkanmodelproblembasedlearningdanAPKG2kemampuanmengajardenganmenerapkanmodelproblembasedlearninglembarobservasiaktivitassiswasertalembarwawancara.Subyekpenelitianadalahgurudansiswakelas5A.Keabsahandatadilakukankegiatantriangulasikecukupanreferensialdanmeningkatkanketekunan.Kegiatananalisisdatadilakukandengantesidentifikasiskalaguttmandanpersentaseyangselanjutnyadilakukantahapreduksidata.Berdasarkananalisisdatatersebutdiperolehsimpulanhasilpenelitianadalah.PertamaRPPyangdibuatgurudenganmenerapkanmodelproblembasedlearningdidesaindenganbaikdenganrata-ratapersentasesebesar89%.Keduapelaksanaanpembelajarangurudenganmenerapkanmodelproblembasedlearningdilaksanakandenganbaikdenganrata-ratapersentasesebesar86%.Ketigapembelajarandenganmodelproblembasedlearningdapatmewujudkankegiatansiswabelajaraktifkritiskerjasamabermaknamenyenangkandanmenantang.Keempatmodelproblembasedlearningdapatditerapkanpadapembelajarankelas5tema5banggasebagaibangsaIndonesiasubtema2Indonesiakubangsayangberbudaya.