Pengembangan bahan ajar menulis cerpen dengan pendekatan saintifik untuk siswa SMP kelas VII / Agustinus Kembardi Sumbi
Main Author: | Sumbi, Agustinus Kembardi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/58200/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKKembardiSumbiAgustinus.2017.PengembanganBahanAjarMenulisCerpendenganPendekatanSaintifikuntukSiswaSMPKelasVII.TesisProgramStudiPendidikanBahasaIndonesiaPascasarjanaUniversitasNegeriMalangPembimbing(1)Prof.Dr.AnangSantosoM.Pd.(II)Prof.Dr.SuyonoM.Pd.KataKuncipengembanganbahanajarmenuliscerpenpendekatansaintifik.Prosespembelajarandenganpendekatansaintifikmenyentuhtigaranahyaitusikappengetahuandanketerampilan.Ketigaranahkompetensitersebutmemilikiprosespsikologisyangberbeda.Ranahsikapdiperolehmelaluiaktivitasmenerimamenjalankanmenghargaimenghayatidanmengamalkan.Ranahpengetahuandiperolehmelaluiaktivitasmengingatmemahamimenerapkanmenganalisismengevaluasidanmencipta.Ranahketerampilandiperolehmelaluiaktivitasmengamatimenanyamengeksplorasimengasosiasidanmengomunikasikan.Pendekataninimenuntutsiswauntukproduktfkreatifinovatifdanafektifmelaluisikapketerampilandanpengetahuanyangterintegrasidalamsuasanayangkonkretmenyenangkandanbermakna.PendekatansaintifikdalampenelitianiniditerapkanuntukmenghasilkanprodukbahanajarmenuliscerpendikelasVIISMP.Keterampilaninidijadikanfokuskarenamenulissastrakhususnyacerpenmasihbelummaksimalbelumsepenuhnyamenggambarkanhakikatmenuliskreatifsastra.Tujuanpenelitianinisecaraumumadalahmengembangkanbahanajarmenuliscerpen.Secarakhusustujuanyanghendakdicapaimelaluipenelitianiniadalah(1)mengembangkanisibahanajar(2)mengembangkansistematikaatauorganisasipenyajianmateribahanajar(3)mengembangkanpenggunaanbahasabahanajardan(4)mengembangkantampilan/kegrafikaanbahanajardenganpendekatansaintifikberdasarkankurikulum2013.ModelpengembanganpenelitianinidiadaptasidarimodelRD(ResearchandDevelopment).Produkinidikembangkanmelaluilangkah(1)penelitianpendahuluan(2)perencanaandanpersiapan(3)mengembangkanbahanajar(4)melakukanujiproduk(5)revisidan(6)produkfinal(produksi).Hasilpengembanganprodukpenelitianiniberupabukusiswayangberisibahanajarmenuliscerpendenganpendekatansaintifikyangmencakup(a)memahamiunsurintrinsiktekscerpen(b)mengeksplorasiberagamsumbersebagaiide/gagasanuntukmenyusuntekscerpen(c)menyusuntekscerpendenganmenemukanberagambahanuntukmenuliscerpendariberbagaisumber(d)menelaahtekscerpendenganmencermatidanmemperbaikiisidanbahasatekscerpen.Produkdilengkapijugadenganpetunjukpenggunaanbukulatihanlatihandanpenilaian.Soal-soallatihandisajikanuntukmengukurapayangsiswaketahuiyangdisejajarkandenganaspekpengetahuandanpemahamanapayangsiswapikirkanyangdisejajarkandenganpemaknaannilaisikapdankekritisandanapayangharussiswakerjakandikemasdalamkonseptiruubahdanbuatsendiriyangdisejajarkandenganketerampilandankreativitassiswa.2Produkbahanajarkemudiandinilaiolehahlipembelajaransastradanahlimenuliskreatifcerpenyangbertindaksebagaireviewer.Datadalampenelitianiniyaitudatakuantitatif-kualitatif.Datakuantitatifdiperolehdariinstrumenpenilaian(angket)berupachecklistolehreviewerdandianalisisdenganmenggunakanpersentase(%).Datakualitatifdiperolehdarisarankomentardankritikreviewer.Berdasarkanhasilujipengembanganprodukhasilvalidasiahlipembelajaransastradiperolehskor9474%.Artinyabahanajarinisangatlayakdiimplementasikandalampembelajaranmenuliscerpen.Ahlipembelajaransastramemberisaran(1)materiyangdisajikanperluditambah(2)tuliskanuraiandancontohlangkahpendekatansaintifik(3)uraikankalimatyangmenunjukkanunsurintrinsikdibuatlebihjelas(4)soal-soallatihandalamsetiaptahapanpendekatansaintifikdibuatlebihberagam(5)perhatikanpenulisanejaandantandabaca(6)petunjukperludisederhanakan(7)halamanbukuterlalupenuhsehinggaterkesanmemberatkansiswa(8)memperbaikitampilankulitbukubagiandepankataindahnyadigantimenjadikatamudahnya.Hasilvalidasiahlimenuliskreatifcerpenmendapatskor9692%.Artinyabahanajarinisangatlayakdiimplementasikan.Ahlimemberisaranagar(1)perlupenyederhanaandefenisibahanajar(2)perluadanyapengaitanantarunsurintrinsiksatudenganlainnya(3)latihanmembedakanmembandingkandanmenyimpulkanperluditambah(4)perluadapenataanagarlebihmenarik(5)perluadanyapenyederhanaandanvariasibahasacarilahpengungkapanyangringansehinggatidakterkesanteoritis(6)memperbaikihalamanagartampilanmateribahanajartidakterkesanterlalupenuh.Hasilvalidasiahli(reviewer)menyatakanbahwabahanajarberbentukbukusiswainisangatlayakdandiimplementasikandalampembelajaranmenuliscerpen.Haltersebutditunjukkandengantotalskorrata-ratayangdiperolehadalah9545%.Produkbukusiswainimemilikibeberapakarakteristikyakni(1)menggunakanpendekatansaintifik(mengamatimenanyamengeksplorasimengasosiasidanmengkomunikasikan)dalamsetiapkompetensidasaryangdikembangkandalamsetiapbab(2)dapatdigunakanuntukmendukungpembelajaranketerampilanberbahasa(membacamenulisberbicaradanmendengarkan)(3)dapatdigunakanbagisiswakelasVIISMPuntukmenguasaikompetensidasarmemahamimenyusundanmenelaah/menyuntingtekscerpen(4)membangkitkankeaktifansiswasecaraindividudankelompokdalampembelajaranuntukmenumbuhkankesadarankritisdanmengembangkankemampuanmenuliskreatifsiswayangpelaksanaannyadapatdilakukandikelasmaupunsebagailatihandirumah(5)siswadapatmengungkapkanide/gagasanperasaanimajinasikesandanharapansecaratertulissertamembangkitkankrativitasproduktivitasdankecintaanterhadapsastraagarsemakinberkembangdanmembudaya.Berdasarkanhasilpenelitiandanpengembanganinidisarankankepadagurudanpenelitilainuntukmengembangkanbahanajardenganpendekatansaintifikdalambentukyanglebihmenariklayakdanefektifuntukmeningkatkanpembelajarandengantetapmengacupadaprinsip-prinsippembelajarankriteriasyaratperanfungsitujuandanmanfaatbahanajar.