Pengembangan bahan ajar menulis artikel opini dengan metode pembelajaran Curah Gagasan untuk siswa kelas XII / Sahrul Romadhon
Main Author: | Romadhon, Sahrul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/58182/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKRomadhonSahrul.2017.PengembanganBahanAjarMenulisArtikelOpinidenganMetodePembelajaranCurahGagasanuntukKelasXII.ProgramStudiPendidikanBahasaIndonesiaPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.DawudM.Pd(II)Dr.ImamAgusBasukiM.Pd.KataKuncibahanajarartikelopinicurahgagasanBahanajarmerupakaninstrumenpentingdalampembelajaran.Terdapattigafungsiutamapenyusunanbahanajaryaitu(1)pedomanbagiguruyangakanmengarahkansemuaaktivitasnyadalamprosespembelajaran(2)pedomanbagisiswaterhadapsubstansikompetensiyangharusdipelajaridan(3)sebagaialatevaluasipencapaianataupenguasaanhasilbelajar.PendidikanbahasaIndonesiapadajenjangkelasXIImenuntutkemampuansiswauntukmemahamisetiapinformasimenurutdirinyasendiri(metakognitif).KajianberpikirinisangatlahpentingdikuasaiolehsiswakhususnyasiswakelasXIIagarpengembangantransferinformasipadaeradigitaldapatdisikapidenganbijak.SejalandenganuraiandiataspenelitiandanpengembanganinibertujuanmenghasilkanprodukbahanajarmenulisartikelopiniuntukmeningkatkankemampuanmenulisartikelopinibagisiswakelasXII.SecarakhusustujuanpenelitiandanpengembanganiniadalahmengembangkanbahanajarmenulisartikelopinidenganmetodeCurahGagasanpadasiswakelasXIIyangdikemasdalambukucetak.UntukmencapaitujuantersebutdigunakanmodifikasipengembangandesainpembelajaranBorgdanGall.HasilmodifikasimodelpengembanganBorgdanGalladalah(1)studipendahuluan(2)tahap-tahapperencanaan(3)pengembangandrafawal(4)ujicoba1berdasarkankelayakanolehahlidanpraktisi(5)revisiproduk1berdasarkanhasilujiahlidanpraktisi(6)ujicoba2berdasarkanujicobalapanganterbatasdan(7)revisiproduk2.HasilprodukbahanajarmenulisartikelopiniuntuksiswakelasXIImemuatempatkompetensimenulisartikelopini.Keempatkompetensitersebutadalah(1)kompetensipenulisanfaktadanopini(2)kompetensipenulisanpenalaran(3)kompetensipenyusunanstrukturteksopinidan(4)kompetensipenulisanteksartikelopini.Keempatkompetensitersebuttersusunatasindikator-indikatorpembelajaranyangterdiridari(1)kemampuanpemilihanfaktadanopini(2)kemampuanmembedakanragamfakta(3)kemampuanmengidentifikasifaktadanopiniberdasarkanteksopini(4)kemampuanmengungkapkanopinipribadi(5)kemampuanmengungkapkanopiniyangberbedadaripenulisasli(6)kemampuanmenentukanragampenalaran(7)kemampuanmenyebutkanunsurpembangunopini(8)kemampuanmenganalisisunsurpembangunopinidan(9)kemampuanmenyusunteksopinisederhana(10)kemampuanmengembangkanartikelopiniberdasarkantopikaktualdankontroversial(11)kemampuanmenulisartikelopinikompleksdan(12)kemampuanmenyuntingartikelopini.Saranyangperludikemukakanadalah(1)pengajarbahasaIndonesiakhususnyakelasXIIdapatmemanfaatkanprodukbahanajarmenulisartikelopiniuntukmemberikanpengalamanbaruterhadapprosespembelajaranmenulisartikelopini(2)Penyebarluasanbahanajardapatdilakukandengancaramemberikanbahanajarkepadasiswadangurupengajar(3)prosespengembanganproduklebihlanjutdilakukandenganmenambahkanaspekketerampilanberbicarayangdapatdikonsumsisecaraumumolehsemuapihak.PengembanganjugadapatdilakukandenganmengubahbahanajarmenjadibentukE-book.