Pengembangan bahan ajar membaca kritis-kreatif teks eksposisi berbasis isu lingkungan hidup untuk siswa kelas X / Aptia Ardiasri
Main Author: | Ardiasri, Aptia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/58179/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKArdiasriAptia.2017.PengembanganBahanAjarMembacaKritis-KreatifTeksEksposisiBerbasisIsuLingkunganHidupuntukSiswaKelasX.TesisProgramStudiPendidikanBahasaIndonesiaPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.EndahTriPriyatniM.Pd.(2)Dr.KusubaktiAndajaniM.Pd.KataKuncibahanajarmembacakritis-kreatiftekseksposisilingkunganhidupKemampuanmembacasiswadiIndonesiamenjadihalyangesensialuntukdikembangkankhususnyapadapembelajaranBahasaIndonesiayangberbasistekspadaKurikulum2013.Pemahamansiswaterhadapsuatutekstersebuttentudiawalidengankegiatanmembaca.Melaluimembacasiswaakanmemperhatikankarakteristikteksmenemukaninformasiyangterkandungdidalamnyamampumengkritisimenerapkaninformasiyangbergunabagidirinyasertamampumenciptakansuatuinovasidarihasilbacanya.Kegiatanmembacasepertiituperludiajarkankepadasiswamelaluimembacakritis-kreatif.Salahsatuteksyangcocokuntukdigunakanpadapembelajaranmembacakritis-kreatifadalahtekseksposisi.Tekseksposisiberisipendapatpenulisdisertaidenganargumen-argumenyangperludikritisilebihlanjutolehpembacasehinggatekseksposisicocokdigunakansebagaibahanuntukberlatihmembacakritis-kreatif.Topiktekseksposisiyangperludiajarkankepadasiswasebaiknyaadalahtopik-topikyangmembangunpendidikankarakterbangsaIndonesiasalahsatunyaadalahkarakterpedulilingkungan.Bahanajaryangmendukungpengintegrasianpembelajaranmembacakritis-kreatiftekseksposisiyangmengintegrasikankepedulianlingkunganperludikembangkanuntukmemfasilitasisiswamencapaikompetensiyangtelahditetapkan.Olehkarenaitupenelitianiniberusahamemfasilitasikebutuhantersebutdengancaramengembangkanbahanajarmembacakritis-kreatiftekseksposisiberbasisisulingkunganhidup.Penelitianinibertujuan(1)menghasilkanbahanajarmembacakritis-kreatiftekseksposisiberbasisisulingkunganhidupyanglayakdarisegiisisistematikapenyajianbahasadantampilanserta(2)mengujikeefektifanbahanajarmembacakritis-kreatiftekseksposisiberbasisisulingkunganhidup.Metodepenelitianinimenggunakanmetodecampuranyaknimetodepenelitian-pengembangandanmetodepraeksperimen.Metodepenelitian-pengembanganmengacupadamodel4D(fourDmodel)yangterdiriatasempattahapanyaknidefine(penetapan)design(perancangan)development(pengembangan)dandiseminate(penyebaran).Model4Dtersebutdisisipidenganmetodepenelitianpraeksperimenonegrouppretest-posttestdesignpadatahappengembangan.Ujiprodukdilakukanuntukmengujikelayakanprodukdankeefektifanproduk.Ujikelayakandilakukandengandenganurutan(1)ujiahlimateri(2)ujiahlibahanajar(3)ujiahlilingkunganhidup(4)ujipraktisidan(5)ujicobasiswa.Pengambilandataujikelayakanmenggunakaninstrumenyangberupaangkettertutupdanterbuka.Angkettertutupdigunakanuntukmemperolehskorpenilaiansedangkanangketterbukadigunakanuntukmemperolehsaranpenyempurnaanproduk.Datanumeraldianalisisdengancaradihitungmenggunakanpedomanpenyekoransedangkandatakualitatifdipaparkansebagaisaranuntukperbaikanproduk.Ujikeefektifanprodukdilakukandengancaraujibedahasilpretesdanpostesmembacakritis-kreatif.Datapretes-postesdianalisismenggunakanujibedaduasampelberhubunganyangdihitungmenggunakanprogramSPSS16.0.Produkyangdikembangkanberupabahanajarmembacakritis-kreatiftekseksposisiberbasisisulingkunganhidupbagisiswakelasX.Bahanajartersebutbersifatmelengkapibukupaketdaripemerintah.KompetensidasaryangdikembangkanmeliputiKD3.3mengidentifikasitekseksposisidanKD4.3mengembangkanisitekseksposisi.KD3.3dirincimenjadilimaindikatoryaitumengidentifikasi(1)definisitekseksposisi(2)tujuankomunikasitekseksposisi(3)strukturtekseksposisi(4)ciribahasatekseksposisidan(5)jenis-jenistekseksposisi.KD4.3dirincimenjadidelapanindikatoryaitu(1)menemukanpokok-pokokinformasi(2)menafsirkaninformasi(3)menganalisisketerpaduaninformasi(4)menilaikesesuaianinformasi(5)menemukankesimpulan(6)mengungkapkantanggapan(7)melakukanrefleksidirisertapemecahanmasalahdan(8)membuatposter.Penyajianmateridalambahanajartersebutdisusundenganurutanpembangunankontekspemodelanteksmateridancontohlatihanterbimbingdanlatihanmandiri.Hasilujiprodukmeliputiujikelayakanprodukdanujikeefektifanproduk.Hasilujikelayakanprodukdisajikanberdasarkantiapaspekkelayakanprodukyaitukelayakanisi818%(sangatlayak)kelayakansistematikapenyajian857%(sangatlayak)kelayakanbahasa852%(sangatlayak)dankelayakantampilan905%(sangatlayak).Berdasarkanhasiltersebutbahanajartergolongsangatlayakdiimplementasikanpadapembelajaranmembacatekseksposisi.Penilaiankelayakantersebutdidukungdengansaranpenyempurnaanproduklebihlanjut.Saran-saranyangdiperolehmeliputi(1)pemberianpenandahasilanalisispadapemodelantekscontoh(2)pemberianpenjelasancontohsoal(3)penambahanuraiantopiklingkunganhiduptekseksposisi(4)pembetulankesalahankonseplingkunganhiduppadaisitekseksposisi(5)penyeimbangantataletakteksdangambarpendukung(6)penambahanpertanyaankritis-kreatif(7)pengubahanpenyajianintimateriyangbersifatdeskriptifmenjadipoin-poin(8)pengubahankalimat-kalimatperintahsupayakomprehensifdansalingberkesinambungan(9)penggantiankatasapaanuntukpesertadidik(10)pengubahanjenishurufdanpembersaranukuranhurufpadasalahsatubagianmateri(11)pembesaranukurangambar-gambarilustrasiteksdan(12)pengubahanwarnahurufpadasampultiapunitdansubunit.Hasilujikeefektifanprodukdiketahuinilait8149danp0000(p005)artinyaterdapatperbedaanyangsignifikankemampuanmembacakritis-kreatifsiswasebelumdansetelahmenggunakanbahanajar.Produkyangtelahdikembangkaninidapatdimanfaatkanolehgurusiswadanpenelitiselanjutnya.Gurudapatmemanfaatkanbahanajarinisebagaisalahsatuperangkatpembelajaranpadamaterimembacatekseksposisidanmaterilainnya.SiswakelasXdapatmemanfaatkanbahanajarinisebagaitambahanbahanpengayaanmateriuntukmeningkatkanpemahamanmembacakritis-kreatiftekseksposisi.Penelitiselanjutnyayangakanmeneliti/mengembangkanprodukserupadiharapkandapatmenggunakanhasilpenelitianinisebagailandasanuntukmengembangkanprodukyanglebihbaikinovatifdanrelevandengandengantopik-topikkearifanlokalmaupunperkembanganteknologi.ABSTRACTArdiasriAptia.2017.DevelopingCreativeandCriticalReadingMaterialEnvironmentalIssue-BasedExpositionTextforGradeTenStudents.ThesisIndonesianStudyGraduateProgramUniversitasNegeriMalang.Advisors(1)Dr.EndahTriPriyatniM.Pd.(2)Dr.KusubaktiAndajaniM.Pd.ItisessentialthatIndonesianstudentsreadingabilitybedevelopedespeciallyintermsoftext-basedIndonesianlanguagelearningofCurriculum2013.Theorchestrationofreadingactivitiessignificantlycontributestostudentsunderstandingofatext.Inreadingstudentstakealookatthecharacteristicsofthetextgatheruptheinformationthereingetdowntocritiquingandapplysomeusefulinformationtoinnovate.Suchreadingactivitiesarenecessarytobetaughttostudentsfordevelopingcreativeandcriticalskill.Oneofthetextssuitableforuseincritical-creativereadingactivitiesistheexpositiontextbecauseitcomprisestheauthorsopinionsupportedbycertainargumentsworthfurthercritiquingpractices.ThetopicsthereofshouldbegeareduptothenurturingofcharacterssuchascaringfortheenvironmentwhichistheexpectationofIndonesianeducation.Tofacilitatestudentslearningtoaccomplishdesiredcompetenciesrequirethedevelopmentofteachingmaterialswhichallowtheintegrationofcriticalandcreativeactivitiesofexpositiontextsthatparticularlyaddressenvironmentalconcerns.Tomeettheneedsforsuchreadingmaterialsthisstudyisconductedwiththefollowingaims(1)toproduceenvironmentalissues-basedexpositiontextwhichallowscriticalandcreativereadingactivitiesthatareacceptableintermsofthecontentsystematicpresentationlanguageandappearanceand(2)totesttheeffectivenessofsuchreadingmaterials.Thisresearchemployedmixedmethodcomprisingresearch-developmentandpreexperimentalmethod.Theresearch-developmentmethodreferstothe4Dmodel(fourDmodels)consistingoffourstagesdefiningdesigningdevelopinganddisseminatingstage.The4Dmodelisinterlardedwithpre-experimentalpretest-posttestdesignattheinitialstageofdevelopment.Producttestswereconductedtomeasureproductfeasibilityandeffectiveness.Thefeasibilitytestwascarriedoutinthefollowingorder(1)thetestconductedbyexpertoftherelevantsubjectmatter(2)thetestoftheinstructionalmaterial(3)thetestconductedbytheenvironmentalexpert(4)thetestconductedbythepractitionerand(5)thetryouttestonstudents.Thefeasibilitytestdatawascollectedusingclosedandopenedquestionnaires.Closedquestionnairewasusedtoobtainscoreswhereasopenedquestionnairewasusedtoelicitsuggestionsforproductimprovement.Numeraldatawasanalyzedbyusingscoringguidelineswhilequalitativedataputforthsuggestionsforproductimprovement.Theproducteffectivenessconsistedinthedifferencebetweenpretestandposttestresultsofcriticalandcreativereadingactivities.Pretest-post-testdatawereanalyzedusingtworelatedsamplestestcalculatedusingSPSS16.0program.Theproductdevelopedwasintheformofexpositiontextconcerningenvironmentalissuesforgradetenstudents.TheinstructionalmaterialsareintendedtoworkinacomplementarymannerforbooksprovidedbytheIndonesiangovernment.Thebasiccompetenciesdevelopedincludebasiccompetencyitem3.3concernedwithidentifyingexpositiontextsanditem4.3withdevelopingthecontentofexpositiontext.BasicCompetencyitem3.3isbrokendownintofiveindicatorsasfollowsidentifying(1)definitionoftheexpositorytext(2)thepurposeoftheexpositorytextcommunication(3)thestructureoftheexpositorytext(4)thelanguagefeatureoftheexpositorytextand(5)thetypesofexpositorytexts.BasicCompetencyitem4.3isdividedintoindicatorsnamely(1)findingthemaininformation(2)interpretingtheinformation(3)analyzingthecohesivenessoftheinformation(4)assessingthesuitabilityoftheinformation(5)findingtheconclusionthereof(6)makingresponses7)doingself-reflectionandproblem-solvingand(8)makingaposter.Thepresentationofthematerialisstructuredsequentiallyfromthecontext-buildingtextmodelingmaterialsandexamplesguidedpracticesandindependentexercises.Theresultsoftheproducttestincludetheproductfeasibilityandproducteffectivenesstest.Theresultsofproductfeasibilitytestarepresentedaccordingtoeachaspectofproductfeasibilitysuchasthefeasibilityofthecontentis81.8%(veryfeasible)thesystematicpresentation85.7%(veryfeasible)languageappropriateness85.2%(veryfeasible)anddisplay90.5%(veryfeasible).Basedontheseresultstheinstructionalmaterialisconsideredveryfeasibletobeimplementedintheexpositiontextreading.Thefeasibilityassessmentwasalsosupportedbysuggestionsforfurtherproductimprovementwhichincluded(1)attachingtheanalysisresultmarkertothesampletextformodeling(2)givingadescriptionoftheproblem(3)addingadescriptionoftheenvironmentaltopicintheexpositiontext(4)correctinganyavailableenvironmentalmisconceptioncontainedintheexpositiontext(5)balancingthelayoutofsupportingtextsandimages(6)addingcreative-criticalquestions(7)changingthedescriptivemaininformationintopoints(8)changingimperativesentencessoastobemorecomprehensiveandcontinuously(9)changingtheexpressionusedinaddressingthestudents(10)changingthefontandthefontsizeinonepartofthematerial(11)enlargingthesizeofthetextillustrationand(12)changingthecoloroffontsonthecoverofeachunitandsub-unit.Theresultsofproducteffectivenesstestwereindicatedbyt8.149andp0.000(p0.05)meaningthattherewasasignificantdifferencebetweenstudentscreative-criticalreadingabilitybeforeandafterusinginstructionalmaterials.Productsdevelopedcanbeofbenefittoteachersstudentsandnextresearchers.Teacherscanutilizethisinstructionalmaterialforreadingactivitiesintermsofexpositiontext.Gradetenstudentscancapitalizeonthematerialalongsidewithenrichmentmaterialstoenhancetheirunderstandingofcreativeandcriticalexpositiontexts.Otherresearchersinterestedindevelopingsimilarproductsareexpectedtousetheresultsofthisresearchasareferenceandasteppingstonetoabettermoreinnovativeandrelevantproductswhichtouchonvarioustopicsintermsofthelocalknowledgeaswellastechnologicaldevelopments.