Bahan ajar membaca untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis berbasis pemecahan masalah / Muhamad Yasin

Main Author: Yasin, Muhamad
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.um.ac.id/58168/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKYasinMuhamad.2017.BahanAjarMembacauntukMengembangkanKemampuanBerpikirKritisBerbasisPemecahanMasalah.Tesis.ProgramStudiPendidikanBahasaIndonesiaPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.EndahTriPriyatniM.Pd.(2)Prof.Dr.SuyonoM.Pd.Katakuncibahanajarmembacakemampuanberpikirkritisberbasispemecahanmasalah.KemampuanmembacasiswaIndonesiaapabiladilihatdarihasiltesmembacayangdirilisolehPISApadatahun2015beradapadaperingkatke64dari70negarayangmengikutitesmembaca.HalinimenunjukkanbahwakemampuanmembacasiswaIndonesiatergolongsangatrendah.UntukitudiperlukanperansertasemuapihakagarkemampuanmembacasiswaIndonesiadapatditingkatkan.Salahsatubentukusahameningkatkankemampuanmembacaadalahdenganmemperbanyaksumberbacaanyangdidalamnyabermuatanmasalahyangmemerlukanpemecahanmasalahdarisiswa.Dengandemikiansiswaakanberlatihberpikirkritisuntukmemecahkanmasalahyangditemukandalamsetiapteksyangdibaca.TujuanyangingindicapaidaripenelitiandanpengembanganiniadalahmenghasilkanbahanajarmembacauntukmengembangkankemampuanberpikirkritisberbasispemecahanmasalahuntuksiswaSMP.Bahanajaryangdihasilkanberupabukuyangdidalamnyaterdiridarilimaunitpembelajaran.DarilimaunitpembelajarantersebutempatunitdikembangkanberdasarkantahapanberpikirkritisberbasispemecahanmasalahPISAdansatuunitdigunakanuntukkegiatanmembacakritisterintegrasidalamrangkamengukurperkembangankemampuanberpikirkritissiswa.UntukmencapaitujuandiataspenelitiandanpengembanganinimenggunakanmodelFour-D.ModelinidikemukakanolehThiagarajan(1974)yangterdiriatasempattahapyaitu(1)defineataupenetapan(2)designatauperancangan(3)developataupengembangandan(4)disseminateataupenyebarluasan.Tahappenetapanmeliputi(1)telaahbahanajar(2)telaahteoriterkaitdan(3)menentukanspesifikasibahanajar.Tahapperancanganmeliputi(1)mengumpulkanmaterialbahanajar(2)memilihdanmengolahteks(3)mengonsepstrukturbahanajardan(4)mendesainbahanajar.Tahappengembanganmeliputi(1)ujivalidasiahli(2)ujivalidasipraktisidan(3)danujicobaproduk.Tahappenyebarluasanmeliputi(1)ujiefektivitasprodukdan(2)pencetakanprodukuntukdisebarluaskan.Bahanajarmembacauntukmengembangkankemampuanberpikirkritisberbasispemecahanmasalahdisusunmenjadilimaunitpembelajaran(1)mengekplorasidanmemahami(2)merepresentasidanmemformulasi(3)merancangdanmelaksanakan(4)memonitordanmerefleksidan(5)membacakritisterintegrasi.Dalamsetiapunitsiswaakandiajakuntukmembacateksmegerjakanlatihanberdasarkanteksdanmerefleksipembelajaran.TahapanberpikirkritisberbasispemecahanmasalahPISAtercermindarisetiapunityangterdapatdalambahanajar.Keseluruhanunitdikembangkanmenjadibahanajaryangberbasisaktivitasmembacakecualipadaunitenamberisikegiatanmembacakritisterintegrasiberupabeberapapertanyaanterkaitmateriyangtelahdipelajarisiswa.Produkbahanajarmembacauntukmengembangkankemampuanberpikirkritisberbasispemecahanmasalahtelahmelaluitahapvalidasiahlivalidasipraktisidantelahdiujicobakankesiswasertatelahmelaluiujiefektivitasproduk.Hasilvalidasiahlididapatkanpersentasekelayakanbahanajarsebesar75%masukkategoricukupvaliddapatdigunakandenganrevisikecil.Hasilvalidasipraktisididapatkanpersentasekelayakanbahanajarsebesar825%masukkategoricukupvaliddapatdigunakandenganrevisikecil.Hasilujicobakesiswadidapatkanpersentasekelayakanbahanajarsebesar7621%masukkategoricukupvaliddapatdigunakandenganrevisikecil.Hasilujiefektivitasprodukjugamenunjukkanbahwaprodukbahanajarmembacayangdihasilkandapatmeningkatkankemampuanberpikirkritissiswa.Produkyangdihasilkandalampenelitiandanpengembanganinisecarabertahaptelahmengajaksiswauntukmengembangkankemampuanberpikirkritis.Halinidilakukandengankegiatanmembacateksdanmengerjakantesyangdisusunberdasarkanmasalah-masalahyangditemukansiswaketikamembacateks.Siswadapatmenggunakanprodukbahanajarinisebagaibahanajardansumberbacaanalternatifdalampembelajaranmembaca.Bagigurupenggunaanprodukbahanajariniakanmembantutujuanpembelajaranmembacayangefektifdanefisien.Bagipenelitilainprodukbahanajarinimemperkayamodeldanrancanganpengembanganbahanajaryangdapatdigunakansebagaiacuanuntukmelakukanpenelitiandanpengembanganselanjutnya.ABSTRACTYasinMuhamad.2017.ReadingMaterialsforDevelopingCriticalThinkingSkillsBasedProblemSolving.Thesis.IndonesianLanguageEducationPostgraduateStateUniversityofMalang.Advisor(1)Dr.EndahTriPriyatniM.Pd.(2)Prof.Dr.SuyonoM.Pd.Keywordsreadingmaterialscriticalthinkingskillsbasedonproblemsolving.ThereadingskillsofIndonesianstudentswhenviewedfromreadingtestresultsreleasedbyPISAin2015isranked64thoutof70countriestakingthereadingtest.ThisshowsthatthereadingskillsofIndonesianstudentsisverylow.ThereforeitisnecessaryforallpartiestoparticipateinordertoimprovethereadingskillsofIndonesianstudents.Oneformofefforttoimprovetheskillstoreadistoincreasethesourceofreadinginwhichtheproblemisloadedthatrequiressolvingproblemsofstudents.Thusstudentswillpracticecriticalthinkingtosolvetheproblemsfoundinanytextthatisread.Thegoalofthisresearchanddevelopmentistoproducereadingmaterialstodevelopproblemsolvingcriticalthinkingskillsforjuniorhighschoolstudents.Teachingmaterialsproducedintheformofbooksinwhichconsistsoffiveunitsoflearning.OfthefivelearningunitsfourunitsweredevelopedbasedonPISAbasedcriticalthinkingcriticalstagesandoneunitwasusedforcriticalreadingintegratedactivitiesinordertomeasurethedevelopmentofstudentscriticalthinkingskills.ToachievetheaboveobjectivesthisresearchanddevelopmentuseFour-Dmodel.ThismodelisproposedbyThiagarajan(1974)consistingoffourstagesnamely(1)define(2)design(3)developand(4)disseminate.Thestagesofdefineinclude(1)reviewofinstructionalmaterials(2)relatedtheorystudiesand(3)determiningmaterialspecifications.Thedesignstageincludes(1)collectingteachingmaterialmaterials(2)selectingandprocessingtext(3)conceptualizingteachingmaterialsstructuresand(4)designinginstructionalmaterials.Developstageincludes(1)expertvalidationtest(2)validationtestofpractitionerand(3)andproducttrial.Thedisseminationstageincludes(1)producteffectivenesstestand(2)productprintingfordissemination.Readingmaterialsfordevelopingcriticalproblem-basedthinkingskillsareorganizedintofivelearningunits(1)exploringandunderstanding(2)representingandformulating(3)designingandimplementing(4)monitoringandreflectionand(5)criticalreadingintegrated.Ineachunitstudentswillbeinvitedtoreadtextsdotextbasedexercisesandreflectonlearning.PISAproblemsolvingcriticalthinkingphaseisreflectedfromeachunitcontainedinteachingmaterials.Theentireunitisdevelopedintoareadingbasedlearningmaterialexceptonunitsixcontainingcriticalreadingintegratedactivitiesintheformofseveralquestionsrelatedtothematerialthatstudentshavelearned.Theproductofreadinglearningmaterialstodevelopproblemsolvingcriticalthinkingskillshasbeenthroughexpertvalidationstagepractitionervalidationandhasbeentestedtostudentsandhasbeentestedbyproducteffectiveness.Expertvalidationresultsobtainedpercentageofteachingmaterialeligibilityof75%enterthecategoryisvalidenoughcanbeusedwithasmallrevision.Thevalidationresultofthepractitionergotthepercentageoftheteachingmaterialsworthof825%enteringthevalidenoughcategorycanbeusedwithsmallrevision.Theresultofthetrialtothestudentsisobtainedthepercentageofteachingmaterialworthinessof76.21%enterthecategoryisvalidenoughcanbeusedwithsmallrevision.Theresultsofproducteffectivenesstestalsoshowedthattheproductofreadinglearningmaterialsthatproducedcanimprovestudentscriticalthinkingskills.Theproductsproducedinthisresearchanddevelopmenthavegraduallyinvitedstudentstodevelopcriticalthinkingskills.Thisisdonebyreadingthetextanddoingthetestsbasedontheproblemsstudentsfindwhenreadingthetext.Studentscanusethisresourceasaresourceandanalternativereadingresourceinreadinglearning.Forteacherstheuseoftheseinstructionalproductswillhelpthepurposeofeffectiveandefficientreadinglearning.Forotherresearcherstheseteachingmaterialsproductsenrichthedevelopmentofteachingmaterialsandmodelsthatcanbeusedasareferenceforfurtherresearchanddevelopment.