Pengaruh penggunaan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berbantuan video inspirasi terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas X / Ma`murotus Sa`diyah

Main Author: Sa`diyah, Ma`murotus
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.um.ac.id/58163/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSadiyahMamurotus.2017.PengaruhPenggunaanModelPembelajaranCooperativeIntegratedReadingandComposition(CIRC)BerbantuanVideoInspirasiterhadapKemampuanMenulisCerpenSiswaKelasIX.Tesis.ProgramStudiPendidikanBahasaIndonesia.PascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.RoekhanM.Pd.(II)Dr.ImamAgusBasukiM.Pd.KataKunciCIRCkemampuanmenulisceritapendekKegiatanmenuliscerpenmerupakansalahsatusaranaberlatihbagisiswauntukmengembangkankemampuanberbahasadanberimajinasi.Melaluikegiatanmenulissiswadapatmenuangkanisihatiidepikirandalamsebuahtulisan.KemampuanmenuliscerpensiswakelasIXSMPDarulUlum1PeteronganJombangdapatdioptimalkanmelaluipemilihanmodelpembelajaranyangtepatdanrelevan.ModelpembelajarantersebutadalahmodelpembelajaranCIRCberbantuanvideoinspirasi.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhpenggunaanmodelpembelajaranCIRCberbantuanvideoinspirasiterhadapkemampuanmenuliscerpen.Kemampuanmenuliscerpensiswaterdiridarilimaaspekkemampuanyaitu(1)mengembangkantema(2)mengembangkantokoh(3)mengembangkanalur(4)menggambarkanlatardan(5)menggunakanbahasadalamceritapendek.Rancanganpenelitianinimenggunakankuasieksperimendenganposttestonlynon-equivalentcontrolgroupdesain.Pengumpulandatamenggunakanhasilpostessetelahdiberikanperlakuan.Datapenelitianberupaskorkemampuansiswadalammenuliscerpenyaitu(1)padaaspekmengembangkantema(2)padaaspekmengembangkantokoh(3)padaaspekmengembangkanalur(4)padaaspekmenggambarkanlatardan(5)padaaspekmenggunakanbahasadalamceritapendek.PopulasipenelitianiniadalahsiswakelasIXSMPDU1PeteronganJombangyangmasihterdaftarpadasemestergenaptahunajaran2016/2017.Sampelpenelitianiniterdiridarikelaseksperimen(IX.1)dankelaskontrol(IX.2)masing-masingberjumlah25siswa.Instrumenyangdigunakanterdiridari(1)tesmenuliscerpen(2)rubrikpenilaianmenuliscerpendan(3)lembarobservasiketerterapanmodelpembelajaran.AnalisisdatapenelitianmenggunakanUji-tsampelbebas(independentsampelT-test).HasilpenelitianmenunjukkanbahwamodelpembelajaranCIRCberbantuanvideoinspirasiberpengaruhsecarasignifikanterhadapkemampuanmenuliscerpensiswakelasIXpadaaspek(1)mengembangkantema(thitung27848805ttabel2010)(2)mengembangkantokoh(thitung38168805ttabel2010)(3)mengembangkanalur(thitung29858805ttabel2010)(4)menggambarkanlatar(thitung29668805ttabel2010)(5)menggunakanbahasa(thitung27848805ttabel2010).PenerapanmodelpembelajaranCIRCberbantuanvideoinspirasidalammenuliscerpenpadakeduakelaseksperimensudahdilaksanakandenganbaik.Keterterapanmodelpembelajarantersebutdapatdilihatdaripemerolehanrata-ratapersentasesebesar9271%88058501%.Darihasilpenelitianinihendaknyakepalasekolahsenantiasamendorongdanmembinaguru-gurubinaannyaagarberupayameningkatkanpemahamannyatentangpembelajaranmenulisdenganmenggunakanmodelpembelajaranCIRCberbantuanvideoinspirasidansecaraberkelanjutanmemantaupelaksanaanyadikelas.ModelpembelajaranCIRCberbantuanvideoinspirasidapatdijadikanreferensibagiguruuntukditerapkandalampembelajaranmenuliscerpen.Dapatdijadikansiswasebagaisalahsatutolokukuruntukmengetahuikemampuanmenulis.Penelitianinidilakukanpenelitiselama2kalipertemuan.UntuklebihmenguatkanpenelitianbagipenelitilainyangakanmenelititentangpengaruhmodelCIRCberbantuanvideoinspirasidenganmemberikanperlakuanpembelajaranlebihdari2kalipertemuandanjumlahsampelyanglebihbanyak.