Pengembangan bahan bacaan cerita rakyat sebagai pembentuk literasi moral bagi siswa kelas VII SMP/Mts / Liana Rochmatul Wachidah

Main Author: Wachidah, Liana Rochmatul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.um.ac.id/58153/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKWachidahLianaRochmatul.2017.PengembanganBahanbacaanCeritaRakyatSebagaiPembentukLiterasiMoralBagiSiswaKelasVIISMP/Mts.Tesis.PendidikanBahasaIndonesiaPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.HeriSuwignyoM.Pd.dan(2)Dr.NitaWidiatiM.Pd.KataKuncipengembanganbahanbacaanceritarakyatliterasimoral.PenelitianpengembanganbahanbacaanceritarakyatsebagaipembentukliterasimoraldilatarbelakangiolehhasilstudipendahuluanyangmenyatakanbahwapenurunankualitasmoralkinitengahmenjalardanmenjangkitibangsaIndonesia.Salahsatuupayauntukmencegahmeluasnyakrisismoraladalahmengoptimalkanrasaempatidanmendidikmoralanaksejakdini.Pendidikanmoraldapatdiimplementasikanmelaluipembelajaranceritarakyat.Pembelajaranceritarakyatmemilikimanfaatuntukmengasahkreativitasdanmerangsangpsikologissiswauntukberpikirkreatifsesuaikisahcerita.Dalamhalinibahanbacaansangatdiperlukanuntukmemenuhikebutuhansiswasehinggadapatmemberikansemangatdalambelajardanmenumbuhkanminatmembacadanmenuangkanidekreatifdalambentuktulisan.Upayayangdilakukanagarkemampuansiswadalammembacajugadiimbangidengankegiatanmenulisyaitudenganmeningkatkantingkatkemahirwacanaan(literacy).TujuanpenelitiandanpengembanganiniadalahmenghasilkanprodukberupabahanbacaanceritarakyatsebagaipembentukliterasimoralbagisiswakelasVIISMP/MtsyangdikembangkandenganberpedomanpadaunsurisisistematikakebahasaandantampilanyanglayakuntukpembelajaransertasesuaidenganKurikulum2013revisidanmendeskripsikanhasilujiproduk.Penelitianinimenggunakanrancanganpengembanganbahanbacaanyangdimodifikasidarimodelpengembanganadaptasidarimodelpengembangan4D(four-DModel).Langkahmodel4D(four-DModel)yangterdiriatasempattahapanyaitu(1)penetapan(define)(2)perencanaan(design)(3)pengembangan(development)dan(4)penyebarluasan(disseminate)(Thiagarajandkk1974).Ujiprodukdilakukandenganmelibatkan(1)ahlimatericeritarakyat(2)ahlipembelajaranceritarakyat(3)praktisiatauguruBahasaIndonesiadan(4)ujilapanganterbatasmelibatkansiswakelasVIIMtsNKunirBlitar.Jenisdatapenelitianiniadalahdatanonverbaldanverbal.Datanonverbalberupaskorterhadapujiprodukbahanbacaanyangtelahdituliskanolehahlipraktisidansertapenilaiankegiatanlatihanmenjawabsoalsecaramandiriolehsiswa.Dataverbalberupainformasiyangdisampaikankelompokujiyaituberupacatatankomentardansaran.Padapenelitianpengembanganiniinstrumenpengumpulandatamenggunakanpedomanwawancarabebasdanangket.Analisisdatadilakukandengancara(1)mengumpulkandatanonverbalyangdiperolehdariangketpenilaian(2)mentranskripdataverbal(3)mengidentifikasimengklarifikasimemaknaidanmenyimpulkandataverbalberdasarkankelompokujidan(4)menganalisisdatadanmerumuskansimpulananalisissebagaidasaruntukmelakukantindaklanjutterhadapproduk.Penyajiandatahasilujiprodukmengenaiisibahanbacaansecarakeseluruhanmendapatkanpersentase849%.berartitergolongcukupvaliddandapatdiimplementasikan.Penyajiandatahasilujiprodukmengenaisistematikabahanbacaansecarakeseluruhanmendapatkanpersentase87%berartitergolongsangatvaliddandapatdiimplementasikan.Penyajiandatahasilujiprodukmengenaikebahasaanbahanbacaansecarakeseluruhanmendapatkanpersentase78%berartitergolongcukupvaliddandapatdiimplementasikan.Penyajiandatahasilujiprodukmengenaitampilanbahanbacaansecarakeseluruhanmendapatkanpersentase892%berartitergolongsangatvaliddandapatdiimplementasikan.Simpulanpenelitianpengembanganiniadalahbahanbacaanceritarakyatsebagaipembentukliterasimoralmenunjukkanbahwaproduktergolongcukupvaliddansiapdiimplementasikandalampembelajaranceritarakyat.Saranpemanfaatanprodukhasilpengembanganditujukankepadagurusiswapenelitilaindanpengembangproduklebihlanjut.BahanbacaaninidapatdimanfaatkanbagiguruBahasaIndonesiasebagaisumberbahanpenunjangpembelajaranuntukmelakukanpembelajaranceritarakyatdenganoptimalsehinggakendaladalampembelajarandapatteratasi.Bahanbacaaninidapatdimanfaatkanbagisiswasupayasiswamembacasetiapceritadenganseksamasehinggadapatmemahamiisicerita.Siswadisarankanagarterlibatsecaraaktifdalampembelajaranceritarakyatdenganmenggunakanbahanbacaan.Bahanbacaaniniinidapatdimanfaatkanbagipengembangbahanbacaanlebihlanjutyaitudenganmempelajaridanmemanfaatkanbahanbacaanuntukmengembangkanisimaterisamamaupunyangberbedanamundibuatlebihmudahdanmenarikdibacasehinggamemudahkansiswadalammemahamiisi.ABSTRACTWachidahLianaRochmatul.2017.TheDevelopmentofFolkloreasReadingMaterialShapingtheMoralLiteracyforVIIGradersofSMP/MTs.Thesis.EducationIndonesianMastersStateUniversityofMalang.Preceptor(1)Prof.Dr.HeriSuwignyoM.Pd.and(2)Dr.NitaWidiatiM.Pd.KeywordsdevelopmentofliteraturefolkloremoralliteracyTheresearchdevelopmentofreadingfolkloreasaformofmoralliteracybackgroundbytheresultsofapreliminarystudystatesthatthedeclineinmoralqualityisnowspreadingandinfectingthenationofIndonesia.Oneoftheeffortstopreventthewidespreadofthemoralcrisisistooptimizethesenseofempathyandeducatethechildrensmoralfromtheearlyage.Themoraleducationcanbeimplementedthroughfolklorelearning.Learningfolklorehasthebenefitofsharpeningcreativityandstimulatingstudentspsychologicallytothinkcreativelybasedonthestory.Inthiscasereadingmaterialisverynecessarytomeettheneedsofstudentsthereforeitcangiveaspirittolearnandfosteraninterestinreadingandpourcreativeideasintheformofwriting.Theeffortsaremadeaimtodeveloptheabilityofstudentsinreadingwhichisalsooffsetbythewritingactivitiesbyincreasingthelevelofliteracy.ThepurposeofthisresearchanddevelopmentistoproduceaproductofreadingfolkloreasaformofmoralliteracyforstudentsofclassVIISMP/MtswhichisdevelopedbyreferringtotheelementsofcontentsystematicslinguisticsandtheappropriatedisplayforlearningandinaccordancewiththeCurriculum2013revisionanddescribetheresultofproducttest.Thisstudyusesthedesignforthedevelopmentofreadingmaterialswhichismodifiedbasedonthemodeldevelopmentadaptationofthe4Dmodeldevelopment(four-DModel).Stepsof4Dmodel(four-DModel)whichconsistsoffourstagestheseare(1)define(2)design(3)developmentand(4)disseminate(Thiagarajanetal1974).Theproducttestperformedinvolving(1)theexpertoffolklorematerial(2)theexpertoflearningfolklore(3)apractitionerorBahasaIndonesiateacherand(4)limitedfieldtestinvolvingthegradeVIIstudentsofMtsNKunirBlitar.Thetypeofthisdataresearchisnonverbalandverbaldata.Thenonverbaldataisintheformofascoretotestthereadingmaterialwhichhasbeenwrittenbytheexpertspractitionersandevaluateinpracticingtoanswerquestionsindependentlybythestudents.Theverbaldataisintheformoftheinformationdeliveredofatestgroupintheformofnotescommentsandsuggestions.Inthisdevelopmentresearchtheresearcherusesassessmentquestionnairesandopenmindedinterviewguidesasdatacollectioninstruments.Thedataanalysiswasconductedby(1)collectingthenonverbaldataobtainedfromtheassessmentquestionnaire(2)transcribingtheverbaldata(3)identifyingclarifyinginterpretingandconcludingtheverbaldatabasedonthetestgroupand(4)analyzingthedataandformulatingconclusionsofanalysisasabasisforfollow-upoftheproductwhichisdeveloped.Thepresentationofthedataofproducttestresultonthecontentofthereadingmaterialasawholegetsapercentage84.9%whichmeansquitevalidandcanbeimplemented.Thepresentationofthedataofproducttestregardingsystematicreadingmaterialasawholegetsapercentageof87%whichmeansthatrelativelyveryvalidandcanbeimplemented.Thepresentationofproducttestdataregardinglanguagereadingmaterialasawholegetspercentage78%whichmeansquitevalidandcanbeimplemented.Thepresentationofthedataregardingthedisplayofreadingmaterialasawholegetsaprecentage892%whichisclassifiedasveryvalidandcanbeimplemented.Theconclusionsofthisdevelopmentresearchisthereadingmaterialofthefolkloreasformingthemoralliteracywhichindicatesthattheproductisquitevalidandreadytobeimplementedinlearningfolklore.Thesuggestionsoftheutilizationofdevelopmentresultproductaddressedtotheteachersstudentsotherresearchersandfurtherproductdevelopers.ThesereadingmaterialscanbeusedforIndonesianteachersasasourceoflearningsupportmaterialstomakelearningfolkloreoptimallysothatlearningobstaclescanbesolved.Thesereadingmaterialscanbeusedforstudents.Inorderforstudentstoreadeverystorycarefullysothattheycanunderstandthestory.Thestudentsaresuggestedtobeactivelyinvolvedinlearningfolkloreusingreadingmaterials.Thesereadingmaterialscanbeutilizedforfurtherreadingmaterialdeveloperswhichistolearnandutilizethereadingmaterialcontenttodevelopthesameordifferentmaterialbutitismadeeasierandinterestingtobereadsothatthestudentscanbeeasilytounderstandthecontent.