Strategi kognitif kata kunci yang digunakan siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kurau Kabupaten Tanah Laut dalam penulisan treks deskripsi / Mahpi
Main Author: | Mahpi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/58149/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKMahpi.2017.StrategiKognitifKataKunciYangDigunakanSiswaKelasVIISMPNegeri3KurauKabupatenTanahLautDalamPenulisanTeksDeskripsi.Tesis.ProgramStudiPendidikanBahasaIndonesiaProgramPascaSarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.RoekhanM.Pd(II)Dr.NitaWidiatiM.PdKataKuncistrategikognitifkatakunciprosesmenulisteksdeskripsiStrategikognitifkatakuncimerupakankemampuanmengingatdanmenggunakansebuahkatayangdapatmewakilikonsepgagasanisibacaandanisitulisan.Menulismerupakansalahsatuketerampilanyangberbedadenganketerampilanberbahasayanglain.Menulismemilikikarakterkhasyangmembedakannyadariketerampilanlain.Sifataktifproduktifdanmerangkaikatadalambentuktulisanmemberikancirikhususdalamhalkecaraanmediumdanragambahasayangdigunakannya.Strategikognitifkatakunciyangdigunakansiswadalampenulisanteksdeskripsitampakpadaprosesmenulisdanhasilkaryanya.Teksdeskripsisebagaisalahsatuwadahpenuangangagasandalambentukprosesmenulisdantulisankaryasiswayangmenggunakanstrategikognitifkatakuncidalammenulisteksdeskripsi.Fokusutamapenelitianinimendeskripsikanstrategikognitifkatakunciyangdigunakansiswadalampenulisanteksdeskripsiyangdikajipertamatahapanprosesmenulisteksdeskripsisiswa(1)menentukanide(2)merumuskanide(3)penulisandan(4)revisiatauperbaikan.Keduastrategikognitifkatakuncidalamteksdeskripsisiswa(1)strategikognitifkatakuncisesuaisituasisederhana(2)strategikognitifkatakuncisesuaisituasikompleks(3)strategikognitifkatakuncisesuaisituasiperistiwakomunikasispasial(4)strategikognitifkatakuncisesuaisituasiperistiwakomunikasiimpresionatisdan(5)strategikognitifkatakuncisesuaisituasiperistiwakomunikasirealistis.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganjenispenelitianstudikasus.Kehadiranpenelitidibutuhkanselamaproseswawancara.LokasipenelitiandiSMPNegeri3KurauKabupatenTanahLaut.DatapenelitianberupapenyataansiswayangmencerminkantahapanprosesmenulissiswadalamteksdeskripsidanKata-katayangterdapatdalamteksdeskripsikaryasiswayangtercermindalampenggunaanstrategikognitifkatakunci.SumberdatalimasiswakelasVIISMPN3Kuraudanteksdeskripsikaryanya.Pengumpulandatadilakukandenganteknikwawancaradanstudidokumen.Analisisdatadilakukandalambeberapatahapseleksidanreduksidatapenyajiandatadanpenyimpulandanhasilverifikasitemuanhasilpenelitian.Pengecekankeabsahandatadilakukandenganteknikketekunanpengamatankecukupanrujukandiskusikesejawatandantrianggulasi.Darihasilpenelitianmenunjukkanbahwa.Prosesmenulissiswadalampenulisanteksdeskripsimerupakankegiatanyangdilakukanolehsiswasebelumsampaisesudahmenulisteksdeskripsidenganmenggunakanstrategikognitifkatakunci.Kegiatan-kegiatantersebutdibagidalamempattahapmeliputi(1)menentukanide(2)merumuskanide(3)penulisandan(4)revisiatauperbaikan.StrategikognitifkatakunciyangdigunakansiswadalamkaranganteksdeskripsisiswaSMPkelasVIIyangdiwujudkandalampenggunaankatakuncisesuaisituasidinyatakandengan(1)situasisederhana(2)situasikompleks.Penggunaanstrategikognitifkatakuncisesuaiperistiwakomunikasidinyatakandalambentuk(1)kesesuaiankatakuncisesuaiperistiwakomunikasispasial(2)kesesuaiankatakuncisesuaiperistiwakomunikasiimpresionatisdan(3)kesesuaiankatakuncisesuaiperistiwakomunikasirealistis.BerdasarkantemuanpenelitiandapatdisimpulkanbahwasiswaSMPkelasVIIprosesmenulissiswadalamteksdeskripsiyangdilakukansiwayangumumdilakukanpadatahappertamayaitupencarianuntukdapatmenentukanidedengancaramendengarkan.Halyangdidengarkanadalahmendengarkanmusik.Selanjutnyatahapmerumuskanideyangdilakukanolehsiswaadalahmembuatcatatansebelummemulaimenulisdeskripsi.Selanjutnyatahappenulisansiswalebihmemilihmenuliskanteksdeskripsinyasecarabertahap.Halinidilakukanagarteksdeskripsiyangditulisdapatlebihlayakuntukdibaca.Tahapterakhirdariprosespenulisanteksdeskripsiadalahrevisidanperbaikan.Siswalebihbanyakmelakukantahaprevisidanperbaikanuntukteksdeskripsiyangditulisnya.Halyangumumdilakukansiswapadatahapiniadalahmempertentangkanapayangditulisdanmengubahgayabahasa.BerdasarkantemuanpenelitiandapatdisimpulkanbahwasiswaSMPkelasVIImenggunakanstrategikognitifkatakunciuntukmengingatdanmenggunakankatadalamteksdeskripsidenganmemperhatikankesesuaiankatadengansituasidanperistiwakomunikasi.Katakunciyangdipilihsesuaisituasiyangadadalamteksdeskripsisiswa.Situasiyangkomplekslebihbanyakdigunakansiswayangberbedaantarasatudenganyangdibandingdengansituasisederhana.HalinisesuaidenganperkembangankognitifnyabahwasiswakelasVIISMPmampumengaitkansuatuperistiwasatudenganyanglaindanmampumenarikkesimpulandariinformasiyangtersedia.Penggunaankatakuncisesuaidenganperistiwakomunikasidalamkaranganteksdeskripsisiswamenggunakankatakuncisesuaidenganperistiwakomunikasispasialimpresionatisdanrealistis.Penggunaankatakuncisesuaidenganperistiwakomunikasirealistislebihbanyakdigunakanolehsiswadalamteksdeskripsinya.Halinimenunjukkanbahwasiswamemilikikemampuanuntukmenyusunteksdeskripsisesuaidengandasarpenulisanteksdeskripsiobjekdanperistiwadigambarkandengancaraobjektif.Dengankatalainobjekdanperistiwasesuaidengankenyataantanpaadanyaopiniataukesanpribadiseorangpenulis.Olehkarenaitusiswamenggunakankatakuncisesuaiperistiwakomunikasirealistisdalamkaranganteksdeskripsinya.Pengggunaankatakuncisesuaidenganperistiwakomunikasispasialdanimpresionatisjugadigunakanolehsebagiansiswa.Meskipunsiswamenggunakankatakuncisesuaidenganperistiwakomunikasirealistisdalamteksdeskripsinyasiswatetapmenampilkanspasialdanimpresionatis.Halinimenunjukkansetiapsiswamemilikigayapenulisanlain.BerdasarkankesimpulanpenelitiandisarankankepadaguruBahasaIndonesiauntukmemberirangsanganpadasiwadalampencarianidesebelummenuliskarangandeskripsidanmemberikancontohpenggunaanstrategikognitifkatakuncidalamkarangandeskripsiyanglebihbervariasi.Sarankepadapenelitiselanjutnyaagarmengembangkanberbagaistrategiuntukmeningkatkankemampuansiswadalammenuliskaranganteksdeskripsi.