Pengembangan bahan ajar menulis naskah drama anak-anak bermuatan nilai karakter / Fiyan Ilman Faqih

Main Author: Faqih, Fiyan Ilman
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.um.ac.id/58141/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKFaqihFiyanIlman.PengembanganBahanAjarMenulisNaskahDramaAnak-AnakBermuatanNilaiKarakter.TesisProgramStudiPendidikanBahasaIndonesiaPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.DjokoSaryonoM.Pd.(II)Dr.YuniPratiwiM.Pd.Katakuncibahanajarmenulisnaskahdramaanak-anaknilaikarakterKeterampilanmenulisnaskahdramaanak-anakmerupakankegiatanmenentukanidetemaamanattokohdanpenokohanlatardanaluryangdiwujudkandalambentukdialog-dialogyangsesuaidengankehidupananak-anak.Keterampilanmenulisnaskahdramaanak-anaksangatpentingdilakukanolehorangdewasakhususnyamahasiswakarenamelaluiketerampilanmenulisnaskahdramaanak-anakmahasiswadapatmemberikanpendidikankarakterkepadaanak-anak.Adatiganilaikarakteryangpalingpentingdikenalkankepadaanak-anakyaitukejujurantanggungjawabdanrasaingintahu.Besarnyakontribusinaskahdramaanak-anaksebagaisaranauntukmengenalkannilaikarakterkepadaanak-anaktidakberjalanseimbangdenganpraktikmenulisnaskahdramaanak-anak.Keterampilanmenulisnaskahdramaanak-anakmerupakanketerampilanyangpalingkurangdipraktikkandibandingkandenganketerampilanmenulispuisiatauprosafiksianak-anak.Olehkarenaituperludikembangkanbahanajaryangdapatmembantumahasiswauntukmenulisnaskahdramaanak-anakmenjadilebihaktifkreatifinovatifdansesuaidengantingkatperkembangananak-anak.Penelitiandanpengembanganbahanajarinibertujuanuntukmenghasilkanbahanajarmenulisnaskahdramaanak-anakbermuatannilaikarakteryangmemenuhisyaratkelayakanisipenyajiankebahasaandandesain.Selainitutujuanlainnyaialahmengujikeefektifanbahanajaryangdikembangkan.Prosedurpenelitiandanpengembanganinidilakukandenganmenggunakanmodelpengembangan4DyangdikembangkanolehThiagarajanDorothydanMelvyn.Modelpengembangan4Dtersebutterdiriatasempattahappengembangan.Pertamatahappenetapanyangterdiriatastigakegiatanyaitutelaahkurikulumtelaahpembelajarandantelaahsumberbelajar.Keduatahapperancanganyangterdiriatastigakegiatanyaitumengumpulkanmaterimerancangbahanajardanmenyusunbahanajar.Ketigatahappengembanganyangterdiriataslimakegiatanyaituujiahlirevisiujilapanganujikeefektifanprodukdanpenyempurnaanproduk.Keempattahappenyebarluasanmerupakanpencetakanbahanajar.Pencetakanbahanajarhanyaterkaitdengankepentinganlaporanpenelitiandanpengembangan.Produkyangdihasilkandalampenelitiandanpengembanganiniialahbahanajarmenulisnaskahdramaanak-anakbermuatannilaikarakter.Bahanajarmenulisnaskahdramaanak-anakiniterdiriataslimaunit.Pertamaunit1anak-anakdannaskahdrama.Keduaunit2idetemadanamanatdalampenulisannaskahdramaanak-anak.Ketigaunit3tokohdanperwatakandalampenulisannaskahdramaanak-anak.Keempatunit4latardanalurdalampenulisannaskahdramaanak-anak.Kelimaunit5menulisnaskahdramaanak-anak.PenyusunankelimaunittersebutdidaptasidarilimalangkahmenulisnaskahdramayangditulisolehPratiwidanSiswiyanti.Hasilujiprodukdiperolehdaritigaorangahlidanmahasiswamenunjukkanbahwabahanajarmenulisnaskahdramaanak-anakcukupvaliddancukuplayakuntukdiimplementasikankarenamemperolehpersentase80%.Ujiprodukmengacupadaempataspek.Pertamakelayakanisibahanajardiperolehdariahlipembelajaranmenulisnaskahdramaanak-anakahlimenulisnaskahdramaanak-anakdanmahasiswa.Kelayakanisibahanajaryangdiperolehdariahlipembelajaranmenulisnaskahdramaanak-anakmemperoleh83%sehinggadikatakancukupvaliddancukuplayakuntukdiimplementasikan.Kelayakanisibahanajaryangdiperolehdariahlipenulisannaskahdramaanak-anakmemperolehpersentase88%sehinggadikatakanvaliddanlayakdiimplementasikan.Kelayakanisibahanajaryangdiperolehdarimahasiswamemperolehpersentasekelayakan77%sehinggadapatdikatakancukupvaliddancukuplayakuntukdiimplementasikan.Keduakelayakanpenyajianbahanajardiperolehdariahlipembelajaranmenulisnaskahdramaanak-anakdanmahasiswa.Kelayakanpenyajianyangdiperolehdariahlipembelajaranmenulisnaskahdramaanak-anakmemperolehpersentasekelayakan87%sehinggadikatakanvaliddanlayakuntukdiimplementasikan.Kelayakanpenyajianbahanajaryangdiperolehdarimahasiswamemperolehpersentase80%sehinggadikatakancukupvaliddancukuplayakuntukdiimplementasikan.Ketigakelayakankebahasaanbahanajardiperolehdariahlipembelajaranmenulisnaskahdramaanak-anakdanmahasiswa.Kelayakankebahasaanbahanajaryangdiperolehdariahlipembelajaranmenulisnaskahdramaanak-anakmemperolehpersentase75%sehinggadikatakancukupvaliddancukuplayakuntukdiimplementasikan.Kelayakankebahasaanyangdiperolehdarimahasiswamemperolehpersentasekelayakan77%sehinggadapatdikatakancukupvaliddancukuplayakdigunakan.Keempatkelayakanpenyajianbahanajardiperolehdariahlidesainbahanajardanmahasiswa.Kelayakandesainbahanajaryangdiperolehdariahlidesainbahanajarmemperolehpersentase82%sehinggadapatdikatakancukupvaliddancukuplayakuntukdiimplementasikan.Kelayakandesainyangdiperolehdarimahasiswamemperolehrata-ratakelayakan80%sehinggadapatdikatakancukupvaliddancukuplayakuntukdiimplementasikan.Untukmengetahuikeefektifanbahanajarnaskahdramaanak-anakbermuatannilaikarakterdilakukananalisisujibeda.Ujibedadilakukandenganmenggunakanujit-sampelberpasangan.Darihasilujistatistikujibedakemampuanmenulisnaskahdramaanak-anaksebelumdansesudahperlakukandiketahuit-5210dengantarafsignifikansip0000.Darihasiltersebutterdapatperbedaanyangsignifikanantaraskorkemampuanmenulisnaskahdramaanak-anaksebelumpemberianperlakuandansesudahpemberianperlakuankarenap