Pengembangan instrumen kemampuan asesmen berpikir kritis dalam membaca dan menulis teks eksposisi / Giati Anisah

Main Author: Anisah, Giati
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/58133/
Daftar Isi:
  • AnisahGiati.2016.PengembanganInstrumenKemampuanAsesmenBerpikirKritisdalamMembacadanMenulisTeksEksposisi.TesisProgramStudiS2PendidikanBahasaIndonesiaPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.Suparno(II)Dr.TitikHarsiatiM.Pd.KatakunciinstrumenasesmenberpikirkritismembacadanmenulistekseksposisiPenelitianinibertujuanuntukmenghasilkaninstrumenasesmenyangmengimplementasikanteoriberpikirkritisPeterA.Facionedalamtahapan-tahapanmembacadanmenulistekseksposisi.InstrumenasesmendihajatkanuntukmengaseskemampuanberpikirkritissiswaSMAketikamembacadanmenulistekseksposisi.LandasanmetodologisyangdigunakanadalahmodelpenelitianpengembanganRDyangdioperasionalkandenganmenggunakanmodelpengembanganasesmenDjaalidanMuljono.Datamengenaikelayakanprodukdiperolehdariempatsumberdatayaitupakarasesmenpakarmembacadanmenulisgurudansiswa.InstrumenasesmendikembangkanberdasarkankonstrukberpikirkritisyangdiadaptasidariteorikemampuanberpikirkritisPeterA.FacionetanpamengaitkannyadengankurikulumSMA.Kemampuanberpikirkritisadalahkemampuaninterpretasianalisisinferensidanevaluasiuntukmenghasilkankeputusandenganmemperhatikanfaktakonsepmetodekriteriadankonteks.Konstruktersebutditerapkanpadakompetensimembacadanmenulistekseksposisi.Tekseksposisiadalahteksyangmenonjolkansatusudutpandangmengenaisatupermasalahantersusunatastigakomponenmeliputi(a)pengantaryangberisitesis(claim)sifattesis(qualifiers)danpreviewargumen(b)argumenyangberisidasar(ground)jaminan(warrant)dukungan(backing)dansanggahan(rebuttals)dan(c)simpulanyangberisiringkasanreiterasi(padatekseksposisianalitis)danrekomendasi(padatekseksposisihortatori)danterdiriatastigajenisyaitueditorialopinidaniklan.Kemampuanberpikirkritisdalammembacadanmenulistekseditorialadalahkemampuanmelakukaninterpretasianalisisinferensidanevaluasiterhadapteksyangmenonjolkansatuposisi(proataukontra)mengenaisatupermasalahanyangkemudiandiikutikemampuanmeresponteksmenganalisismenginferensidanmengevaluasiresponyanghasilnyaditulisdalambentukteksberjenissama.Kemampuanberpikirkritisdalammembacadanmenulisteksopiniadalahkemampuanmelakukaninterpretasianalisisinferensidanevaluasiterhadapteksyangmenonjolkanargumenmengenaihasilinterpretasisesuatuyangkemudiandiikutikemampuanmeresponteksmenganalisismenginferensidanmengevaluasiresponyanghasilnyaditulisdalambentukteksberjenissama.Kemampuanberpikirkritisdalammembacadanmenulisteksiklanadalahkemampuanmelakukaninterpretasianalisisinferensidanevaluasiterhadapteksyangmenonjolkankelebihansesuatuuntukmempersuasipembacayangkemudiandiikutikemampuanmeresponteksmenganalisismenginferensidanmengevaluasiresponyanghasilnyaditulisdalambentukteksberjenissama.Beradasarkankonstrukyangtelahdipaparkandihasilkantigajenisinstrumenasesmenmeliputi(a)instrumenasesmenkemampuanberpikirkritisdalammembacadanmenulistekseditorial(b)instrumenasesmenkemampuanberpikirkritisdalammembacadanmenulisteksopinidan(c)instrumenasesmenkemampuanberpikirkritisdalammembacadanmenulisteksiklan.Setiapjenisinstrumenasesmendilengkapipetunjukpenggunaan.Setiapjenisinstrumenterdiriatasduakomponenyaitutugasdanrubrikpenilaian.Tugasberisibutir-butirsoalyangmemandusiswaberpikirkritisyaitumelakukaninterpretasianalisisinferensidanevaluasiketikamembacadanmenulis.Capaiansiswadalamberpikirkritisdalammembacadanmenulisdinilaidenganmenggunakanrubrikpenilaian.Hasilanalisisdataujivalidasidanujilapanganmenunjukkanbahwainstrumenasesmenkemampuanberpikirkritisdalammembacadanmenulistelahmemenuhisyaratvaliditaskepraktisandanreliabilitassehinggalayakdiimplementasikan.Berdasarkankriteriayangditetapkaninstrumenasesmenmemilikivaliditas8601%kepraktisan8339%reliabilitas(administrasidantes)9033%danreliabilitaspenyekor0961dengansignifikansi0000.Selainkelayakanprodukhasilanalisiskorelasiantarakemampuanberpikirkritisdalammembacadengankemampuanberpikirkritisdalammenulismenghasilkankoefisienkorelasi0781dengansignifikansi0000.Jikakemampuanberpikirkritisdalammembacatinggikemampuanberpikirkritisdalammenulisjugatinggi.Jikakemampuanberpikirkritisdalammembacarendahkemampuanberpikirkritisdalammenulisjugarendah.Haltersebutberartiterdapatkorelasipositifdansignifikanantarakemampuanberpikirkritisdalammembacadengankemampuanberpikirkritisdalammenulis.Dengandemikiandapatdisimpulkanbahwainstrumenasesmenberpikirkritisdalammembacadanmenulistekseksposisiyangmemenuhisyaratvaliditaskepraktisandanreliabilitasmemfasilitasisiswamengintegrasikandanmengorelasikankemampuanberpikirkritisdalammembacadanmenulistekseksposisi.