Pengembangan bahan ajar Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA) tingkat madya / Sheilla Arumdyahsari

Main Author: Arumdyahsari, Sheilla
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/58129/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKArumdyahsariSheilla.2016.PengembanganBahanAjarBahasaIndonesiabagiPenuturAsing(BIPA)TingkatMadya.Tesis.PendidikanBahasaIndonesiaFakultasPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.WidodoHs.M.Pd.(II)Dr.GatutSusantoM.M.M.Pd.KatakuncipengembanganbahanajarbahanajarBIPAdantingkatmadyaPenelitianinibertujuanmengembangkanbahanajarBIPAtingkatmadyadenganacuanAmericanCouncilontheTeachingofForeignLanguage(ACTFL)modelpembelajaranintegratifdankomunikatif.PadaACTFLterdapat11profilkompetensiberbahasamulaidarinovicelowhinggadistinguish.Bahanajarinifokuspadatingkatintermediateatautingkatmadya.RincianprofilkompetensipadaACTFLuntuktingkatmadyaadalahmadyarendahmadyatengahdanmadyatinggi.KelebihanACTFLadalahberisiprofilkompetensiberbahasamenyimakberbicaramembacadanmenulis.Penelitianinimenggunakanmetodepenelitianpengembangan.MetodeinidiadaptasidarimodelpengembanganBorgdanGall.Berdasarkanmodeltersebutterdapatempattahappengembanganyaitu(1)studipendahuluan(2)pengembangan(3)pelaksanaandan(4)revisi.Pengembanganbahanajardidasarkanpadastudipendahuluanyangdilakukansebelumnya.Hasilpengembanganberupabahanajarselanjutnyadiujicobakanuntukmengetahuitingkatkelayakanproduk.UjikelayakandilakukanempatkaliyaituujiahlipembelajaranBIPAujiahlikegrafikanujipraktisidanujikelompokkecil(pelajarBIPAtingkatmadyadiBIPAUniversitasMuhammadiyahMalangISPMalangKucecwaradanBIPAUniversitasNegeriMalang).Terdapatduadatapadapenelitianiniyaitudatauntukmengembangkanprodukdandatauntukrevisiproduk.DatauntukmengembangkanprodukdidapatkandaristudiprapengembangankepadapraktisidanpelajarBIPAmelaluiangketdanwawancara.Selainitudatauntukmengembangkanprodukjugadidapatkandaristudidokumendanpemetaankurikulum.Datauntukrevisiprodukdidapatkandariujiahlidanujicobakelayakanbahanajar.UjiahlidilakukantigakalidenganahlipembelajaranBIPAahlipengembanganbahanajardanahlikegrafikan.UjicobakelayakanbahanajardilakukankepadapraktisiBIPAdanpelajarBIPAtingkatmadya.BerdasarkanhasilujikelayakanterhadapahlipembelajaranBIPAahlikegrafikanpraktisiBIPAtingkatmadyadanpelajarBIPAtingkatmadyadiperolehhasilberupapersentasesebagaiberikut.Padakomponenkegrafikandiperolehrata-ratasebesar816%komponenpenyajiandiperolehrata-ratasebesar903%komponenisidiperolehrata-ratasebesar878%komponenbahasadiperolehrata-ratasebesar824%dankomponenpenerapandiperoleh852%.Darikelimakomponentersebutsemuapersentasemenunjukkankualifikasikategorilayakdengantindaklanjutimplementasi.Selaindatanumerikdataverbalberupasaranataukomentarbaiktertulisataulisanterkaitlimaaspektersebutjugadijadikandasaruntukrevisi.Padaaspekkegrafikanrevisidilakukanpadadesainsampulbahanajardanpenambahanketerangangambarpadaawalunit.Padaaspekpenyajianrevisidilakukanpadapenggantianfungsilembarpersembahanmenjadilembarnasihatdanpenyemangat.Padaaspekisirevisidilakukanpadavariasilatihan.Padaaspekbahasarevisidilakukanpadabahasayangdigunakandalamkatapegantar.PadaaspekpenerapanrevisidilakukanpadalatihantatabahasayangkurangsesuaidenganpelajarBIPAtingkatmadya.SecarakeseluruhanbahanajarBIPAtingkatmadyayangdikembangkansudahlayakdansiapdiimplementasikan.Revisidilakukanagarkualitasbahanajarsemakinbagus.SebagailangkahpemanfaatanprodukpengajardisarankanuntukmenggunakanbahanajarsebagaisalahsatusumberbelajardalampembelajaranBIPAtingkatmadya.