Perkembangan buku pintar elektronik teks eksposisi bagi siswa SMP kelas VII / Heri Susanto

Main Author: Susanto, Heri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/58124/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSusantoH..2016.PengembanganBukuPintarElektronikTeksEksposisibagiSiswaSMPKelasVII.Tesis.JurusanPendidikanBahasaIndonesiaProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.RoekhanMPd.(II)Dr.EndahTriPriyatniM.Pd.Katakuncibukupintarelektroniktekseksposisikurikulum2013.Penelitianinimerupakansalahsatumanifestasipengembanganbahanajartekseksposisidenganperangkatlunakberdasarkanperumusankebutuhanpengguna.Tujuanpenelitianiniyaitu(1)menghasilkanprodukberupabahanajarelektronikuntuktekseksposisidanbukupetunjukpenggunaandalampembelajaranyangmemenuhikelayakandariaspekisipenyajiandesaingrafikadanbahasadan(2)mendeskripsikankeefektifanproduk.DalamupayamencapaitujuanitupengembanganprodukmenggunakanmodelproseduralyangdiadaptasidariproduksipaketmultimediayangdikemukakanGhislandi(1996222).Relevansimodeltersebutdenganprodukterletakpadaaspekisidantahappengembangan.Prosedurproduksipaketmultimediayaitu(1)perumusankebutuhanpengguna(2)perancangan(3)penyiapandata(4)penulisan(authoring)(5)integrasisistemdanevaluasi(6)pra-masterdan(7)master.Kelemahanmodeltersebutterletakpadaketiadaanujikeefektifanterhadapproduksehinggapelaksanaannyamerupakankeputusanpeneliti.Ujiprodukterdiridariujivalidasidanujilapangan.Ujikeefektifanprodukmerupakanbagiandariujilapangandengandesainpraeksperimen.Desainujiprodukmenggunakandesaindeskriptif.Pengumpulandatadilakukandengantekniktesdannon-tes.Datayangberupaskorkuesionerataunumerikdianalisismenggunakanteknikanalisisdatakuantitatifdeskriptifyangdiwujudkandalampenyajiandatadalamtabeldanpenghitunganpersentase.DatapratesdanpascatessiswadianalisisdenganujitberpasanganmenggunakanSPSS17forWindows.Datayangberupauraianatauverbaldianalisisdengananalisisdeskriptifatauanalisisisi.ProdukyangdihasilkanyaituBPEdanPetunjukBPE.Hasilujivalidasiaspekisimenghasilkanpersentasesebesar7984%untukBPEdan8482%untukPetunjukBPEaspekpenyajiansebesar8083%untukBPEdan9000%untukPetunjukBPEaspekgrafikasebesar8313%untukBPEdan8600%untukPetunjukBPEdanaspekbahasasebesar8281%untukBPEdan8750%untukPetunjukBPE.Perolehanpersentaserata-ratatotal8165%untukBPEdan8708%untukPetunjukBPE.DenganhasilituBPEberkualifikasilayakdanPetunjukBPEberkualifikasisangatlayaksehinggakeduanyadapatdiimplementasikandalampembelajaran.Namunberdasarkanrekomendasidariujivalidasibeberapaaspekperludirevisidemikesempurnaanproduk.Ujilapanganaspekisimenghasilkanpersentasesebesar8565%untukBPEdan8409%untukPetunjukBPEaspekbahasasebesar8244%untukBPEdan8889%untukPetunjukBPEaspekgrafikasebesar8470%untukBPEdan8214%untukPetunjukBPEaspekpemanfaatansebesar8469%untukBPEdan8125%untukPetunjukBPEdanaspekkemudahansebesar8631%untukBPEdan8500%untukPetunjukBPE.Perolehanpersentaserata-ratatotal8397%untukBPEdan8472%untukPetunjukBPE.DenganhasilituBPEdanPetunjukBPEberkualifikasilayak.BerdasarkanhasilujivalidasidanujilapangandisimpulkanbahwaBPEdanPetunjukBPEberkualifikasikelayakanyangkomprehensifkarenatelahmelaluiberbagaiujidenganstandardanmetodeyangterukur.Selainitujugamemenuhikriteriabahanajarsesuaiperumusankebutuhanpengguna.DengankatalainBPEdanPetunjukBPEdapatdigunakandalampembelajaranyangsesungguhnya.Hasilpengujianstatistikterhadapprates-pascateskelasVIIASMPNegeri2Sidoharjodiperolehnilait-hitungsebesar-5647dengannilaiprobabilitas