Kesatuan tuturan direktif dalam interaksi pembelajaran di SMA Negeri 1 Batu / Mardiyah Putri A.

Main Author: Astuti, Mardiyah Putri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/58111/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKAstutiMardiyahPutri.2016.KesantunanTuturanDirektifdalamInteraksiPembelajarandiSMANegeri1Batu.ProgramStudiPendidikanBahasaIndonesiaProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.WidodoHS.M.Pd.(II)Dr.SunotoM.Pd.KataKuncikesantunantuturaninteraksipembelajarantuturandirektifstrategikesantunanaspekbudaya.Kesantunantuturandalaminteraksipembelajarandidalamkelasdilakukanmelaluibentuktuturandirektifmemperhatikanstrategituturandandipengaruhiolehaspekbudaya.Penelitianinidilaksanakanuntukmenelitibentukstrategidanaspekbudayanya.TujuanpenelitianiniadalahuntukmendeskripsikanbentukkesantunandirektifstrategikesantunandanaspekbudayaJawadalaminteraksipembelajaranantaragurudansiswa.PengkajianterhadapbentuktuturandirektifstrategikesantunandanaspekbudayaJawadalamtuturandilakukandenganmengggunakanteoridanpanduananalisisberdasarkanteoritindaktuturdirektifBachdanHarnishuntukbentuktuturandirektifteorikesantunanBrowndanLevinsonuntukstrategikesantunantuturandanteoritingkattuturGunarwanuntukaspekbudayaJawa.RanahkesantunanyangditelitiadalahinteraksipembelajaranSMANegeri1Batu.Datapenelitianiniyakni(1)transkriprekamantuturangurudansiswa(2)catatanlapangandan(3)hasilwawancara.Dalampenelitianiniperpanjanganpengamatandanpemeriksaanrekansejawatdigunakanuntukmengecekkeabsahandata.Bentuktuturandirektifdalaminteraksipembelajaranditandaidengan(1)direktifpermintaan(2)direktifpertanyaan(3)direktifperintah(4)direktiflarangan(5)direktifpemberianizindan(6)direktifnasihat.Hasilanalisismengenaibentuktuturandirektifmenunjukkanbahwagurumelakukankesantunansecaradominanmelaluiperintahlaranganizindannasihatsedangkanbentuktuturandirektifdilakukanolehgurudansiswadenganmempertimbangkanaspekbudaya.Strategikesantunantuturandalaminteraksipembelajaranditandaidengan(1)memberiperhatian(2)melebihkandalammemberikomentarataupujian(3)menegaskan(4)menggunakanpenandasebagaianggotakelompokyangsama(5)mengupayakankesepakatan(6)menghindariperbedaanpendapat(7)mengisyaratkankesamaanpandangan(8)menggunakanlelucon(9)menampilkanpengetahuanpenuturdanmempertimbangkankeinginanpenutur(10)menawarkanberjanji(11)bersikapoptimis(12)menyertakanpenuturdanpetuturdalamkegiatan(13)memberiataumemintaalasan(14)menerimaataumenampilkansikaptimbalbalikatausalingdan(15)memberihadiahpadapetutur.Hasilanalisismengenaistrategikesantunantuturanmenunjukkanbahwagurudansiswamelakukantuturanuntukkesantunandenganberagamstrategi.Aspekbudayadalaminteraksipembelajaranditandaidengan(1)aspekkurmat(hormat)(2)andhapasor(rendahhati)(3)empanpapan(sadarakantempat)dan(4)tepaselira(tenggangrasa).HasilanalisismengenaiaspekbudayadalamtuturangurudansiswamenunjukkanbahwaaspekbudayaJawadiintegrasikandalamtuturanyangdilakukandalamkelas.Bentuktuturandirektifstrategikesantunandirektifdanaspekbudayadilakukanolehdominandilakukanolehgurudansiswauntukkepentingantertentu.HalitumenunjukkaneksistensikesantunantuturandalaminteraksipembelajarandiSMANegeri1Batu.Darisimpulantersebutmakadisarankankepadagurudansiswauntukmenggunakanbentukstrategiaspekbudayadengancarayangkontributifdankonstruktifsehinggadapatmemberikanpencerahanbaikbagiseluruhelemendalaminteraksipembelajaran.