Kesantunan berbahasa dalam diskusi kelas siswa SMP Negeri 17 Malang / Chusnaini
Main Author: | Chusnaini |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/58067/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKChusnaini.2015.KesantunanBerbahasadalamDiskusiKelasSiswaSMPNegeri17Malang.Tesis.JurusanPendidikanBahasaIndonesiaPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.AnangSantosoM.Pd.(II)Dr.SunotoM.Pd.Katakuncikesantunanberbahasamaksimkearifanmaksimkedermawananmaksimpujianmaksimkerendahanhatimaksimkesepakatanmaksimsimpatidiskusikelas.PembelajaranbahasaIndonesiabertujuanuntukmembentukkompetensikomunikatifpadasiswa.Kompetensikomunikatifberkaitandenganpenguasaankonteksberbahasaagartercapaitujuankomunikasi.Penguasaankonteksberbahasasiswasalahsatunyatampakdalampenggunaankesantunanberbahasa.Kesantunanberbahasadalampelaksanaandiskusikelasmemilikikekhasantersendirikarenadirepresentasikanberbeda-bedaolehsetiapsiswa.Penelitianinibertujuanmendeskripsikan(a)pemenuhandan(b)penyimpangankesantunanberbahasadalamdiskusikelassiswaSMPNegeri17Malang.Penelitianinimenggunakanpendekatandeskriptifkualitatifdenganancanganteoripragmatik.DatadiperolehsecaraalamiahyakniberuparekamanperistiwadiskusikelassiswaSMPNegeri17Malang.Penelitianinimempunyaiduajenisdatayaknidataverbalberupatuturansiswadandatacatatanlapangan.Datatuturansiswadiperolehmelaluirekamanhandycamsedangkandatacatatanlapangandiperolehmelaluiobservasi.SumberdatasiswakelasVIIISMPNegeri17Malangtahunpelajaran2014/2015berjumlah95siswa.Instrumenutamapenelitianiniadalahpenelitisendiridenganmenggunakanalatbantuyangberupahandycamdantabelkisi-kisipengembanganinstrumenkesantunanberbahasa.TeknikanalisisdatayangdigunakandalampenelitianiniadalahteknikanalisisdatamodelinteraktifMilesdanHubermanyangmeliputiempatlangkahyakni(a)pengumpulandata(b)reduksidata(c)penyajiandataserta(d)penyimpulandanverifikasidata.AnalisisdatadalampenelitianinidigunakanteoripragmatikLeechyangterdiriatas(a)maksimkearifan(b)maksimkedermawanan(c)maksimpujian(d)maksimkerendahanhati(e)maksimkesepakatandan(f)maksimsimpati.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwasiswaSMPNegeri17Malangtelahmenggunakankesantunanberbahasadalampelaksanaandiskusi.PemenuhankesantunanberbahasadalamdiskusikelassiswaSMPNegeri17Malangtampakdengandigunakannyamaksim-maksimkesantunanberbahasa.Dalamhalmaksimkearifan(1)penggunaankatasantunmohon(2)penggunaankataharap(3)penolakanpendapatsecaratidaklangsung(4)penggunaankatamaaf(5)penggunaankatatolong(6)tidakadanyapemaksaandalamlalulintasdiskusidan(7)pemenuhanhakdankewajibanyangsama.Dalamhalmaksimkedermawanantampakketika(1)memerintahdengantuturantidaklangsungataumenggunakankatasilakandan(2)penggunaanucapanterimakasih.Dalamhalmaksimpujian(1)pujianataspresentasimakalah(2)pujianpertanyaanyangmunculsaatdiskusidan(3)pujiankepadapelaksanadiskusi(moderatorpemateridanpesertadiskusi).Dalamhalmaksimkerendahanhati(1)tidakmenonjolkankelebihandirisendiridan(2)berprasangkabaikkepadapesertadiskusi.Dalamhalmaksimkesepakatan(1)pemberiandukunganpadapendapatyangbenardan(2)penerimaanpendapatoranglain.Dalamhalmaksimsimpati(1)pemberianrasasimpatipadaoranglaindan(2)mengisikekosonganuntukmemperolehsimpati.PenyimpangankesantunanberbahasadalamdiskusikelassiswaSMPNegeri17Malangtampakketikatidakdipenuhinyamaksim-maksimkesantunanberbahasa.Dalamhalmaksimkearifan(1)adanyapemaksaandalamlalulintasdiskusi(2)penolakanpendapatsecaralangsungdan(3)menyelapembicaraanoranglaintanpamenggunakankatamaaf.Dalamhalmaksimkedermawananketikamemberikanperintahsecaralangsungkepadapemateri.Dalamhalmaksimpujianketikadalamdiskusiadakecamansecaralangsungterhadappelaksanadiskusi.Dalamhalmaksimkerendahanhatidalamdiskusikelasketika(1)menonjolkankelebihandirisendiridan(2)prasangkaburukkepadapesertadiskusi.Dalamhalmaksimkesepakatandalamdiskusikelasketikatidakmemberidukunganpadapendapatyangbenar.Dalamhalmaksimsimpatitampakketikatidakmemberikansimpatipadaoranglain.Berdasarkanhasilpenelitiandiajukanbeberapasaranyangditujukankepadapihak-pihakyangterkaitdenganpenelitianini.BagiKepalaSekolahuntukmenekankankesantunanberbahasaketikasupervisiagarkesantunanberbahasamenjadibudayadalaminteraksibelajarmengajar.BagigurukhususnyagurubahasaIndonesiadapatdigunakansebagaistrategisekaligusmenjadimodelbagisiswacaraberbahasayangsantunketikamengemukakanpendapatmenolakpendapatdanbertanya.Bagisiswapenelitianinidapatdigunakansebagaiacuanuntukberbicarasantunketikamelaksanakandiskusikelasketikamengemukakanpendapatmenolakpendapatdanbertanya.Bagipenelitilainhasilpenelitianinidapatdigunakansebagaiacuandalampenelitiansejenistentangkesantunanberbahasatetapidengankonteksmetodedanteoriberbeda.PenelitianyangbisadilakukanmisalnyamenelititentangkesantunanberbahasadalamdiskusikelasdenganteorikesantunanberbahasayangdikemukanBrownandLevinson.Dengandemikianakanmemperkayakajianpragmatikkhususnyatentangkesantunanberbahasa.