Pengembangan perangkat penilaian autentik kompetensi menulis berbasis teks kelas VIII SMP/MTs dalam implementasi kurikulum 2013 / Siti Rukayah
Main Author: | Rukayah, Siti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/58061/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKRukayahSiti.2015.PengembanganPerangkatPenilaianAutentikKompetensiMenulisBerbasisTeksKelasVIIISMP/MTsdalamImplementasiKurikulum2013.Tesis.PendidikanBahasaIndonesia.PascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.Hj.TitikHarsiatiM.PdPembimbing(II)Prof.Dr.SumadiM.Pd.KataKuncipengembanganpenilaianmenulisPenilaianmerupakansalahsatuaspekyangmengalamiperubahanpadaimplementasikurikulum2013.Implementasikurikulum2013dilaksanakansejaktahun2013.Padaawalimplementasikurikulum2013perludilakukanpenelitianpadaaspekpenilaiankhususnyapenilaiankompetensimenulis.Berdasarkanstudipendahuluanditemukanfaktadilapanganbahwa(1)terkaitdenganpenilaiansikapgurubelummerancangaspeksikapyangakandinilaidalamketerampilanmenulis(2)terkaitdenganpenilaianketerampilangurubelummenggunakanrubrikyangrinciuntukmenilaitekskaryapesertadidikdan(3)terdapattugasmenulisyangberupatespilihanganda.DalampenelitianpengembanganinidigunakangabunganmodelpenelitiandanpengembanganResearchandDevelopment(RD)yangdikemukakanolehBorgGall(1983775-786)danmodelpengembanganinstrumenpenilaianyangdiungkapkanolehDjaaliMuljono(200860-62).Hasilgabungandarikeduamodeltersebutyaituprosedurpenelitiandanpengembangandenganlangkah-langkah(1)melakukananalisiskebutuhan(2)melakukankajianteoridandokumenkurikulum(3)membuatpemetaanpenilaiansikapRPPdankisi-kisitugas(4)membuatdrafperangkatpenilaianyangberupatugasmenulisCDpenunjangrubrikpenilaianketerampilanrubrikpenilaiansikaprubrikpenilaiansebayarubrikpenilaiandiridanbukupanduan(5)melakukanujiproduk(6)melakukanrevisiprodukdan(7)menyempurnakandrafperangkatpenilaian.ProdukdaripengembanganadalahperangkatpenilaianautentikkompetensimenulistekskelasVIIISMP/MTs.Adaduaprodukyangdihasilkanyakni(1)bukutugasautentikmenulisteksuntuksiswadan(2)bukupanduanpenilaianautentikuntukguru.Bukutugasautentikmenulisteksuntuksiswaterdiriataslimabukuyaitubukutugasautentikmenulisteksceritamoral/fabelteksulasanteksdiskusiteksceritaprosedurdanteksceritabiografi.Masing-masingbukutugasberisitugasmenulisteksrubrikpenilaiansebayadanrubrikpenilaiandiri.Bukupanduanpenilaianautentikuntukguruberisikarakteristikpenilaianpemetaanpenilaiansikappanduanpenilaiandandilampirirubrikpenilaiansikaprubrikpenilaianketerampilanrubrikpenilaiansebayadanrubrikpenilaiandiri.BukupanduandisertaidenganRPPdanCDpenunjangtugasmenulis.Ujiprodukdilakukanmelaluiujiahlipraktisidansiswa.Ujiprodukpadaahlidanpraktisidilakukanuntukmengetahuitingkatkelayakanprodukdarisegivalidasiisivalidasikonstrukdanketerterapan.Ujiprodukpadasiswadilakukanuntukmengetahuiresponsiswasetelahmenggunakanproduksertauntukmemperolehdataskormenulisteksyangdigunakandalamanalisisreliabilitas.Hasilujiprodukmenunjukkanbahwaprodukbukutugasautentikmenulisteksceritamoral/fabeldariaspekvaliditasisimencapai94%validitaskonstruk74%keterterapan85%danreliabilitas0831.Produkbukutugasautentikmenulisteksulasandariaspekvaliditasisimencapai99%validitaskonstruk86%keterterapan96%danreliabilitas0850.Produkbukutugasautentikmenulisteksdiskusidariaspekvaliditasisimencapai100%validitaskonstruk86%keterterapan90%danreliabilitas0751.Produkbukutugasautentikmenulisteksceritaprosedurdariaspekvaliditasisimencapai97%validitaskonstruk89%keterterapan98%danreliabilitas0872.Produkbukutugasautentikkompetensimenulisteksceritabiografidariaspekvaliditasisimencapai99%validitaskonstruk83%keterterapan84%danreliabilitas0803.Adapunprodukbukupanduandariaspekkelayakanisidanketerterapanmencapai83%.Berdasarkanhasilujiprodukdilakukanrevisi.Revisipadabukutugassecaraumummencakup(1)pengubahankatapengantardan(2)pengubahankalimatperintah.Revisipadabukupanduanmencakup(1)penambahanpengantarpadaawalbab(2)penambahanpetunjukumum(3)penambahanketeranganyangmengacupadapenggunaankomponenlain(4)pengubahankegiatanintipadaRPPmenulis(sebelumulangan/penilaian)dan(5)penggantianvideofabeldengangambar.Berdasarkanhasilujiproduktersebutdapatdiketahuibahwaperangkatpenilaianyangdikembangkanlayakuntukdiimplementasikan.Produkyangdihasilkandalampenelitianinidiharapkandapatbermanfaatbagigurupenelitilaindanpenulis.Bagiguruprodukinidiharapkandapatdigunakandilapangandansebagaibahandiskusiuntukmelakukanpengembanganperangkatpenilaianselanjutnya.Bagipenelitilainprodukinidiharapkandapatmenjadipedomanbagipenelitilainyangmelakukanpenelitianserupasehinggaterwujudperangkatpenilaianyanglebihsempurna.Bagipenulisprodukinibisamemberikantambahanpengetahuandanwawasankeilmuansertamenjadimotivasiuntukterusbelajardanmengembangkanprodukperangkatpenilaianpadakesempatanyanglain.