Deiksis waktu dalam karangan narasi siswa kelas XII MAN 3 Tulungagung tahun pelajaran 2014/2015 / Lailiyatus Sa'diyah
Main Author: | Sa'diyah, Lailiyatus |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/58043/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSadiyahLailiyatus.2015.DeiksisWaktudalamKaranganNarasiSiswaKelasXIIMAN3TulungagungTahunPelajaran2014/2015.TesisS2PendidikanBahasaIndonesiaProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.SunaryoHSS.H.M.Hum(II)Dr.SunotoM.Pd.KataKunciDeiksiswaktukarangannarasisiswaDeiksiswaktudapatditemukanpadabahasalisanmaupuntulis.Penelitianinidifokuskanpadabahasatulisyangterdapatpadawacanaberupakarangannarasi.KarangannarasidipelajaripadamatapelajaranbahasaIndonesiaditingkatSMA.PenggunaandeiksiswaktupadakarangannarasiditingkatSMAbelumpernahdiketahuibentukjenisdanmaknabentuknya.Olehsebabituperludilakukanpenelitianuntukmengetahuipenggunaandeiksiswaktu(bentukjenisdanmaknabentuk)dalamkarangannarasitulisansiswakelasXIIMAN3TulungagungTahunpelajaran2014/2015.Selainituberdasarkanpertimbanganfilosofispenelitiandeiksiswaktudipilihkarenadatanyalebihbervariasidansecaratidaklangsungsudahmengenapadadeiksispersonadandeiksisruang.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatif.Pendekatankualitatifdipilihkarenasesuaidenganjenispenelitiandeskriptifyaitumendeskripsikandeiksiswaktu(bentukjenisdanmaknabentuk)berupakatadankontruksisintaksis(fraseataulebihdarifrase)dalamkarangannarasitulisansiswa.PadakepentingantersebutpenelitiberkedudukansebagaihumaninstrumenyaitumembacaberulangdanmendalamterhadapsumberdatakarangannarasisiswakelasXIIMAN3Tulungagung.Dengantindakantersebutdiperolehdataberupakataataukonstruksisintaksis(fraseataulebihdarifrase)yangmenandaiadanyadeiktisdalamteksnarasitulisansiswakelasXIIMAN3TulungagungTahunPelajaran2014/2015.Datatersebutdianalisisdenganproseduralir(Flowmodelanalysis).BerdasarkanpaparandatatemuanpenelitiandisimpulkandeiksiswaktupadakarangannarasisiswakelasXIIMAN3Tulungagungmenggunakanleksemwaktuyangdeiktis.Leksemwaktudeiktisyangdigunakanberupadeiksiswaktubentukkatadanfrasedantermasukjenisdeiksiswaktukiniwaktulampaudanwaktuakandatang.leksemwaktudeiktisyangdigunakansiswadalamkarangannarasiyangmenandaijeniswaktukinidanlampauadayangdapatdirangkaikandengankatainiseperti(sekarangini)danadapulayangdirangkaikandengankataituseperti(soreitu).Selainituleksemwaktuyangdigunakandalamkarangannarasiberupabentukdeiksisreduplikasiseperti(pagi-pagitiba-tiba).Deiksiswaktuyangmemilikijangkauanyangsulitdiberikanbatasnyapadakarangannarasiseperti(nantikelaktadidandulu).Tanpadikaitkandenganwaktulampaukatakinitidakdapatberdirisendirimenunjuksaattuturan.dankatakinimemilikidistribusiterbatasdibandingkandengankatasekarang.Katalaludigunakanuntukmemarkahikelanjutanperistiwadalamcerita.Sedangkankatakemudiandigunakansebagaikonjungsiyangmenekankanpadahalyangmemperlawankanwaktusebelumnyadenganwaktuberikutnya.Selainitukatakemudiandapatdigunakansebagaipemarkahwaktuyangakandatangakantetapitidakdapatberdirisendiriberbedahalnyadengankatananti.Preposisipadadanditidakselaludapatsalingmenggantikansebagaikatagantiketeranganwaktu.Berdasarkanhasilanalisisdapatdiberikantigasaran.SaranpertamayangdapatdiberikankepadagurumatapelajarankhususnyabahasaIndonesiasupayalebihseringlagimelatihsiswadalamkegiatankarang-mengarangkhususnyadalambentukkarangannarasimenggunakanbentukjenismaknabentukdeiksiswaktuyanglebihbenardantepatdalammenggunakandeiksiswaktu.Karangannarasitulisansiswabelumbanyakyangmenggunakankalimatlangsung-taklangsungsehinggapenggunaandeiksiswaktumasihbelummaksimaldalampemakaiannya.Sarankeduabagisiswasupayalebihmeningkatkanlagiketerampilanmenuliskhususnyamenuliskarangannarasidenganmemperhatikandanmenggunakandeiksiswaktudenganbaikdanbenar.Saranketigabagipenelitiselanjutnyauntukmelakukanpenelitiandeiksispersonadeiksisruangdeiksiswaktudalamwacanasastra.