Peningkatan kemampuan musikalisasi puisi siswa kelas IXD SMP Negeri 3 Labuapi Lombok Barat dengan teknik pemodelan / Mas,ad

Main Author: Mas, Ad
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Online Access: http://repository.um.ac.id/57995/
Daftar Isi:
  • Masad.2014.PeningkatanKemampuanMusikalisasiPuisiSiswaKelasIXDSMPNegeri3LabuapiLombokBaratdenganTeknikPemodelan.TesisProgramStudiPendidikanBahasaIndonesiaPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.RoekhanM.Pd.(II)Dr.EndahTriPriyatniM.Pd.KataKuncikemampuanmusikalisasipuisipemodelanHasilpengamatanpembelajaranBahasaIndonesiakelasIX.DSMPNegeri3Labuapimenunjukkanbahwanilaikemampuanmusikalisasisiswatergolongmasihdibawahnilairata-rataKKMataukurangdari65.SecaraklasikaljugamenunjukkanbahwaangkaketuntasansiswakelasIXDuntukmaterimusikalisasipuisihanya80%ataumasihdibawahstandarketuntasanklasikalyangditetapkansebesar85%.Pencapaianrata-rataKKMyangmasihdibawah65danangkaketuntasanklasikalyangmasihdibawahstandarsalahsatunyadisebabkanolehketidaktepatanmodelpembelajaranyangdigunakanguru.Pembelajaranmusikalisasipuisimasihdilakukansecarakonvensionaldimanasiswahanyamenjelaskandanmencatatmateriyangadadibuku.Akibatnyasiswamenjadikurangtermotivasidalammengikutiprosespembelajaranyangkurangmenarikdanmonoton.Kurangmenariknyapembelajaranmemusikalisasipuisiinimembuatsiswamenjadipasifdantidakbisaterlibatsecaraintensdalamprosespembelajarandikelas.Perbaikanpembelajaranmusikalisasipuisiperludilakukanagarkemampuanmusikalisasipuisisiswadapatberkembangsecaraoptimal.Penggunaanmodelpembelajaranyangtepatadalahsalahsatusolusiagarpembelajaranmusikalisasipuisilebihmenarikbagisiswa.Pembelajarandenganteknikpemodelandipandangtepatuntukmengajarkanmusikalisasipuisikepadasiswa.Penelitianinibertujuanuntukmenjelaskanpeningkatkankemampuanmusikalisasipuisisiswadenganteknikpemodelan.12288122881228812288PendekatanpenelitianyangdigunakanadalahgabunganantarapenelitiankualitatifdankuantitatifdengandesainpenelitiantindakankelasyangbersifatkolaboratifyaknipenelitisebagaipembuatdesaindanpengamatsertagurumatapelajaranbahasaIndonesiakelasIX.Dsebagaigurumodel.PenelitianinidilaksanakandiSMPNegeri3LabuapidengansubyekpenelitiansiswakelasIX.Dsemesterganjiltahun2013/2014yangberjumlah20siswaterdiridari8siswalaki-lakidan12siswaperempuan.Datadikumpulkanselamaprosespembelajaranberupadataprosespembelajaranmusikalisasipuisidenganteknikpemodelandandatasetelahprosespembelajaranberupakemampuanmusikalisasipuisisebagaibentukhasilbelajarsiswa.Pengumpulandatadilakukanmenggunakanteknikobservasitesunjukkerjadanrubrikpenilaianpuisi.1228812288122881228812288Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)penerapanteknikpemodelanpadapembelajaranmusikalisasipuisidikelasIX.DSMPNegeri3LabuapibaikolehgurumaupunsiswaterlaksanadenganbaikpadasetiaptahapnyabaikfaseperhatianretensireproduksimaupunfasemotivasidimanaketerlaksanaanpembelajaranpadasiklusImencapai711%(cukup)meningkatmenjadi88%padasiklusIIataumengalamipeningkatansebesar14%.MeskipunpadasiklusImasihbelummaksimalnamuntelahdilakukanperbaikanpadasiklusIIterutamadalammembimbingdiskusisiswa.(2)penerapanteknikpemodelanpadapembelajaranmusikalisasipuisidikelasIX.DSMPNegeri3LabuapidapatmeningkatkankemampuanmemahamiisipuisisiswadimanapadasiklusInilairata-rataskorkemampuansiswamemahamiisipuisiadalahsebesar87(kategoribaik)danmeningkatsebesar6%menjadi92(kategoribaik)padasiklusII.(3)penerapanteknikpemodelanpadapembelajaranmusikalisasipuisidikelasIX.DSMPNegeri3LabuapidapatmeningkatkankemampuanmenentukansuasanapuisiolehsiswadimanapadasiklusInilairata-rataskorkemampuansiswamenentukansuasanapuisiadalahsebesar68(kategoricukupbaik)danmeningkatsebesar20%menjadi82(kategoribaik)padasiklusII(4)penerapanteknikpemodelanpadapembelajaranmusikalisasipuisidikelasIX.DSMPNegeri3LabuapidapatmeningkatkankemampuanmenentukaniramapuisisesuaiisidansuasanaolehsiswadimanapadasiklusInilairata-rataskorkemampuansiswamenentukaniramapuisiadalahsebesar71(kategoricukupbaik)danmeningkatsebesar32%menjadi94(kategoribaik)padasiklusIIdan(5)penerapanteknikpemodelanpadapembelajaranmusikalisasipuisidikelasIX.DSMPNegeri3LabuapidapatmeningkatkankemampuanmenyanyikanpuisisesuaiiramaolehsiswadimanapadasiklusInilairata-rataskorkemampuansiswamenyanyikanpuisiadalahsebesar83(kategoribaik)danmeningkatsebesar6%menjadi88(kategoribaik)padasiklusII.Saranyangdiberikanadalah(1)gurumatapelajaranbahasaIndonesiakhususnyadiSMPNegeri3Labuapihendaknyaberupayauntukmenerapkanteknikpemodelanpadapembelajaranmemusikalisasipuisikarenaberdasarkanhasilpenelitiandiketahuibahwadenganpenerapanteknikpembelajaraninikonsep-konsepmemusikalisasipuisidapatdiintegrasikandalamkontekskehidupannyatasehinggasiswajugadapatmemahamiapayangdipelajarinyadenganlebihbaikdanmudah(2)pembelajaranmusikalisasipuisiolehgurukhususnyadiSMPNegeri3Labuapidenganteknikpemodelanhendaknyamemperhatikanjenismusikyangakanmenjadimodelterutamajenis-jenismusikpopmasakinidaripenyanyi-penyanyimudaataugrupbandremaja(3)pembelajaranmusikalisasipuisihendaknyajugadapatdilaksanakandenganmenerapkanmodel-modelpembelajarankooperatifataumodelpembelajarankontekstuallainnyasehinggalebihmenyenangkanbagisiswaataudapatjugadilakukankombinasidenganberbagaijenismediapembelajaranaktiflainnya(4)bagipenelitilainhasilpenelitianinidiharapkandapatdijadikanreferensiuntukmelakukanpenelitian-penelitiansejenisdimasa-masayangakandatangterutamadalamhalpengembanganpembelajaranmemusikalisasipuisi.