Interferensi morfologis bahasa Bima ke dalam bahasa Indonesia pada karangan narasi siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Woja Kecamatan Woja Kabupaten Dompu Provinsi Nusa Tenggara Barat / Kisman

Main Author: Kisman
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Online Access: http://repository.um.ac.id/57985/
Daftar Isi:
  • Kisman2014.InterferensiMorfologisBahasaBimakedalamBahasaIndonesiapadaKaranganNarasiSiswaKelasVIIISMPNegeri4WojaKecamatanWojaKabupatenDompuProvinsiNusaTenggaraBarat(NTB).TesisJurusanPendidikanBahasaIndonesia.PascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.SunaryoH.S.S.H.M.Hum.(II)Dr.RoekhanM.Pd.KataKunciinterferensimorfologisbahasaBimabahasaIndonesiakarangannarasisiswaPembelajaranbahasaIndonesiadiSMPNegeri4Wojaseringmengalamihambatan.HalinidisebabkansikapbahasasiswayangkurangpositifdankurangbanggaterhadapbahasaIndonesia.Kecenderungansikapbahasasepertiinidapatdipandangsebagailatarbelakangmunculnyainterferensibahasapertamaterhadapbahasakedua.TujuanpenelitianiniadalahuntukmendeskripsikanbentukjenisdanfaktorpenyebabterjadinyainterferensimorfologisBBkedalamBIpadakarangannarasisiswakelasVIIISMPNegeri4WojaKecamatanWojaKabupatenDompuProvinsiNusaTenggaraBarat(NTB).Penelitianinimenggunakanmetodedeskriptifkualitatif.Teknikyangdigunakanuntukmenjaringdatamenggunakantekniktes.TekniktesdigunakanuntukmendapatkandatabentukdanjenisinterferensimorfologisBBkedalamBIpadakarangannarasisiswasedangkanangketwawancaradanobservasidugunakanuntukmenjaringdatafaktorpenyebabterjadinyainterferensi.Analisisdatamenggunakanpendekatankualitatif.DatapenelitianyaitudatainterferensimorfologisBBkedalamBI.SumberdatanyabersumberdarikarangannarasisiswakelasVIIISMPNegeri4WojaKecamatanWojaKabupatenDompuProvinsiNusaTenggaraBarat(NTB).HasilpenelitianiniakandapatmenjawabpermasalahanyangdituangkanpadafokuspenelitiansepertibentukjenisdanfaktorpenyebabinterferensimorfologisBBkedalamBIpadakarangannarasisiswakelasVIIISMPNegeri4WojaKecamatanWojaKabupatenDompuProvinsiNusaTenggaraBarat(NTB).Adapunbentukinterferensimorfologisyakniinterferensimorfologisbentuktunggalinterferensimorfologisbentukkompleksinterferensimorfologisbentukpengulanganakardaninterferensimorfologisbentukpengulanganberimbuhan.LagipulaadatujuhbelasjenisinterferensimorfologisBBkedalamBIpadakarangannarasisiswakelasVIIISMPNegeri4WojaKecamatanWojaKabupatenDompuProvinsiNusaTenggaraBaratyakniinterferensipelesapanprefiksb399r-interferensipelesapanprefikst399r-interferensipelesapanprefikss399-interferensipelesapankonfiksm399N-iinterferensipelesapankonfiksm399N-kaninterferensipelesapankonfiksp399r-aninterferensipelesapansufiks-aninterferensipelesapansufiks-kaninterferensipenggantianprefiksb399r-interferensipenambahanprefiksb399r-interferensipenambahanprefikss399-interferensisufiks-nyasebagaipenggantibentukinterferensisufiks-nyasebagaipenggantileksikaltertentuinterferensireduplikasipelesapanprefiksm399-interferensireduplikasipelesapanprefiksb399r-interferensireduplikasipelesapansufiksan-daninterferensireduplikasipenggantifrase.FaktorpenyebabterjadinyainterferensimorfologisBBkedalamBIdikarenakanolehfaktorinternaldanfaktoreksternal.FaktorinternalialahadanyapersamaancirimorfologisBBdenganBIadanyaperbedaancirimorfologisBBdenganBIdanadanyapenggunaansistemmorfologisBBkedalamBI.Sebaliknyafaktoreksternalmencakuppenguasaanbahasafaktorsikapbahasafaktorsituasipembelajaranbahasadanfaktorsosial.ParapengajarBISMPN4WojahendaknyalebihmemperhatikantulisansiswayangberhubungandenganbentukdanmaknagramatikalyangdibuatolehsiswaketikapelajaranBIituberlangsungagarmasalahinterferensiBBdalampemakaianBIsiswaakandapatdiatasidanberkurang.ParapengajarBIsiswaSMPN4WojahendaknyalebihmenekankanataulebihmenelitipenguasaanBIsiswabaiksecaralisanmaupuntertulisdanlebihkhususmengenaimorfologis.KarenadenganterlaksananyakontinuitasperhatianguruBItersebutberartisiswaSMPN4Wojaakanberusahabelajardenganlebihtekunsehinggamasalahinterferensiakanlebihteratasi.LagipulaparapengajarBISMPN4WojahendaknyalebihmemperhatikanpemakianBukuPedomandankurikulum2013tentangpelaksanaanpengajaranBIkepadasiswayangmempunyaibahasaibuselainBI.Materiyangterdapatdalamperpustakaansekolahbaikberupabuku-bukupaketmaupunberdasarkanusahalainnyahendaknyadisebarkandandiusahakansupayadibacaolehsiswasecaramerata.KepadaparapeneliitiselanjutnyadisarankanagardapatmelakukanpenelitianserupasebagaiupayauntukmengkajilebihlengkapdanmendalamtentangBIsiswa.PenelitianlanjutansangatdiperlukanuntukmengetahuiperkembanganBIpadamasasekarangdanmasayangakandatang.