Konstruksi nilai pendidikan keimanan Islam dalam prosa fiksi Kecil-kecil punya karya / Muyassaroh
Main Author: | Muyassaroh |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/57979/ |
Daftar Isi:
- Muyassaroh.2011.KonstruksiNilaiPendidikanKeimananIslamdalamProsaFiksiKecil-KecilPunyaKarya.TesisJurusanPendidikanBahasaIndonesiaProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.YuniPratiwiM.Pd.(II)Prof.Dr.WahyudiSiswantoM.Pd.KataKuncikonstruksinilaipendidikanIslampendidikankeimananIslamprosafiksi12288122881228812288ProsafiksimerupakansalahsatugenresastrayangmenceritakanberbagaimasalahkehidupanmanusiadalaminteraksinyadenganlingkungandansesamainteraksinyadengandirisendirisertainteraksinyadenganTuhan.Fiksimerupakanhasildialogkontemplasidanreaksipengarangterhadaplingkungan.Walauberupakhayalantidakbenarjikafiksidianggapsebagaihasilkerjalamunanbelakamelainkantelahmelaluipenghayatandanperenungansecaraintensperenunganterkaithakikathidupdankehidupanperenunganyangdilakukanpenuhkesadarandantanggungjawab.12288122881228812288SalahsatubentukprosafiksiyangberedardimasyarakatadalahceritaanakKecil-KecilPunyaKarya(KKPK)yangditulisolehanak-anakyangmenceritakanataumembicarakankehidupanmereka.Ideceritaitulebihbanyakdiangkatdaripengalamansehari-hariyangmerekaalamiuntukkemudiandikembangkandenganimajinasinya.Hanyasajadalamcerita-ceritaKKPKiniditemukanbanyakmembicarakandanmengajarkannilai-nilaikehidupanyangditawarkankepadapembaca.OlehkarenaitupenelititertarikuntukmengkajiberkaitandengannilaipendidikankeimananIslamyangdilakukanolehparatokohorangtuaketikamengajarkanataumenanamkankeimananIslamkepadaanak-anaknya.12288122881228812288PenelitianinisecaraumumbertujuanmendeskripsikankonstruksinilaipendidikankeimananIslamyangterdapatdalamprosafiksiKecil-KecilPunyaKarya.Secarakhususpenelitianinibertujuanmendeskripsikan(1)nilaipendidikankeimananyangditanamkantokohorangtuakepadaanak-anaknya(2)unsurkaryasastrayangdigunakanpengarangdalammenanamkannilaipendidikankeimananIslamdan(3)konstruksinilaipendidikankeimananIslamyangditempuhtokohorangtua.12288122881228812288Penelitimenggunakanpendekatankualitatifdenganmodelhermeneutik.PengumpulandatadilakukandenganteknikstudidokumentasikarenasumberdatapenelitianiniberupadokumenberupateksprosaKecil-KecilPunyaKaryasebanyak12judulyangdiperkirakanmengandungnilai-nilaipendidikankeimananIslam.Instrumendalampenelitianiniadalahpenelitisebagaiinstrumenutamadantabelkodifikasisebagaiinstrumenpendukung.Analisisdatadilakukandenganmengklasifikasidatamendeskripsikanhasilklasifikasidatamenganalisisdatadanmenginterpretasidata.Reduksidatadilakukandenganpengumpulandatamengklasifikasidatamenginterpretasidatadanmendeskripsikanhasilinterpretasi.Tahappenelitiandibagimenjadipersiapanpelaksanaandanpenyelesaian.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)pendidikankeimananmerupakanpendidikanpertamadanutamayangdiberikantokohorangtuakepadaanak-anaknya(2)unsurkaryasastrayangdigunakanpengarangdalammenanamkannilaipendidikankeimananIslamadalantokohlatardanamanatdan(3)konstruksipendidikankeimananIslamyangdilakukanorangtuakepadatokohanak-anakterdiridaripengenalanpemahamanpembiasaandanperilaku.Nilaipendidikankeimananterdiridari(a)keimanankepadaAllah(b)keimanankepadamalaikat(c)keimanankepadaAlQuran(d)keimanankepadaRasulullah(e)keimanankepadahariakhirdan(f)keimanankepadatakdir.12288122881228812288KeimanankepadaAllahmencakupkeyakinanterhadapkeberadaanAllahdankekuasaanAllah.Keimanankepadamalaikatdibuktikanmelaluikeberadannyayangmencatatamalperbuatanmanusia.KeimanankepadaAlQurandiwujudkandenganmenjadikannyapedomanhidupdanberusahamempelajaridanmengamalkanisinya.KeimanankepadaRasulullahdenganmengakuikebenaranrisalahyangdibawanyadanmenjadikanBeliauteladandalamkehidupan.Keimanankepadahariakhirberupakeyakinanakanadanyaperhitunganamaldanharikebangkitan.KeimanankepadatakdirmeliputikeyakinanterhadapkematiandanbaikburukketetapanAllah.12288122881228812288Unsurkaryasastrayangdigunakanpengarangdalammenanamkannilai-nilaikeimananIslamadalahtokohlatardanamanat.Pengarangmemilihtokohnyauntukdijadikancontohindividuyangmengamalkannilaikeimananyangdapatditirupembaca.SedangkanlataryangdigunakanuntukmenanamkandanmenerapkannilaikeimananmeliputipondokpesantrenmasjidsekolahIslamrumahpelaksanaansalatlimawaktudansepertigamalam.Amanahberupanasihatdampesanpengarangkepadapembacanyauntukmengamalkannilaikeimanandalamhidup.12288122881228812288KonstruksipendidikankeimananIslamyangdilakukanorangtuakepadatokohanak-anakterdiridaripengenalanpemahamanpembiasaandanperilaku.Tahapanpengenalaninidilakukanpadausiaamir(07tahun)yaitudenganmengenalkanberbagaiperintahAllahlaranganAllahAlQuransebagaipedomanhidupRasulullahsebagaiteladankeberadaantakdirAllahdankeberadaansurgasebagaitempatmuliadisisiAllah.Tahapanpemahamandilakukanpadausiaasir(714tahun)yangmengharuskanorangtuatelahmembentukpemahamanterkaitibadah-ibadahyangdijalankananak-anaknyadanalasanseorangmuslimharusterikatsyariahAllah.TahapanpembiasaandilakukanolehorangtuadansekolahagarterbentukkebiasaanIslamdalamdirianak-anak.Keteladananorangtuadiperlukandalampembiasaaninisekaligussanksijikaditemukanpelanggaran.TahapanperilakumerupakanperwujudankeimananyangkuatkepadaAllahuntukmengabdikepadaAllahdengancaramengikatkandirikepadasyariat-Nya.12288122881228812288Berdasarkanhasilpenelitiandisarankankepada(1)guruuntukmenggunakansastraanakdalampembelajaranapresiasisastrakhususnyadalammengajarkannilai-nilaiIslamkepadaanak-anak(2)pembacadiharapkandapatmemberigambarantentangnilaipendidikankeimananIslamyangharusdiberikanorangtuakepadaanak-anaknyadan(3)penelitiberikutnyayangmelakukanpenelitianyangsejenisdiharapkandapatmenggunakanpenelitianinisebagaidasarataureferensipenelitiansastraanaklebihlanjuttentangnilai-nilaipendidikankeimananIslamyangterdapatdalamceritaanaklainnyauntukditemukanpolayangtepatdalammengajarkannilaikeimananpadaanak-anakyangtidakmenggurui.