Penggunaan strategi catalisting untuk meningkatkan kemampuan menulis esai mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia Fakultas Sastra dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta / Setyawan Pujiono
Main Author: | Pujiono, Setyawan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/57939/ |
Daftar Isi:
- TesisJurusanPendidikanBahasaIndonesiaProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.Suparno(II)Dr.NurhadiM.Pd.KatakuncipembelajaranmenulismenulisesaistrategiCatalisting.Penelitianinibertujuanuntuk(1)meningkatkankemampuanmenulisesaimahasiswamelaluistrategiCatalistingpadatahapmengembangkansubtansiisi(2)meningkatkankemampuanmenulisesaimahasiswamelaluistrategiCatalistingpadatahapmengorganisasikarangandan(3)meningkatkankemampuanmenulisesaimahasiswamelaluistrategiCatalistingpadatahapmengembangkantulisan.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelasdenganprosedurpenelitianberupaperencanaantindakandanrefleksi.SubjekpenelitianiniadalahmahasiswakelasAJPBSIFBSUNYangkatan2009pesertaMatakuliahMenulisFaktualyangberjumlah23orang.Teknikpengumpulandatayangdigunakandalampenelitianiniberupahasilpengamatanwawancaradandokumentasi.Instrumenyangdigunakandalampenelitianmeliputipedomancatatanlapanganpedomanwawancarapedomanrubrikpenilaiandanangket.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaterjadipeningkatankemampuanmahasiswapadatahapmengembangkansubtansiisimengorganisasimasalahdanmengembangkantulisan.Padatahapmengembangkansubtansiisisiklus1dosentidakmenjelaskantujuanmembacaesaimodelsertatidakmenjelaskancaramengembangkanmasalahdansolusi.Akibatnyamahasiswakesulitanmenemukandanmengembangkansubtansiisikarangannya.Padasiklus2dosenmengarahkanmahasiswauntukmemfokuskanmembacapadabagianisimenandaibagian-bagianyangpentingdanmengarahkanmahasiswauntukmenemukansubtansiisikarangan.Hasilnyamahasiswamampumengembangkansubtansiisikarangan.Padatahapmengorganisasimasalahsiklus1dosentidakmenjelaskanlangkah-langkahpembelajaransertatidakmemberikancontohcaramengorganisasimasalah.Akibatnyamahasiswabelummampumenyusunkerangkakarangansesuaidenganyangdiharapkan.Padasiklus2dosensudahmelakukanprosespembelajaransesuaidengansekenariopembelajaranyangtelahdisusun.Dosenmemberikancontohcaramenemukanmasalahdanmengorganisasimasalahdalamkerangkakarangan.Hasilnyamahasiswamampumenemukanmasalah-masalahbarudanmampumengorganisasimasalahdalamkerangkakarangansecaralogis.Padatahapmengembangkantulisanpadasiklus1dosenhanyamengarahkanmahasiswamenulisesaidarijudultesismasalahdansolusi.Dosentidakmemberikancontohcaramemilihkatamenyusunkalimatparagrafdanpenggunaanejaansertatandabacayangbenar.Akibatnyakaranganmahasiswaurutanmasalahnyamenjaditidaklogis.Selainituterdapathubunganantarkalimatkurangkohesifpenggunaankalimatkomplekskurangefektifdanbanyakkesalahanejaansertatandabaca.Padasiklus2dosenmengarahkanmahasiswauntukmenulisesaiberdasarkanpengembanganmasalahyangtelahdisusundalamkerangkakarangan.Sebelummengarangdosenmemberikanpengarahandancontohmenyusunkalimatparagraftatabahasadanpenggunaanejaansertatandabaca.Selainitudosenjugamenjelaskancarapengembanganmasalahdariparagrafawaltubuhdanakhirkarangan.Hasilnyamahasiswamampumengembangkantulisannyadenganurutanmasalahyanglogiskalimatefektifdantidakbanyakterjadikesalahanpenggunaanejaandantandabaca.