Pengembangan bahan ajar menulis cerpen dengan strategi dari cerpen ke cerpen siswa kelas X si SMAN I Malang / Sri Susilowati

Main Author: Susilowati, Sri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Online Access: http://repository.um.ac.id/57915/
Daftar Isi:
  • Pengembanganbahanajarmenuliscerpendenganstrategipemodelanadalahbahanajaryangmenyajikanmaterilatihandanberbagaipemodelan/contohcerpenyangdiharapkandapatmembantusiswadalammenuliscerpenyangmemfokuskanpadapengembanganperistiwadantokoh.Peristiwadantokohmerupakanunsurcerpenyangsalingberhubunganyangjugatidakterlepasdariunsur-unsuryanglainsepertilatargayasudutpandangdantema.Berdasarkanhaltersebutsecaraimplisitunsurcerpenperistiwadantokohdalambahanajarmenulisinisalingberhubungandansalingmenghidupi.Untukmencapaistandarkompetensimenuliscerpendalampembelajarandiperlukanstrategiyangtepat.StrategiyangdidugatepatdalampenelitianiniadalahstrategipemodelanDariCerpenkeCerpen(CKC)karenastrategitersebutmemberikankesempatankepadasiswauntukmengalamisendiri.OlehkarenaitudibutuhkanalternatifdalampembelajaranantaralaindenganmengembangkansilabusmengembangkanmateridalamprodukbahanajarmenuliscerpendenganstrategiDariCerpenkeCerpenpadasiswakelasXdiSMANegeriIMalang.Sehinggaprosesevaluasi/penilaianmenuliscerpendapatdianalisissesuaidenganstrategiDariCerpenkeCerpenpadasiswakelasXdiSMANegeriIMalang.Dalampembelajaranmenuliscerpentidakterlepasdaribimbingangurusehinggasiswamampumemilihtemamengembangkanidepokokmengembangkantokohbaiklangsungmaupuntidaklangsungmengembangkanperistiwamenyusundrafyangdikembangkandarikerangkadanmengeditnaskahcerpenataumerevisi.Kegiatanmenuliscerpendenganstrategipemodelandalambahanajarbertujuanagarsiswamengalamiprosesdalambeberapatahapankegiatanbelajar.Tahapankegiatanyangdilewatiitumeliputi(1)memilihtopik(2)mengembangkanidepokok(3)mengembangkantokohbaiklangsungmaupuntidaklangsung(4)mengembangkanperistiwa(5)menyusunkerangka(6)menuliscerpendan(7)mengeditataumerevisi.Untukmencapaistandarkompetensimenuliscerpendiperlukanstrategiyangtepat.StrategiyangtepatdalampenelitianiniadalahpemodelanDariCerpenkeCerpen(CKC)karenastrategitersebutmemberikankesempatankepadasiswauntukmengalamisendiri.Prosesbelajarsecaraalamiahmulaidenganlangkahmengamatisuatuobjeksiswamenemukanmasalahdanterdoronguntukbertanya.Pertanyaan-pertanyaanyangadadibenaksiswaakanmemotivasimerekauntukselalumencarijawabannya.StrategiDariCerpenkeCerpendapatditerapkanpadapembelajaranmenuliskhususnyamenuliscerpen.Dikatakandemikiankarenasalahsatumodeluntukmendapatkanbahancerpenadalahmelaluipengamatanbertanyamenemukanapayangtelahdiamatimengolahdanmemprosesnya.KegiatantersebutmerupakansalahsatukomponenyangterdapatdalamstrategiDariCerpenkeCerpen.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapenelitipenyusunansilabusdenganstrategipemodelanyangmeliputikomponenstandarkompetensikompetensidasarmateripembelajaranindikatorpenilaianalokasiwaktudansumberbelajarhaltersebutbertujuanagarpembelajaranterarahsesuaidenganalokasiwaktuyangditentukan.Penelitimerancangkegiatanpembelajaranyangmenyenangkandenganmenghasilkanprodukcerpenkaryasiswa.PengembanganmateritemadanlatihandalambahanajaryangdisesuaikandenganpenyusunansilabussangatefektifuntukmencapaiKompetensiDasarpengembanganmateritemadanlatihandalambahanajaryangdisesuaikandenganpenyusunansilabussangatefektifuntukmencapaikompetensidasar.Pemanfaatanbahanajartersebutmemenuhikebutuhansiswadalamprosespembelajaran.Penambahan/pengembanganmateridapatdilakukandenganmempertimbangkanlingkungansiswadanpengalamansiswa.Evaluasi/penilaianpembelajaranyangdigunakanpenelitiantaralainpenilaianhasildanpenilaianprosesmenuliscerpenberhasilkarenastrategipemodelanmampumengembangkanproseskreativitassiswamenuliscerpen.Penelitimelakukanevaluasipembelajaranmenuliscerpendenganmenyajikanlatihan-latihanpadasetiappembahasanmaterikarenahaltersebutsangatpentinguntukmengetahuitingkatpemahamansiswaterhadapmateriyangdisajikan.Dalamhalinisiswadilatihlebihbanyakdalammempraktikkanmenuliscerpenbukandituntutlebihbanyakuntukmenguasaiataumenghafalkanteoritentangbahasakarenaketerampilanmenulisitumerupakansuatuprosespertumbuhanmelaluibanyaklatihan.PengembanganbahanajardenganstrategipemodelanDariCerpenkeCerpenmenunjukkankesesuaiandenganasumsipenelitianyaknimelibatkanketerampilanberbahasalainnyasepertimembacasecaraterpadukarenamelibatkanberbagaiunsurbelajar.Haltersebutterbuktidalampenyajianbahanajarpenelitimemberikesempatankepadasiswauntukmemahamimaterimenuliscerpendenganteknikmembacacontohcerpenterlebihdahulusebelummenghasilkancerpenyangsempurna.Siswatermotivasiuntukmenuliscerpendengantemakehidupanmerekasesuaidenganpengalamansiswasehinggapembelajaranmenjadikontekstualdanbermaknasertamenyenangkanbagisiswa.Hasilujicobaolehujiahliantaralain(a)ahliisimenyarankanagartemadangambarpadasetiapindikatoryangtidakrelevandengantemaawalperludihilangkan.(b)Kelemahanutamadalampengembanganbahanajariniadalahdalammenyusunkegiatanmenuliscerpendanpenggunaanbahasa.Dalammenyusunkegiatanmenuliscerpenteori-teoriharusdiurutkankembalisesuaidengansaranahliisidanahlisastraagarsiswadapatsecarasistematismemahamilangkah-langkahdalammenuliscerpen.Selainhaltersebutperludilakukanpenyortiranteori-teoriyangtidakrelevandenganSKKDdanindikatormenulis.Menurutsaranahliisidansastrabahwateoridanlatihan-latihanharusdisesuaikandengantemayangdiambilyaknitentangkehidupan.(c)Ahlisastramenyarankanbahwakriteriadalaminstrumenpenilaianperludiperjelassehinggahasiltagihanmenuliscerpensiswamencapainilaimaksimal.(d)Ahlikelompokkecilsiswamenyarankanbahwawarnadangambardalambahanajaryangdikembangkanagarlebihmencolokkarenakurangmenyenangkan.SetelahmelaluitahapanrevisibahanajaryangdikembangkanpenelitimemperolehhasilyangmemuaskandanproduklayakuntukdimanfaatkandalampembelajaranbahasaIndonesia