Pengembangan bahan ajar menulis cerpen dengan strategi dari cerpen ke cerpen siswa kelas X si SMAN I Malang / Sri Susilowati
Main Author: | Susilowati, Sri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/57915/ |
Daftar Isi:
- Pengembanganbahanajarmenuliscerpendenganstrategipemodelanadalahbahanajaryangmenyajikanmaterilatihandanberbagaipemodelan/contohcerpenyangdiharapkandapatmembantusiswadalammenuliscerpenyangmemfokuskanpadapengembanganperistiwadantokoh.Peristiwadantokohmerupakanunsurcerpenyangsalingberhubunganyangjugatidakterlepasdariunsur-unsuryanglainsepertilatargayasudutpandangdantema.Berdasarkanhaltersebutsecaraimplisitunsurcerpenperistiwadantokohdalambahanajarmenulisinisalingberhubungandansalingmenghidupi.Untukmencapaistandarkompetensimenuliscerpendalampembelajarandiperlukanstrategiyangtepat.StrategiyangdidugatepatdalampenelitianiniadalahstrategipemodelanDariCerpenkeCerpen(CKC)karenastrategitersebutmemberikankesempatankepadasiswauntukmengalamisendiri.OlehkarenaitudibutuhkanalternatifdalampembelajaranantaralaindenganmengembangkansilabusmengembangkanmateridalamprodukbahanajarmenuliscerpendenganstrategiDariCerpenkeCerpenpadasiswakelasXdiSMANegeriIMalang.Sehinggaprosesevaluasi/penilaianmenuliscerpendapatdianalisissesuaidenganstrategiDariCerpenkeCerpenpadasiswakelasXdiSMANegeriIMalang.Dalampembelajaranmenuliscerpentidakterlepasdaribimbingangurusehinggasiswamampumemilihtemamengembangkanidepokokmengembangkantokohbaiklangsungmaupuntidaklangsungmengembangkanperistiwamenyusundrafyangdikembangkandarikerangkadanmengeditnaskahcerpenataumerevisi.Kegiatanmenuliscerpendenganstrategipemodelandalambahanajarbertujuanagarsiswamengalamiprosesdalambeberapatahapankegiatanbelajar.Tahapankegiatanyangdilewatiitumeliputi(1)memilihtopik(2)mengembangkanidepokok(3)mengembangkantokohbaiklangsungmaupuntidaklangsung(4)mengembangkanperistiwa(5)menyusunkerangka(6)menuliscerpendan(7)mengeditataumerevisi.Untukmencapaistandarkompetensimenuliscerpendiperlukanstrategiyangtepat.StrategiyangtepatdalampenelitianiniadalahpemodelanDariCerpenkeCerpen(CKC)karenastrategitersebutmemberikankesempatankepadasiswauntukmengalamisendiri.Prosesbelajarsecaraalamiahmulaidenganlangkahmengamatisuatuobjeksiswamenemukanmasalahdanterdoronguntukbertanya.Pertanyaan-pertanyaanyangadadibenaksiswaakanmemotivasimerekauntukselalumencarijawabannya.StrategiDariCerpenkeCerpendapatditerapkanpadapembelajaranmenuliskhususnyamenuliscerpen.Dikatakandemikiankarenasalahsatumodeluntukmendapatkanbahancerpenadalahmelaluipengamatanbertanyamenemukanapayangtelahdiamatimengolahdanmemprosesnya.KegiatantersebutmerupakansalahsatukomponenyangterdapatdalamstrategiDariCerpenkeCerpen.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapenelitipenyusunansilabusdenganstrategipemodelanyangmeliputikomponenstandarkompetensikompetensidasarmateripembelajaranindikatorpenilaianalokasiwaktudansumberbelajarhaltersebutbertujuanagarpembelajaranterarahsesuaidenganalokasiwaktuyangditentukan.Penelitimerancangkegiatanpembelajaranyangmenyenangkandenganmenghasilkanprodukcerpenkaryasiswa.PengembanganmateritemadanlatihandalambahanajaryangdisesuaikandenganpenyusunansilabussangatefektifuntukmencapaiKompetensiDasarpengembanganmateritemadanlatihandalambahanajaryangdisesuaikandenganpenyusunansilabussangatefektifuntukmencapaikompetensidasar.Pemanfaatanbahanajartersebutmemenuhikebutuhansiswadalamprosespembelajaran.Penambahan/pengembanganmateridapatdilakukandenganmempertimbangkanlingkungansiswadanpengalamansiswa.Evaluasi/penilaianpembelajaranyangdigunakanpenelitiantaralainpenilaianhasildanpenilaianprosesmenuliscerpenberhasilkarenastrategipemodelanmampumengembangkanproseskreativitassiswamenuliscerpen.Penelitimelakukanevaluasipembelajaranmenuliscerpendenganmenyajikanlatihan-latihanpadasetiappembahasanmaterikarenahaltersebutsangatpentinguntukmengetahuitingkatpemahamansiswaterhadapmateriyangdisajikan.Dalamhalinisiswadilatihlebihbanyakdalammempraktikkanmenuliscerpenbukandituntutlebihbanyakuntukmenguasaiataumenghafalkanteoritentangbahasakarenaketerampilanmenulisitumerupakansuatuprosespertumbuhanmelaluibanyaklatihan.PengembanganbahanajardenganstrategipemodelanDariCerpenkeCerpenmenunjukkankesesuaiandenganasumsipenelitianyaknimelibatkanketerampilanberbahasalainnyasepertimembacasecaraterpadukarenamelibatkanberbagaiunsurbelajar.Haltersebutterbuktidalampenyajianbahanajarpenelitimemberikesempatankepadasiswauntukmemahamimaterimenuliscerpendenganteknikmembacacontohcerpenterlebihdahulusebelummenghasilkancerpenyangsempurna.Siswatermotivasiuntukmenuliscerpendengantemakehidupanmerekasesuaidenganpengalamansiswasehinggapembelajaranmenjadikontekstualdanbermaknasertamenyenangkanbagisiswa.Hasilujicobaolehujiahliantaralain(a)ahliisimenyarankanagartemadangambarpadasetiapindikatoryangtidakrelevandengantemaawalperludihilangkan.(b)Kelemahanutamadalampengembanganbahanajariniadalahdalammenyusunkegiatanmenuliscerpendanpenggunaanbahasa.Dalammenyusunkegiatanmenuliscerpenteori-teoriharusdiurutkankembalisesuaidengansaranahliisidanahlisastraagarsiswadapatsecarasistematismemahamilangkah-langkahdalammenuliscerpen.Selainhaltersebutperludilakukanpenyortiranteori-teoriyangtidakrelevandenganSKKDdanindikatormenulis.Menurutsaranahliisidansastrabahwateoridanlatihan-latihanharusdisesuaikandengantemayangdiambilyaknitentangkehidupan.(c)Ahlisastramenyarankanbahwakriteriadalaminstrumenpenilaianperludiperjelassehinggahasiltagihanmenuliscerpensiswamencapainilaimaksimal.(d)Ahlikelompokkecilsiswamenyarankanbahwawarnadangambardalambahanajaryangdikembangkanagarlebihmencolokkarenakurangmenyenangkan.SetelahmelaluitahapanrevisibahanajaryangdikembangkanpenelitimemperolehhasilyangmemuaskandanproduklayakuntukdimanfaatkandalampembelajaranbahasaIndonesia