Model pendampingan untuk perubahan mindset sadar pendidikan di kalangan keluarga miskin (studi pengembangan di program keluarga harapan Kabupaten Malang) / Kukuh Miroso Raharjo

Main Author: Raharjo, Kukuh Miroso
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/57849/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKRaharjoKukuhMiroso.2015.ModelPendampinganuntukPerubahanMindsetSadarPendidikandiKalanganKeluargaMiskindiProgramKeluargaHarapanKabupatenMalang.Tesis.ProgramStudiPendidikanLuarSekolahPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.HardikaM.Pd.(II)Dr.UmiDayatiM.Pd.KatakunciModelPendampinganSadarPendidikanKeluargaMiskinPenelitianinibertujuanuntukmenghasilkanmodelpendampinganyangtervalidasidalamsettingpendidikannonformal.Dapatdimanfaatkanolehprogrampendampinganataupunaktivispemberdayaanmasyarakatsertaprogramyangsejenisuntukperubahanmindsetsadarpendidikanbagikeluargamiskin.Desainpenelitianiniadalahpenelitiandanpengembangandengantujuanmenyusunmodelpendampinganmelaluitahap(1)PenelitianPendahuluan(2)PerencanaandanPengembanganProduk(3)ValidasiAhlidanRevisi(4)UjiValidasiPenggunadanRevisi(5)Pelaporan.SubjekujicobaadalahpendampingProgramKeluargaHarapandiKabupatenMalang.Ujicobadilakukanuntukmelihattingkatvaliditasproduk.UjiValidasiProdukdilakukanolehahlimodelpembelajarandanahlibidangPLSsetelahitudilaksanakanujimodelkepadapenggunauntukmemberikanpenilaianterhadapmodeldanpanduanpendampingankeluargamiskinuntuksadarpendidikan.Langkahproseduralujicobaprodukterdiridari5komponenyakni(1)desainujicoba(2)subjekcoba(3)jenisdata(4)teknikpengumpulandatadaninstrumenserta(5)teknikanalisisdata.Datatersebutselanjutnyadenganprosentasedanmenggunakantabelkemudiandiintepretasikansecaranarasibermakna.Hasilpenelitianinimenghasilkanmodelpendampinganuntukperubahanmindsetsadarpendidikandikalangankeluargamiskinmenggunakanlimakomponenyaitu(1)sintaksis(2)sistemsosial(3)prinsipreaksi(4)sistempendukungserta(5)dampakinstruksionaldanpengiring.Langkah-langkahpendampinganyangdilaksanakanterdiridari5langkahkegiatanyaitu(1)pendekatan(2)penentuanmasalah(3)pengembanganrefleksikritis(4)penetapandanpelaksanaantindakandan(5)evaluasi.HasilpengembanganmodelpendampingandanpanduanimplementasitervalidasiolehahlidanpenggunahalinidapatdiketahuiberdasarkantanggapanahlimodelpembelajarandanahlibidangPLSmenyatakanbahwamodelpendampinganinisangatvaliddenganmemperolehhasilprosentasesebesar855%.Hasilujicobamodelpendampinganpada14pendampingProgramKeluargaHarapandapatdisimpulkanmemilikikualifikasidaninterpretasisangatvalid.Berdasarkanhasiltersebutmodeldanpanduanpendampinganinididesainsebagaiacuanbertindakpendampingdanaktivispemberdayaanmasyarakatsebagaibagianuntukmemberikanfasilitasikepadakeluargamiskinuntuksadarpendidikan.Saranpemanfaatanmodelpendampinganmasihterdapatkekurangan.Sehinggadalampenggunaandanpemanfaatannyaperludiciptakanpoladankomponenyanglebihvariatifdankomunikatif.Penggunaanbahasalebihsederhanadanperlujugadikembangkanmediapembelajaranuntuklebihmempermudahtugaspendampingdalamimplementasidilapangan.