Penerapan hasil pelatihan tenaga pengelola PKBM (Studi kasus pengelola PKBM abdi pratama di kecamatan pujon kabupaten Malang) / Soemarjono

Main Author: Soemarjono
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/57799/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSoemarjono.2010.PenerapanHasilPelatihanTenagaPengelolaPKBM(StudiKasusPengelolaPKBMAbdiPratamadiKecamatanPujonKabupatenMalang).TesisJurusanPendidikanLuarSekolahProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.SupriyonoM.Pd.(II)Prof.Dr.H.S.MundzirM.Pd.Kata-KataKuncipelatihanpengelolapendidikannonformalpendidikanluarsekolahPenyelenggarapelatihansepertiDinasPendidikanPropinsiJawaTimurdanSKBKabupatenMalangtelahmenyelenggarakanpelatihanuntukpengelolaPKBMyangsecaraumubertujuanuntukmemberikanpengetahuanketrampilansikapdankonseptentangpengelolaanPKBM.AspekyangbelumdiketahuidaripelatihanyangdilaksanakanadalahbagaimanapenerapandarihasilpelatihantersebutkarenadaripenerapanitulahdiketahuibagaimanaperubahanterhadapkemampuanpengelolaPKBM.Selainitudenganpenerapanhasilpelatihandapatdiketahuijugapelatihanmanayangefektifdantidaksehinggadapatdijadikanacuanpadapenyelenggaraanpelatihanberikutnya.Penelitianinibertujuanuntukmengetahui(1)aktualisasiataupenerapanhasilbelajardariprogrampelatihanyangpernahdiikutiparapengelolaPKBMkhususnyaPKBMAbdiPratama(2)alasansehinggaimplementasihasilbelajardaripelatihanditerapkandemikianadanya(3)pelatihanmanayangdirasamemberikanmanfaatpalingbanyakdanmanayangtidakbermanfaatpadapeningkatankemampuanmanajerialpengelolaPKBMdan(5)modelpelatihanyangpalingsesuaidalammengembangkankemampuanpengelolaPKBM.Penelitianinidilakukanmenggunakanpendekatankualitatifdenganrancanganstudikasus.Pengumpulandatadilaksanakandengantigateknikyaknidengan(1)wawancaramendalam(2)observasiperansertadan(3)studidokumentasi.Sumberdatautamadaripenelitianiniadalahkata-katadantindakansubyekpenelitianatauinformanyaknidariKetuaSekretarisKoordinatorProgramtutorPKBMsertaPenilikDikmasdanwargabelajar.Sedangkansebagaisumberpendukungadalahdokumentasi.Analisisdatadilakukandalamtigacaraagardatamenjadipenuhmaknayaknireduksidatadisplaydatakesimpulan/verifikasi.Hasilpenelitianditemukan(1)tidaksemuahasilpelatihandapatditerapkanolehpengelolaPKBMutamanyayangberkaitandenganpengadaansaranadanprasaranasertasebagianpengadministrasiannamunyangberkaitandenganperbaikanpengelolaanorganisasisecarakeseluruhanditerapkan(2)alasanhasilpelatihantidakdapatditerapkansecarakeseluruhandisampingkarenaterbatasnyadanayangdimilikikurangnyasumberdayamanusiadarisegikualitasmaupunkuantitasdanlamanyawaktuuntukmengaktualisasikan(3)daripelatihanyangtelahdiikutiyangpalingbermanfaatuntukmeningkatkankemampuanmanajerialpengelolaPKBMadalahpelatihanorientasiteknissedangkanpelatihanyangtidakmemberikanmanfaatadalahpelatihanberupaworkshopdan(4)modelpelatihanyangsesuaiuntukmeningkatkankemampuanpengelolaPKBMadalahperpaduanantararolemodelpersondevelopmentmodeldanorganizationaldevelopmentmodel.Berdasarkantemuandiatasmakadisarankanyaitu(1)agarpengelolaPKBMbersungguh-sungguhmenerapkanataumengaktualisasikanhasilpelatihansemaksimalmungkindenganjalanmengimbaskankepadapengelolayanglaindalamsatuPKBMsehinggadapatsalingbantumembantuuntukmelakukanpembenahandanperbaikanorganisasi(2)instansipenyelenggarapelatihandalamhaliniDinasPendidikandanSKBagarbenar-benarmenyelenggarakansecaraprofesionalartinyadalammerancangsuatupelatihandapatmemberikanmanfaatuntukmeningkatkankemampuanpengelolaPKBMdanbukanhanyauntukmemenuhikewajibanproyeksematasehinggadilakukandenganseadanyanamunpelatihanbenar-benardirancangdengantujuanyangtepatalokasiwaktuyangefektifnarasumberyangberkualitasmateriyangpadatberimbangdanberkualitas(3)agarinstansipenyelenggaradalammenggunakanmodelpelatihanbenar-benarmemilihmodelyangtepatdisesuaikandengantujuanapayanghendakdicapaisertakarakteristikpesertapelatihan.