Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan mutu UKS dan adiwiyata sekolah: studi kasus pemenang UKS dan Adiwiyata tingkat nasional di SDN Tunjungsekar I Malang / Herlina Wahyuni

Main Author: Herlina
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/57734/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKWahyuniHerlina2009.UpayaKepalaSekolahdalammeningkatkanmutuUKSdanAdiwiyatasekolahstudikasuspemenangUKSdanAdiwiyatatingkatNasionaldiSDNTunjungsekar1Malang.Tesis.ProgramStudiManajemenPendidikan.ProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.H.ImronArifinM.Pd.(II)Prof.Dr.Salladien.Katakunciupayakepalasekolahpeningkatanmutusekolahusahakesehatansekolahadiwiyata.Padaeraglobalisasiinimerupakantantanganyangberatdiberbagaiaspekkehidupanpemerintahberupayameningkatkankemampuanhiduppendudukuntukmencapaiderajatkesehatandanlingkunganyangbaik.Dalamhalinipemerintahmemulaimeningkatkankualitasmanusiamelaluipendidikanpembinaankesehatandanpendidikanpelestarianlingkunganhidupmelaluiwargasekolah.Haliniterbuktibanyaknyasekolah-sekolahyangbelummemenuhistndarlingkunganyangsehatuntukprosesbelajar.UntukitumakaperluditelititentangUpayakepalasekolahyangmampumeningkatkanmutuUKSdanAdiwiyatakhususnyasekolahyangsehatberbasislingkungan.FokuspenelitianUpayaKepalaSekolahdalammeningkatkanmutuUKSdanAdiwiyatasekolahstudikasuspemenangUKSdanAdiwiyatatingkatnasionaldiSDNTunjungsekarIMalangadalah(1)bagaimanakahupayaKepalaSekolahdalammeningkatkanmutudibidangKesehatanSekolah(UKS)danAdiwiyata(2)bagaimanakahstrategiKepalasekolahdalammencapaiprestasidibidangUsahaKesehatanSekolah(UKS)danAdiwiyatatingkatNasional(3)apakahfaktorpenghambatdanpendukungdalampencapaianprestasiUKSdanAdiwiyata(4)bagaimanakahstrategiKepalasekolahdalammemberdayakanfaktorpendukung(5)bagaimanakahKepalaSekolahdalammengatasifaktorpenghambat.LokasipenelitianinidiSDNTunjungsekarIMalangyangmerupakansalahsatuSDyangmendapatprestasitingkatnasionalduakalidalamsatutahunpadatahun2007dikotaMalang.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganstudikasus.Tehnikpengumpulandatadilakukandengantigacarayakni(1)wawancaramendalam(2)pengamatanpartisipatifdan(3)studidokumentasi.Pemilihaninformanpenelitianinimenggunakantekniksnowballsampling.Datayangterkumpuldianalisissecaradiskriptifdenganalur(1)reduksidata(2)penyajiandatadan(3)penarikankesimpulan.Agarmemperolehkeabsahandatadilakukandenganempatkriteria(1)kredibilitas(2)transperabilitas(3)dependabilitasdan(4)konfirmabilitas.iDarihasilanalisisdatadapatdiperolehtemuan-temuansebagaiberikutPertamaupayaKepalaSekolahdalammeningkatkanmutudibidangKesehatanSekolah(UKS)danAdiwiyata(1)pembaharuandalampolapikir(2)perubahanmanajemensekolah(3)memberdayakansumberdayadansumberdayamasyarakat(4)memilikisifatresponsifdanantisipatif.KeduamemilikistrategiKepalasekolahdalammencapaiprestasidibidangUsahaKesehatanSekolah(UKS)danAdiwiyatatingkatNasional(1)meningkatkankerjaSDM(2)pembenahansistemmanajemensekolah(3)meningkatkanperanmasyarakat(4)membangunkerjasamaantarlembaga(5)membangunfisiksekolah(6)melakukanstudibanding.KetigaadafaktorpenghambatdanpendukungdalampencapaianprestasiUKSdanAdiwiyata(1)Internal(SDM)dan(SDA)(2)Eksternal(lingkungan).KeempatadastrategiKepalasekolahdalammemberdayakanfaktorpendukung(1)dialog(2)diskusi(3)koordinasi.KelimaadatindakanKepalaSekolahdalammengatasifaktorpenghambat(1)pelatihan(2)pembinaan(3)menjalinkerjasama(4)sosialisasi(5)penambahansarana(6)pengadaansaranadanprasarana(7)penambahanreferensibukuperpustakaan.Berdasarkantemuan-temuandaripenelitianiniagardapatmeningkatkanmutusekolahdisarankankepalasekolahuntuk(1)KepalaSekolahSDNTunjungsekarIMalangagartetapmempertahankanprestasiyangtelahdicapaisebabmempertahankanprestasisesuatuyangtidakmudahdanprestasiinidapatmenjadiinspirasikreativitasdaninovasidalampengembanganpendidikansebagaiimplikasibagipenyelenggaraanUKSdanAdiwiyatadiSDyanglainnya(2)DinasPendidikanPemerintahDaerahdanDPRDsebagaipengambilkebijakandapatmempelajaritentangupayadanstrategikepalasekolahterutamadalammembangunkerjasamadenganparapengambilkebijakansehinggaberdampakpadapemberianfasilitassekaligusdukunganpadasekolahsekolahyanglainuntukmencapaiprestasidiwilayahnya(3)untukpengembangankeilmuansecarakonseptualupayadanstrategiyangdilakukanolehKepalasekolahSDNTunjungsekarIMalangmerupakanhasanahpraktisyangdapatmemperkayateoritentangsekolahberprestasidenganlatarbelakangdaerahperkotaandalamnegarayangsedangberkembang(4)bagipenelitilaindapatdijadikanwacanadalammemperluaswawasanpengetahuandanketerampilandalamkaitanpengelolaansekolahberprestasi.