Integrasi muatan lingkungan alam dalam proses manajemen kurikulum dan pembelajaran pada sekolah berbasis alam / Zamhari Prastyo Hadi
Main Author: | Hadi, Zamhari Prastyo |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/57640/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKHadiZamhariPrastyo.2017.IntegrasiMuatanLingkunganAlamdalamManajemenKurikulumdanPembelajaranpadaSekolahBerbasisAlam.TesisProgramStudiS2ManajemenPendidikanPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.Hj.NurulUlfatin.M.Pd.(2)Dr.Mustiningsih.M.PdKataKunciintegrasimanajemenkurikulumpembelajaransekolahalam.Sekolahalamsebagaisalahsatubentuksekolahberbudayalingkunganmerupakansalahsatumodelpendidikanyangberupayauntukmelakukanpengembanganpendidikansecaraalamidengankonsepbelajarpadalingkunganalamsekitar.Keberadaansekolahberbasisalammemerlukansistemmanajemenkurikulumdanpembelajaranyangmampumenghasilkanpembelajaranyanglebihbaik.SDAlamGenerasiRabbanidanMIBilingualAlIkhlasadalahsekolahdanmadrasahyangmemilihuntukmenjadilembagapendidikanberbasisalam.Pembelajaranpadakedualembagapendidikaninimemilikicirikhaspembelajaranberdasarkanpengalamanlangsungdenganmemanfaatkanlingkunganalam.TujuandaripenelitianadalahuntukmendeskripsikandanmenemukanteoritentangintegrasilingkunganalamdalammanajemenkurikulumdanpembelajaranpadaSDAlamGenerasiRabbanidanMIBilingualAlIkhlas.Fokuspenelitiansebagaiberikut(1)profilllngkunganalampadasekolahdanmadrasah(2)integrasilingkunganalamdalamperencanaankurikulumdanpembelajaran(3)integrasilingkunganalamdalampengorganisasiankurikulumdanpembelajaran(4)integrasilingkunganalamdalampelaksanaankurikulumdanpembelajaran(5)integrasilingkunganalamdalamevaluasikurikulumdanpembelajaran(6)dampakutamadandampakpengiringhasilpembelajaran.Penelitianinimenggunakanpendekatandeskriptifkualitatifdenganrancanganstudimultisitus.Prosedurpengumpulandatayangdigunakanyaituwawancaraobservasidandokumentasi.LokasipenelitianyaitudiSDAlamGenerasiRabbani(situs1)danMIBilingualAlIkhlas(situs2).Perpanjangankeikutsertaanketekunanpengamatandantriangulasimerupakanteknikpengecekankeabsahandatayangdigunakandalampenelitianini.HasilpenemuanpenelitianlintassitusmenunjukkanbahwaPertamalokasisekolahdanmadrasahberadadilingkunganperdesaandengansuasanaalamidisekitarnyasekolahdanmadrasahmemilikiruangterbukahijauyangluassehinggapesertadidikdapatbelajardilingkunganalamsekolahlebihmaksimal.KeduapengembanganrencanapembelajaranberdasarKTSPdanKurikulum2013penyusunanrencanapembelajaran.berbentukplantolessonatauRPP(teintegrasimuatanlingkunganalam).Ketigasecaraorganisasikurkulumterdapatduabentukorganisasikurikulum.YakniIntegratedCurriculum(K13)danCorrelatedCurriculum(KTSP)pengaturanjadwalkegiatandanjadwalpelajaransekolahdikembangkanmelaluikalenderakademikpengorganiasaianjugadilakukandenganmengatursumberdayaguru.Keempatpembelajarandilaksanakandenganmenjadikanpesertadidiksebagaipusatpembelajaranintegrasidenganlingkunganalamdilakukanpadasemuamatapelajaranmelaluimelaluipembelajaranlangsungdanberinteraksidenganalam.Kelimasekolahdanmadrasahmelakukanevaluasikurikulumdanpembelajaranmelaluiualanganhariantertulismaupaunpraktikyangdidalamnyaterdapatnilai-terintegrasidenganmuatanalam.Keenamdampakutamabahwadarisegiakademikpesertadidikmemilikikemampuanmenguasasimaterilebihbaiksehinggaoutputmemilikikualitasyangbaikpuladampakpengiringbanyakmunculpadasegiaspekafektifdaripesertadidik.Berdasarkantemuanpenelitiandiberikansaran-saransebagaiberikut(1)BagikepadaKepalaDinasPendidikanKabupatenMalangdisarankanmemanfaatkanmanajemenkurikulumyangterintegrasidenganlingkunganalamdalammengembangkanlembagapendidikanyangdibina.(2)BagiKepalaSDAlamGenerasiRabbanisebaiknyamenjadikanpenelitianinisebagaipertimbangandalampengembanganprogrammanjemenkurikulumdanpembelajaranpadatahuntahunberikutnyasehinggamanajemenkurikulumdanpembelajaranyangterintegrasilingkunganalamdisekolahdanmadrasahdapatsemakinbaik.(3)BagiKepalaMIBilingualAlIkhlassebaiknyamenjadikanpenelitianinisebagaipertimbangandalampengembanganprogrammanjemenkurikulumdanpembelajaranpadatahuntahunberikutnyasehinggamanajemenkurikulumdanpembelajaranyangterintegrasilingkunganalamdisekolahdanmadrasahdapatsemakinbaik.(4)BagikepalalembagapendidikanlainsebaiknyamenjadikanpenelitianinisebagaigambarantentangmanajemenkurikulumdanpembelajarandiSDAlamGenerasiRabbanidanMIAlamAlIkhlassehinggadapatdijadikanacuanpadapenyelenggaraandankurikulumbaiknegerimaupunswasta.(5)Hasilpenelitianinidapatdijadikanacuanbagipenelitiberikutnya/penelitilainyanginginmengkajilebihmendalamdengantopikdanfokussertasettingyanglainuntukmemperolehperbandingansehinggamemperkayatemuan-temuanpenelitiansejenis.ABSTRACKHadiZamhariPrastyo.2017.IntegrationoftheNaturalEnvironmentinCurriculumManagementandLearningatNatural-BasedSchools.ThesisStudyProgramofEducationManagementGraduateProgramStateUniversityofMalang.Advisors(1)Prof.Dr.Hj.NurulUlfatin.M.Pd.(2)Dr.Mustiningsih.M.PdKeywordsIntegrationManagementCurriculumLearningSchoolNature.NatureSchoolisoneofeducationsmodelthatseekstodevelopeducationnaturallywiththeconceptoflearningontheenvironment.Theexistenceofanaturalschoolrequiresacurriculumandlearningmanagementsystemthatcanleadtobebetterlearning.SDAlamGenerasiRabbaniandMIBilingualAlIkhlasareschoolsthatusenatureinlearningprocess.TheobjectiveofthisresearchistodescribeandfindthetheoryabouttheintegrationofnaturalenvironmentincurriculumandlearningmanagementatSDAlamGenerasiRabbaniandMIBilingualAlIkhlas.Basedontheresearchcontextitcanbeformulatedintheresearchfocusasfollows(1)schoolsprofile(2)integrationofthenaturalenvironmentinplanningcurriculumandlearningprocess(3)Integrationofthenaturalenvironmentinorganizingcurriculumandlearningprocess(4)Integrationofthenaturalenvironmentinimplementingthecurriculumandlearningprocess(5)Integrationofthenaturalenvironmentinevaluatingthecurriculumandlearningand(6)theimpactsoflearningoutcomes.Theapproachusedinthisresearchwasdescriptiveapproachandusedmultisiteasthedesign.Datacollectionproceduresusedinthisresearchwereinterviewsobservationanddocumentation.ThisresearchwasconductedatSDAlamGenerasiRabbani(site1)andMIBilingualAlIkhlas(site2).Extensionofparticipationpersistenceofobservationandtriangulationwerethetechniquetocheckthevalidityofdatausedinthisresearch.Thefindingoftheresearchshowedthat(1)thelocationoftheschoolsareinruralenvironmentwithnaturalatmosphere.(2)usedKTSPand2013curriculum(3)therearetwoformsofcurriculumorganizationIntegratedCurriculum(K13)andCorrelatedCurriculum(KTSP).Thearrangementofschoolsactivitiesandlessonsisdevelopedthroughacademiccalendars.(4)Learningprocesswasconductedbymakingstudentsaslearningcenters.Integrationwiththenaturalenvironmentisdonetoallofsubjectsthroughdirectlearningandinteractingwithnature.(5)Theschoolsevaluatethecurriculumandlearningprocessthroughwrittendailyexamsandpracticesinwhichtherearenaturalcontent.(6)Themainimpactintermsofacademicthestudentsabletomasterthematerialasgoodaspossible.Otherimpactsderivedfromtheaffectiveaspectsofstudents.Basedontheresultabovetherearesomesuggestionswhichcanbeexaminedasfollows(1)TheMinistryofReligiousAffairs(Kemenag)tousecurriculummanagementthatintegratedwiththenaturalenvironment(2)SDAlamGenerasiRabbaniandMIBilingualALIkhlasthisresearchisexpectedtobeconsideredindevelopingcurriculumandlearningmanagementprogramthenextyear(3)Othereducationalinstitutionsthisresearchisexpectedtoprovideanoverviewofcurriculumandlearningmanagementthatintegratesthenaturalenvironment(4)StateUniversityofMalangthisresearchisexpectedtoenrichthereferencecollectionrelatedtocurriculumandlearningmanagementthatisintegratedwiththenaturalenvironment(5)Theresultofthisresearchcanbeusedasareferenceforthenextresearcherswhowanttoexaminewithtopicsandfocusandothersettingstoobtainmorecomparison.