Implementasi kebijakan program wajib madrasah diniyah (studi multi kasus di MIS Darul Ulum II Rowogempol dan SDIT Bumi Darun Najah Kabupaten Pasuruan) / Fifit Humairoh

Main Author: Humairoh, Fifit
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.um.ac.id/57639/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKHumairohFifit.2017.ImplementasiKebijakanProgramWajibMadrasahDiniyah(StudiMultiKasusdiMISDarulUlumIIRowogempoldanSDITBumiDarunNajahKabupatenPasuruan).Tesis.ProgramStudiManajemenPendidikanPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.H.M.HudaAY.M.Pd.(II)Dr.MustiningsihM.Pd.Katakunciimplementasikebijakanprogramwajibmadrasahdiniyahsekolahdasar.PendidikandiIndonesiadiselenggarakanpadaberbagaijalurjenjangdanjenispendidikan.Padapasal13ayat1Undang-undangNomor20Tahun2003tentangSistemPendidikanNasionaldisebutkanbahwaterdapattigajalurpendidikanyaknipendidikanformalinformaldannonformal.ProgrampendidikanMadrasahDiniyahtermasukdalampendidikannonformalyangdikhususkanterhadapagama.ProgrampendidikanwajibmadrasahdiniyahinidibuatdenganpertimbanganbahwakeilmuanumumdanagamaharusseimbangsehinggadiharapkananakdidiktidakhanyamumpunidibidangkeilmuanumumnamunjugamemilikibudipekertiyangluhurmendalamiagamadanmemilikikepeduliansosialsertamemilikikarakteryangbaikBerdasarkankontekspenelitianpenelitimerumuskanfokuspenelitianyangterdiridari(1)implementasikebijakanprogramwajibMadrasahDiniyahdiMISDarulUlumIIRowogempoldanSDITBumiDarunNajah(2)faktor-faktoryangmempengaruhidalamimplementasikebijakanprogramwajibMadrasahDiniyahdiMISDarulUlumIIRowogempoldanSDITBumiDarunNajah.Untukmenggambarkankondisifokuspenenlitiantersebutpenelitimenggunakanpendekatankualitatifdenganrancanganstudimultikasus.Pengumpulandatadalampenelitianinimenggunakanmetodewawancaramendalamobservasidanstudidokumentasi.Penelitianinimenggunakanduatahapanalisisdatayaituanalisisdatatunggaldananalisisdatalintaskasus.Analisisdatatunggaldilaksanakandenganmelakukanreduksidatapenyajiandatasertapenarikankesimpulansementarasedangkananalisislintaskasusdilakukandenganmengintegrasikankeduatemuanpadasetiapmasing-masingkasus.Hasilpenelitiansebagaiberikut(1)implementasikebijakanprogramwajibMadrasahDiniyahiniterwujuddalambentukkebijakansekolahyaituKebijakanprogramsekolahyangmengintegrasikansistempengajaransekolahumum(sekolahdasar)dengansistempengajaranIslamyangmemilikitujuanyaitu(a)meningkatkanketersediaanlayananpendidikanyangterintegrasiantaraMadrasahIbtidaiyahdenganMadrasahDiniyahbagianakusiasekolah(b)meningkatkanketerjangkauanlayananpendidikan(c)meningkatkanlayananpendidikanbagimasyarakatKecamatanLekokpadaumumnyadapatmengenyampendidikanDasarsekaliguspendidikankeagamaan(MadrasahDiniyah)dan(d)pesertadidikmempunyaikecerdasanintelektualemosionalyangdiimbangidenganspiritualmelaluipendidikanagamayangkuat(2)faktor-faktoryangmempengaruhiterlaksananyakebijakantersebutyaitu(a)faktorkomunikasipenyaluraninformasidalamkebijakaninitersampaikandenganbaikjelasdankonsistenmelaluisosialisasiprogramdanrapatkoordinasiprogram(b)faktorsumberdayapadaaspekinisudahsiapdalammendukungpelaksanaankebijakantersebuthaliniterlihatbahwatenagapelaksanaatautenagakependidikanmerupakanguruyangsudahmemilikikualitasmemadaidaritingkatpendidikantinggiminimalS1profesionalkompetensidibidangnyadansumberdayanonmanusiapadaaspekinifasilitassaranprasaranamasihkurangterpenuhisehinggapemenuhanstandarsaranadanprasaranamenjadiprioritasutamasekolah(c)faktordisposisipadaaspekinicukupbaik.Semuaelemenpemangkukepentinganpendidikanselakupelaksanakebijakanselaluterlibataktifmeberikandukungandankomitmennyabaikdalamhalfinancialpemikiransertatenagauntukmendukungimplementasikebijakanprogramtersebutdan(d)faktorstrukturbirokrasipadaaspekinistrukturbirokrasidalammengimplementasikankebijakanprogramwajibmadrasahdiniyahsudahtersediadenganbaikolehPemerintahDaerahKabupatenPasuruan.StrukturbirokrasitersebutsudahtersediadarimulailevelyangpalingtinggiyaituDinasPendidikanhinggakelevelyangpalingrendahyaitutingkatsekolah.Ketersediaankelembagaaninidimaksudkansupayasetiaplembagayangditunjukmemilikitugasdanwewenangmasing-masingdalammelaksanakankebijakantersebutsehinggamemberikankemudahanbagiinstansilainnyadalammengerjakantugasnyasertatindakan-tindakanpejabatdalamorganisasimenjadiseragamdankonsisten.Saranyangpenelitiberikanyaitu(1)KebijakanimplementasiprogramwajibmadrasahdiniyahmerupakankegiatanyangpositifdanperludilanjutkankarenakebijakanprogramwajibmadrasahdiniyahinidapatmeningkatkanlayananpendidikanbagimasyarakatuntukmengenyampendidikanDasarsekaliguspendidikankeagamaan(MadrasahDiniyah)(2)Perluoptimalisasiuntukfaktor-faktoryangmempengaruhiimplementasikebijakanprogramwajibmadrasahdiniyahiniterutamasumberdayanonmanusiadenganterusmelakukanpembenahandanpemenuhanfasilitassaranadanprasaranasecaraoptimal(3)Keterlibatanelemen-elemensepertiDinasPendidikanKabupaten/KotaKomitesekolahmasyarakatdankepalasekolahsertaguruterusditingkatandalammemonitorsertamengawasisupayaimplementasikebijakanprogramwajibmadrasahdiniyahiniterlaksanasecaramaksimal.