Keterampilan manajerial kepala sekolah dalam meningkatkan partisipasi masyarakat berbasis kearifan lokal Sasak (studi multi kasus pada SMAN 1 Sakra dan SMA Perigi Kabupaten Lombok Timur) / Karomi

Main Author: Karomi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.um.ac.id/57626/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKKaromi.2017.KeterampilanManajerialKepalaSekolahDalamMeningkatkanParisipasiMasyarakatBerbasisKearifanLokalSasak(StudiMultiKasusPadaSMAN1SakradanSMAPerigiKabupatenLombokTimur).Tesis.ProgramstudiManajemenPendidikanProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalangPembimbing(I)Dr.H.ImronArifinM.Pd(II)Dr.H.A.YusufSobriS.Sos.M.Pd.KataKunciKeterampilanManajerialKepalaSekolahPartisipasiMasyarakatKearifanLokalSasak.Nilai-nilaikearianlokaldipandangsebagaikonsepkehidupansosialmenjadipanduanhubunganbermasyarakatharuslahmenjadipertimbangankepalasekolahdalammenciptakanhubungantimbalbalikantarasekolahdanmasyarakat.Mengingatpartisipasimasyarakatsangatlahpentinguntukkeberlangsungansekolah.Keterampilanmanajerialdalammeningatkanpartisipasimasyarakatharuslahdidasarkanatasnilai-nilaiyangberkembangdidaerahtertentu.BerdasarkanhaltersebutpenelitianinimenjelaskankonsepketerampilanmanajerialkepalasekolahdalammeningkatkanpartisipasimasyarakatdarisudutpandangkearifanlokalSasak.Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikandanmenganalisismengenai(1)Keterampilankepalasekolahdalammeningkatkanpartisipasimasyarakatberbasiskearifanlokalsasak(2)Bentuk-bentukpartisipasimasyarakatdisekolahberbasiskearifanlokalsasak(3)Nilai-nilaikepemimpinanberbasiskearifanlokalsasakyangmelandasipartisipasimasyarakatdisekolah.PenelitianinimenggunakanpendekatankualitatifyangdigunakanuntukmengungkapdatadeskriptiftentangketerampilanmanajerialkepalasekolahdalammeningkatkanpartisipasimasyarakatberbasiskearifanlokalSasakstudimultikasuspadaSMAN1SakradanSMAPerigiKabupatenLombokTimur.Pendekatanpenelitianinisesuaidengankarakteristikdaripenelitiankualitatifantaralainalamiah(naturalsetting)sebagaisumberdatalangsung.Pemaknaanterhadapdatatersebuthanyaakandapatdilakukanapabiladiprolehkedalamanatasfakta-faktayangdiproleh.PenelitianinidirancangberdasarkanpendaptBogdanBiklenmenyatakanbahwastudimultikasuskomparatifdiawalidaritemuansetiapkasusdenganteknikwawancaraobservasidandokumentasimendeskripsikanlebihdarisatukasusdanditeruskandenganmembandingkanpersamaandanperbedaantemuanantarkasuskemudianmenyusuntemuan.HasildaripenelitianiniterdiridariPertamaKeterampilanmanajerialkepalasekolahdalammeningkatkanpartisipasimasyarakatberbasiskearifanlokalSasak(a)keterampilankepalasekolahsepertiketerampilankonsepketerampilanhumanisdanketerampilanteknismerupakanketerampilanyangharusdimilikikepalasekolahadapunbentuk-bentukKeterampilankepalasekolahyangmenjadilandasanpartisipasimasyarakatberbasiskearifanlokalSasakmeliputi(1)Tao/ceket(2)onyak(3)lomboq(4)semai(5)salinglaiq(6)reme(7)sesiru(8)Sangkep(9)bangaran(10)gundemdan(11)mingerraiKeduaBentuk-bentukpartisipasimasyarakatberbasiskearifanlokalSasak(a)Bentuk-bentukpartisipasimasyarakatdisekolahberbasiskearifanlokalSasakdapatditunjukkanmelaluibeberapaprosesyaitupertamapartisipasimasyarakatdalampembangunansekolahpartisipasiinimeliputipartisipasiidegagasandantenagamasyarakatyangdisumbangkankesekolah.KeduapartisipasimasyarakatdalamrencanapengembangansekolahpartisipasiinidapatditunjukkanmelaluipenyumbanganidefikirandanpengalamanyangdituangkandalambentukRencanaPengembanganSekolah(RPS).Ketigapartisipasimasyarakatdalamprogramkerjasekolah.Partisipasiinidapatditunjukkanmelaluiketerlibatanlangsungmasyarakatdalamprogramsekolahsepertirapat-rapatdanprogramekstrakurikulerlainnya.Keempatpartisipasimasyarakatdalampenganggaransekolahpartisipasimasyarakatiniditunjukkandalambentukmaterisepertikeuangandisekolahuntukmencukupikebutuhansekolah(b)Bentuk-bentukpartisipasimasyarakatdisekolahberbasiskearifanlokalSasakterdiridari(1)salingtulung(2)gerasa(3)mingerrai(4)salingjango(5)begawe(6)salingjot(7)salingsangkonKetigaNilai-nilaikepemimpinanmanajerialkepalasekolahdalammeningkatkanpartisipasimasyarakatberbasiskearifanlokalSasak(a)Nilai-nilaiketerampilankepalasekolahdalammeningkatkanpartisipasimasyarakatberbasiskearifanlokalSasakyangmelandasiprilakukepalasekolahdalammeningkatkanpartisipasimasyarakatdiSMAN1SakradanSMAPerigiKabupatenLombokTimur.Dapatdisimpulkanbahwanilai-nilaiketerampilanmanajerialtersebutmeliputi(1)tindih(2)onyak(3)lomboq(4)semai(5)jamak(6)onyak(7)tao(8)reme(9)patut(10)adung(11)patuh(12)patuh(13)pacu(b)Nilai-nilaikepemimpinanmanajerialkepalasekolahtersebutmenjadifaktoryangsangatpentingdalammeningkatkanpartisipasimasyarakatdisekolah.Nilai-nilailokaltersebutjugamenjadipijakandalamsetiapaktivitaslembagadalammeningkatkanpartisipasimasyarakatdalampendidikandisekolah.Berdasarkanhasilpenelitiandiberikansarankepada(1)KepalaDinasPendidikanDanKebudayaanKabupatenLombokTimur(a)untukmengembangdanmeningkatkanpartisipasimasyarakatdidaerahperlumempertahankandanmempertimbangkannilai-nilaikearifanketerampilanmanajerialberbasiskearifanlokalSasaksebagaipijakandalammeningkatkanpartisipasimasyarakatdalampendidikandidaerah(b)untukmempertahankandanmerawatnilai-nilaikearifanlokalmakaperlumelakukankajianmendalamuntukdapatmenjaganilai-nilailuhuryangdiwariskanolehleluhurSasakdalampendidikandidaerah(2)Bagikepalasekolah(a)untukmenerapkannilai-nilaiketerampilanberbasiskearifanlokalSasakdiharapkandapatmenyegarkandanmengingatkanmasyarakatsecaraumumtentangpentingnyapartisipasimasyarakatdalampembangunanpendidikandisekolah(b)untukmeningkatkanpartisipasimasyarakatdisekolahperlumempertahankannilai-nilaitindihsebagaifilosofidasarnilai-nilaikearifanlocalSasakdisekolah(c)mempertahankandanmengembangkanteknikdanketerampilankepalasekolahdalammeningkatkanpartisipasimasyarakatagarlebihmaksimal(3)bagikepalasekolahlainsebaiknyahasilpenelitianinidijadikansumbertelaahdalammengembangkanketerampilanmanajerialkepalasekolahdalammeningkatkanpartisipasimasyarakatberbasiskearifanlokalSasakdisekolahataulembaga-lembagapendidikanlainnya(4)bagipenelitilainsebaiknyapenelitilainnyadapatmenjadikansebagairefrensiuntukmelakukanpenelitianselanjutnyadenganpendekatansubyeklokasidenganfokusyangberbeda.