Hubungan pengembangan karir, kompetensi profesioanal, dan motivasi kerja dengan kinerja guru PAUD di Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik / Rachman Halim Yustiyawan

Main Author: Yustiyawan, Rachman Halim
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/57609/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKYustiyawanRachmanHalim.2016.HubunganPengembanganKarirKompetensiProfesionaldanMotivasidenganKinerjaGuruPAUDdiKecamatanDriyorejoKabupatenGresik.Tesis.ProgramStudiManajemenPendidikanPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.H.AchmadSupriyantoM.Pd.MSi.(II)Dr.MustiningsihM.Pd.KataKuncipengembangankarirkompetensiprofesionalmotivasikinerjaguruPAUDPendidikanmerupakaninvestasijangkapanjanguntukmencetakgenerasipenerusbangsayangmampumenjawabtantangandimasadepan.PenyelenggaraanPAUDmenjadilangkahawalkeberhasilanperkembangananakpadaprosespendidikanselanjutnya.PAUDmerupakanpendidikanyangsangatfundamentaldalamkeberhasilanmutupendidikannasional.KinerjaguruPAUDmerupakanfaktorutamayangperludiperhatikanuntukmencapaimutupendidikanyangdiharapkan.ProfesionalismeguruPAUDsaatinimenjadiujungtombakdalamkemajuanperadabanbangsadimasayangakandatang.UntukmewujudkanguruPAUDyangprofesionalmakapengembangankarirgurumenjadiupayauntukmeningkatkanmotivasidankompetensiprofesionalguruyangpadaakhirnyaberdampakkepadakinerjayangdihasilkanolehguruPAUD.PenelitianinibertujuanuntukmencarihubunganlangsungdantidaklangsungantarapengembangankarirkompetensiprofesionalmotivasikerjadengankinerjaguruPAUDyangterdiridari(1)mengetahuihubunganlangsungantarapengembangankarirdengankinerjaguru(2)mengetahuihubunganlangsungantarapengembangankarirdenganmotivasikerjaguru(3)mengetahuihubunganlangsungantarakompetensiprofesionaldengankinerjaguru(4)mengetahuihubunganlangsungantarakompetensiprofesionaldenganmotivasikerjaguru(5)Mengetahuihubunganlangsungantaramotivasikerjadengankinerjaguru(6)mengetahuihubungantidaklangsungantarapengembangankarirdengankinerjamelaluimotivasikerjaguru(7)mengetahuihubungantidaklangsungantarakompetensiprofesionaldengankinerjamelaluimotivasikerjaguru.Penelitianinidilakukandenganpendekatankuantitatif.Teknikpengumpulandatadalampenelitianinimenggunakanangket.Populasidalampenelitianiniberjumlah404guruPAUDdiKecamatanDriyorejoKabupatenGresikdandilakukanpengambilansampelsejumlah201gurumelaluiteknikproportionatestratifedrandomsampling.Teknikanalisisdatamenggunakananalisisdeskriptifdananalisisjalur(pathanalysis).HasilpenelitianinididasarkankepadaanalisisdeskriptifyangmenunjukanpengembangankarirkompetensiprofesionalmotivasikerjadankinerjaguruPAUDpadakategorisangattinggi.Analisisjaluryangmenunjukanbahwa(1)terdapathubunganlangsungsecarasignifikanantarapengembangankarirdengankinerjaguru(2)terdapathubunganlangsungsecarasignifikanantarapengembangankarirdenganmotivasikerjaguru(3)terdapathubunganlangsungsecarasignifikanantarakompetensiprofesionaldengankinerjaguru(4)terdapathubunganlangsungsecarasignifikanantarakompetensiprofesionaldenganmotivasikerjaguru(5)terdapathubunganlangsungsecarasignifikanantaramotivasikerjadengankinerjaguru(6)terdapathubungantidaklangsungsecarasignifikanantarapengembangankarirdengankinerjagurumelaluimotivasikerja(7)terdapathubungantidaklangsungsecarasignifikanantarakompetensiprofesionaldengankinerjagurumelaluimotivasikerja.Beberapasaranditujukankepada(1)kepalasatuanpendidikanuntukselalumemfasilitasipeningkatanprofesionalismeguruPAUDdanmemperhatikanperkembangankarirnyadalammewujudkanpendidikanyangbermutu(2)guru-guruPAUDuntukmempertahakandantetapberupayameningkatkanproduktifitaskinerjadanprofesionalitasmengingatbahwaPAUDmerupakanpendidikanyangfundamentalyangbertanggungjawabataspertumbuhandanperkembangananakdidikdalammenempuhpendidikanselanjutnya(3)bagipenelitilainyanginginmengkajimengenaipengembangankarirkompetensiprofesionalmotivasiataukinerjaguruPAUDpenelitianinidapatdijadikanreferensidanliteraturdalammelakukanpenelitianselanjutnyasertadapatmengembangkanmodeldanpembahasanpenelitiansesuaidengantuntutandanperkembangankondisipendidikan.