Manajemen program parenting di sekolah dasar (studi multi situs di SDIT Insan Permata dan SD Puri Asah Dasar Avesiena Kota Malang) / Tri Wahyuni
Main Author: | Wahyuni, Tri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/57587/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKWahyuniTri.2016.ManajemenProgramParentingdiSekolahDasar(StudiMultiSitusdiSDITInsanPermatadanSDPuriAsahDasarAvesienaMalang).Tesis.JurusanManajemenPendidikanProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.H.MuhammadHudaA.Y.M.Pd.(II)Dr.H.ImronArifinM.Pd.KataKuncimanajemenprogramparentingketerlibatanorangtuasekolahdasarKeterlibatanorangtuadalampendidikananaknyadisekolahadalahhalyangdibutuhkanuntukmendukungdanmendorongpembelajarandanperkembangananak.Programparentingmerupakanlangkahyangdilakukansekolahuntukmelibatkanorangtuadalampendidikan.Tujuanpenelitianiniadalah(1)mengetahuiprosesperencanaanprogramparentingdiSDITInsanPermatadanSDPuriAsahDasarAvesiena(2)mengetahuiprosespengorganisasianprogramparentingdiSDITInsanPermatadanSDPuriAsaahDasarAvesiena(3)mengetahuiprosespenggerakanprogramparentingdiSDITInsanPermatadanSDPuriAsaahDasarAvesiena(4)mengetahuiprosesevaluasiprogramparentingdiSDITInsanPermatadanSDPuriAsahDasarAvesiena(5)mengetahuifaktorpendukungprogramparentingdiSDITInsanPermatadanSDPuriAsahDasarAvesienadanupayapengoptimalannyadan(6)mengetahuifaktorpenghambatprogramparentingdiSDITInsanPermatadanSDPuriAsahDasarAvesienadanupayamengatasinya.Penelitiandilakukandenganrancanganmultisitusdalampendekatankualitatif.Prosespengambilandatadilakukanmelaluiwawancaraobservasidanstudidokumen.Analisisdatadilakukandengancarainduksianalitis.Pengecekankeabsahandatadilakukanmelaluitriangulasisumbertriangulasitekniktriangulasiwaktupengecekananggotadiskusitemansejawatdankecukupanbahanreferensi.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)Perencanaanprogramparentingditentukanmelaluitigamekanismeyaitutopdownbottomupdanparentparicipation.Beberapahalyangditentukandalamperencanaanyaitu(a)identitasprogram(b)langkahimplementasiprogramdan(c)langkahmengevaluasiprogram.Jenisprogramparentingyangdilaksankandisekolahmeliputitigatipeyaitu(a)pengoptimalantanggungjawabdasarorangtua(b)komunikasidan(c)sukarelawan.(2)Pengorganisasianprogramparentingdilakukandenganbeberapahalyaitu(a)Struktursekolahsebagaisaranapengorganisasianguru(b)POSsebagaisaranapengorganisasiandanpemberdayaanortu(c)panitiasebagaistrukturorganisasipelaksana(d)memberdayakanSDMguruorangtuadanprofesilainyangmendukung(e)dalampengorganisasiangurudankaryawandalamstrukturnyaperlumemperhatikanukuransekolah(f)memberdayakangurusebagaipenanggungjawabutamainisiatorpenggerakdanpanitiapelaksana(g)memberdayakanorangtuasebagaiinisiatorpenggerakpanitiapelaksanapendukungkeuangandansaranaprasaranadansasaranutamaprogramparenting(h)Profesilainbaikyangdimilikisekolahataupuntidakdiberdayakansebagaimitradalampengelolaanprogramparenting(i)sumberdanautamadaribiayapendidikandidukungolehkaspaguyubndansumbangansukarelaorangtua(j)saranaprasaranautamaadalahsaranaprasaranasekolahdibantusaranaprasaranadariorangtua(k)saranakomunikasikoordinasigroupwhatsappssuratpertemuan.(3)PenggerakanProgramParentingdilakukandengan(a)Penggerakangurudilakukandengancarapembangunankomitmenpengorientasianguruedukasipemotivasiandandiberikeleluasaandanwewenang(b)penggerakanorangtuadilakukandengancarapembangunankomitmenmelaluisharedvisiondanpenandatangananMOUedukasipemotivasianpengontrolandanjugapengevaluasiansecararutinhomevisitparentshomeworkdanpemberianpunishment.(4)Evaluasiprogramparentingdilakukandengantigamekanismetergantungdarijenisnyayaitu(a)untukjenisevenevaluasidilakukanpanitiasetelahacarausaidandiwujudkandalamsebuahlaporanpertanggungjawaban(b)untukyangbersifatpersonaldanbukanprogramharianevaluasidilakukansetelahkegiatanselesaidandiwujudkandalamlaporanpertanggungjawabandancatatandan(c)untukyangbersifatharianevaluasidilakukanhariandandiwujudkandalamcatatan.Beberapahalyangdibahasdalamevaluasiyaitu(a)realisasikegiatan(b)penggunaandana(c)tingkatkehadirandankeaktifanorangtua(d)ketercapaiantarget(e)kendala(f)kelebihandankekurangan(g)kontribusiorangtua(h)perubahansikaporangtuabeserta(i)sarandanrekomendasi(5)Faktorpendukungpengelolaanprogramparentingmeliputikekuatandanpeluangsekolah.Kekuatanyaitu(a)sharedvisiondiawaltahunajaran(b)MOUditiapawaltahunajaran(c)guruyangcaredandekatdengansiswa(d)Edukasigurudanorangtua(e)Talentadanpsikiater(f)QualityAssurancesekolah(g)korjendankewenangannya(h)komunikasiantaragurudanorangtuayangbisaberlangsungkapansaja(i)punishmentdan(j)Smallclass.Peluangsekolahyaitu(a)Keberadaanpaguyubanorangtuamuriddan(h)Sebagianbesarorangtuamuridberpendidikantinggi.Upayapengoptimalanfaktor-faktorpendukungdalampengelolaanprogramparentingdilakukandalamrangkamembuatfaktor-faktoryangadamemberikandukungandenganoptimaldandenganmengembangkanbentukdukunganataukemanfaatanfaktordariyangtelahada(6)Faktorpenghambatdaripengelolaanprogramparentingmeliputikelemahandantantangansekolah.Kelemahanberupaketegasandaripihaksekolahyangmasihkurang.Tantangansekolahberupalifecontextdariorangtuameliputi(a)orangtuayangtidaksatupemikirandengansekolah(b)ketidakhadiranorangtuasaatsharedvision(c)kesibukanorangtuamurid(d)orangtuayangpasifdankurangmemprioritaskandan(e)adanyatunggakanbiayapendidikan.Upayamengatasihambatandilakukandenganmemperbaikisistemsekolahdanmengutamakanpendekatanpersuasifkeorangtuadengantetapmemperhitungkanprogresivitasorangtuadanpemberiankonsekuensikeorangtua.Beberapasarandaripenelitikepadapengelolaprogramparentingyaitu(1)merapihkanpedomanpelaksanaanprogramparenting(2)meningkatkankefahamanyangsamapadagurudanorangtuamengenaikonsepparentingyangditerapkandisekolah(3)mempertahankankomposisiperbandingangurudansiswapadatiapkelaspadakisaranmaksimal115(4)meningkatkanprogramparentingyangbersifatmemerankanorangtuadalampengambilankeputusanmenyangkutprogramsekolahdankeuangansekolah(5)melakukanevaluasiprogramparentingsampaipadatingkatkontribusidariterselenggaranyaprogramterhadapperkembangandanpembelajaransiswa.