Pengembangan model dan panduan manajemen pelatihan pengurangan risiko bencana bagi kepala sekolah, guru, dan komite sekolah dasar di Kabupaten Rembang / Katharina Maria Anggraeni Diah Kusumaning Ardi
Main Author: | Katharina Ardi, Maria Anggraeni Diah Kusumaning |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/57576/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKAnggraeniK.M.2015.PengembanganModelManajemenPelatihanPenguranganRisikoBencanaBagiKepalaSekolahGurudanKomiteSekolahDasardiKabupatenRembang.Tesis.JurusanManajemenPendidikanProgramPascaSarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.NurulUlfatinM.Pd.(2)Dr.AchmadSupriyantoM.Pd.M.Si.KeywordsmodelmanajemenpelatihanpenguranganrisikobencanaPengetahuanketerampilandansikapterkaitpenguranganrisikobencanaperludimilikiolehwargasekolahdalamrangkamenerapkanprogramSekolahAman.Programsekolahamanyangdipilotkansejaktahun2012diKabupatenRembangolehPlanInternationalIndonesiadanmitranyaYayasanKYPAyangbekerjasamadenganDinasPendidikanKabupatenRembangmeningkatkankesadaranbagipembuatkeputusanbaikditingkatkabupatenmaupunditingkatsekolahakanpentingnyapelatihanpenguranganrisikobencanadisekolah.KetergantungankepadamitraselamainimembuatDinasPendidikanKabupatendansekolahmerasaperlunyasebuahpanduanmanajemenpelatihanpenguranganrisikobencanabagikepalasekolahgurudankomitesekolahdasar.Panduaninidibutuhkanuntukmenyelenggarakanpelatihansendiritanpabergantungpadasuatulembagatertentu(lembagaswadayamasyarakatasingdanlokal).Atasdasarkebutuhaninipenelitiandanpengembanganmodelmanajemenpelatihanpenguranganrisikobencanabagikepalasekolahgurudankomitedisekolahdasardilakukan.PenelitiandanpengembanganinibertujuanmenghasilkanmodelmanajemenpelatihanpenguranganrisikobencanabagikepalasekolahgurudankomitedisekolahdasarpilotprogramsekolahamandiKabupatenRembang.ModelpenelitiandanpengembanganyangdigunakanadalahmodelBorgdanGallyangdisederhanakanolehPusatPenelitianKebijakandanInovasiPendidikanDepartemenPendidikanNasional(DepdiknasRI)menjadilimalangkahyaitu(1)penelitianawal(2)pengembanganprodukawal(3)validasiahli(4)ujicobalapanganskalakecildan(5)ujicobalapanganskalabesarPenelitianawaldilakukandenganmenggunakanangketyangdisebarkankepadasembilangurudan80pesertadidikdienamSDpilotdanwawancaradengankepalasekolahgurukepalabidangperencanaandinaspendidikankoordinatorprogramsekolahamanPlanIndonesiadandirekturprogrammitrapelaksana.Hasildaripenelitianawaladalah(1)pelatihanpenguranganrisikobencanadiperlukanmengingatpotensibahayayangadadilingkunganenamSDpilottersebutdan50%wargasekolahbelummengertitentangpenguranganrisikobencana(2)DinasPendidikandansekolahmemerlukanpanduanmanajemenpelatihanpenguranganrisikobencanadan(4)spesifikasimodelmanajemenpelatihanpenguranganrisikobencanayangdibutuhkanadalahmodelyangmemilikitingkatkegunaankemudahanpenggunaandankelengkapanyangtinggi.Berdasarkanhasilpenelitianawaltersebutprodukawalyangdikembangkanadalah(1)gambarmodelmanajemenpelatihan(2)panduanmanajemen(perencanaanpengelolaanpelaksanaandanpengawasan)(3)perangkatmanajemenpelatihanpenguranganrisikobencanabagikepalasekolahgurudankomitedisekolahdasarpilotprogramsekolahamandiKabupatenRembang.Produkdivalidasiolehduaorangahlidibidangmanajemenpendidikandanpelatihan.Keduaahlitersebutmenilaisangattinggitingkatkegunaankemudahanpenggunaandankelengkapandariprodukyangtelahdikembangkan.UjicobaprodukskalakecilmelibatkanduaSDdisatukecamatandandiikutioleh10pesertadantigafasilitator.Hasilujicobaskalakecilmenunjukkantingkatkegunaankemudahanpenggunaandankelengkapandarimodelmanajemenpelatihanpenguranganrisikobencanainisangattinggidenganmasukanutamadaritimpelaksanauntukmemasukkanmaterimanajemenpelatihankedalamkurikulummenambahkankuncijawabandanmerevisibagianperencanaananggaranagardisesuaikandenganperaturandaerah.UjicobaprodukskalabesarmelibatkantujuhSDdilimakecamatandandiikutioleh32pesertadantujuhorangtimpelaksanayangberasaldaritigaSD.Produkyangdiujicobakansudahmemasukkansarandariujicobaskalakecil.Hasilujicobaskalabesarmenunjukkantingkatkebergunaanproduksangattinggisedangkantingkatkemudahanpenggunaandankelengkapannyatinggi.Keefektifanpelatihandilihatdarihasilpre-testdanpost-testdanrencanaaksiyangdibuat.Rencanaaksiyangdihasilkanmeliputikegiatanpeningkatanketerampilandanpengetahuandalampenguranganrisikobencanapembuatankebijakanditingkatsekolahdanmobilisasisumberdaya.Rencanaaksiinimenunjukkanbahwapelatihanpenguranganrisikobencanainiefektifuntukmengubahsikapdancarapandangmerekaterhadapbencanadanpenguranganrisikonya.Saranyangdapatdisampaikandaripenelitiandanpengembanganiniadalah(1)DinasPendidikanKabupatenRembangdansekolahsebaiknyamenjadikanpanduaninisebagaidokumenstrategisprogramsekolahamanyanghidupuntukmenyelenggarakanpelatihanpenguranganrisikobencanabagikepalasekolahgurudankomitedisekolahdasar(2)UniverstasNegeriMalanghendaknyamemasukkankajiantentangmanajemenpenguranganrisikobencanasebagaisatumatakuliahdiProdiManajemenPendidikanprogramPascaSarjana(3)DinasPendidikanKabupatenRembangdanUniversitasNegeriMalanghendaknyamewadahikegiatanpenelitiandanpengembanganiniuntukmenghasilkanpedomanpengawasanyanglebihlengkapdenganmelibatkanpengawasdanlebihbanyakpihak(4)DinasPendidikanKabupatenRembangdannon-governmentorganizationasingmaupunlokalmelakukantrainingoftrainersagarterdapatlebihbanyakpelatihdibidangmanajemenpenguranganrisikobencanadisekolahdan(5)PlanInternationalIndonesiadanYayasanKYPAdapatmenggunakanpanduaninidiwilayahkerjamerekayangmengimplementasikanprogramsekolahaman.