Pendidikan berbasis budaya lokal suku Boti (studi kasus pada SDN-SMPN Satu Atap Oefau, Desa Boti Nusa Tenggara Timur) / Herawati Sandiningtyas

Main Author: Sandiningtyas, Herawati
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/57572/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSandiningtyasHerawati.2015.PendidikanBerbasisBudayaLokalSukuBoti(StudiKasusdiSDNSMPNSatuAtapOefau).TesisJurusanManajemenPendidikanProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.H.M.HudaA.Y.M.Pd.(II)Prof.Dr.BambangBudiWiyonoM.PdKataKuncipendidikanbudayapendidikanberbasisbudayalokalPendidikanmerupakanlandasandasardalamsebuahbangsademipeningkatankesejahteraanbangsadanseluruhmasyarakatnyadenganheterogenitastinggiditambahlagidenganmasyarakatindonesiayaghidupdinegarakepulauanmenjadikanadanyaberbagaimacambudayakekhasanyangmelekatdisetiapsisikehidupanmasyarakatnyayangberbedasatudenganyanglain.NusaTenggaraTimuradalahsatudarisekianprovinsiyangmemilikibanyaksukusertabudaya.Indonesiamemilikikuranglebih700sukuyangtersebardiseluruhwilayahnusaantaradan70diantaranyaberasaldariNTT.SukuBotimerupakansalahsatusukuyangtinggaldiwilayahNusatenggaraTimurtepatnyaberadadiKotaSoekecamatanKie.SukuBotimerupakansukupedalamanyangmasihjauhdarikehidupankotasehinggamasihmemegangteguhtradisisertakeyakinanya.Tujuanpenelitianinisecararinciadalah(1)menjelaskanenkulturasipendidikanbudayalokaldiSDN-SMPNSatuAtapOefau(2)menjelaskanfaktorpendukungdanpenghambatterjadinyaprosespendidikanbudayalokal(3)strategiyangdilakukandalammengatasifaktorpenghambatprosespendidikanbudayalokalserta(4)implementasipendidikanbudayalokaldiSDN-SMPNSatuAtapOefauNusatenggaraTimur.PenelitianinidilakukandisekolahsatuatapyaituSDNsatuAtapOefaudanSMPNSatuAtapOefaudidesaBotidenganmenggunakanpenelitiankualitatif.Penelitianinidirancangdenganstudikasus.Teknikyangdigunakandalampengumpulandatameliputi(1)teknikwawancaramendalam(2)teknikobservasiserta(3)teknikdokumentasi.Sedangkaninformandipilihdenganmenggunakanteknikpurposiveyangdipadukandengansnowballsampling.Pengecekankeabsahandatajugadilakukandenganmenggunakancredibility(kepercayaan)danconfirmability(kepastian).Datayangterkumpulselanjutnyadianalisis.Temuan-temuanpenelitian(1)prosespendidikanbudayalokaldituangkankedalammatapelajaranmuatanlokalsertakegiatanekstrakurikuler(2)banyaknyaorangtuayangsudahsadarakanpendidikansehinggamendukungkegiatananakdisekolah(3)masihkurangnyaperhatianpemerintahterhadapsekolahyangjauhdariperkotaan(4)masihminimnyatenagapendidikdansaranaprasaranayangadadilapangan.Kesimpulanyangdapatdiambildaripenelitiantersebutadalah(1)mengenaipendidikanberbasisbudayalokalbahwakebudayaanlokalmenjadipemegangperananpentingyangtidakdapatdipisahkandarikehidupanmasyarakatsehari-hari(2)pendidikandankebudayaanyangtelahdijabarkanmenjadisesuatuyangkrusialuntukdicermati(3)kebudayaantidakdapatdipisahkandaripendidikanbegitujugasebaliknya.Pendidikantanpaadanyabudayamenyebabkanlunturnyanilai-nilaikearifanlokalyangadasedangkanbudayatanpapendidikantidakakanmemberimanfaatjangkapanjang.Saran-saranterkaitdenganprosespendidikandiSDN-SMPNSatauAtapOefauadalahuntukmeningkatkankerjasamadenganpemerintahdinaspendidikanDinasPariwisatasertapihak-pihakyangdapatmembantumelestarikanBudayaLokalSukuBotiagartidaktergerusolehbudayaluar.Berdasarkanpermasalahandiatasmakapenelitimemberikansaran(1)PemerintahDaerahSebagaimasukankebijakansupayalebihmeningkatkanperanyangmaksimaldalammelestarikanbudayaBotidiKabupatenTimorTengahSelatan.(2)DinasPendidikanPemudadanOlahragaSebagaibahanevaluasitentangprogramkeunggulandaerahyangtelahdiinstruksikandandimasukandalampengembangankompetensidaerah.(3)BagisekolahlaindikecamatanKieDapatdipakaisebagairujukandalamimplementasipendidikanberbasisbudayalokaluntukmendukungkompetensisiswayangada.(4)gurusiswadanmasyarakatBotidapatdijadikansebagaitempatdimanapendidikandanbudayaditanamkanmelaluilingkungankepadaanak-anaktanpamelupakanpendidikanitusendiri.(5)sebagaibahanrujukanbagiparapenelitiyanginginmenelitilebihlanjutmengenaipendidikanbudayalokaldisekolahyangmasihsatuwilayahdengansukusukupedalamanyangsudahmendiamiIndonesia.