Peran kyai dalam menggerakkan Lembaga Pendidikan Pesantren (Studi kasus di Pondok Pesantren Salafi'yah Sukorejo Situbondo) / Ahmad Hosaini

Main Author: Hosaini, Ahmad
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Online Access: http://repository.um.ac.id/57507/
Daftar Isi:
  • HosainiAhmad.2013.PeranKyaidalamMenggerakkanLembagaPendidikanPesantrendiPondokPesantrenSalafiyahSyafiiyahSukorejoSitubondo.Tesis.JurusanManajemenPendidikanProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.H.AhmadSonhadjiK.H.M.A.Ph.D.(2)Prof.Dr.H.HendyatSoetopoM.Pd.KataKunciperankyaimenggerakkan(actuating)manajemenactuatinglembagapendidikanpesantren12288122881228812288Kyaisebagaimanajerpuncakdipesantrenseharusnyamempunyaikemampuandankapabilitasdalammengelolalembagapendidikandipesantren.PeranKyaisangatpentinguntukmengembangkanlembagapendidikandipesantrenkarenamempunyaiotoritaspenuhsebagaipenentukebijakan.Dalammanajemenpendidikanactuatingmerupakanpenentuperencanaandapatdilaksanakandanpengorganisasiandapatdifungsikandenganbaik.Fokusutamapenelitianiniadalahperankyaidalammenggerakkanlembagapendidikanpesantren.Secaralebihspesifikhalinimeliputi(1)perankyaisebagaipengambilkeputusandilembagapendidikanpesantren(2)perankyaisebagaikomunikatordilembagapendidikanpesantren(3)perankyaisebagaimotivatordilembagapendidikanpesantren(4)perankyaisebagaipenyeleksianggotaorganisasidilembagapendidikanpesantren(5)perankyaisebagaipengembangorang-orangdalampesantren.(6)perankyaisebagaipemberibimbinganperintahdaninstruksiterhadapbawahannyadalammelaksanakantugasmasing-masing(7)peransebagaikoordinatordenganbawahannyadalammenggerakkanlembagapendidikanpesantrendan(8)dampakperankyaidalammenggerakkanlembagapendidikanpesantrenterhadapkinerjalembaga.12288122881228812288PenelitianiniberlokasidiPondokPesantrenSalafiyahSyafiiyahSukorejoSitubondokarenapesantreninimerupakapesantrenyangsudahlamaberdirijauhsebelumkemerdekaanIndonesia.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganrancanganstudikasustunggal.Teknikpengumpulandatadilakukandengantigacarayaitu(1)wawancaramendalamsebagaiteknikutama(2)observasipartisipasi(3)studidokumentasi.Pemilihaninformandilakukandenganteknikpurposivesamplingdansnowballingsampling.Datayangterkumpuldianalisissecaradeskriptifdenganalur(1)reduksidata(2)penyajiandatadan(3)verifikasi.Untukmemperolehkeabsahandatadigunakantigacriteria(1)kredibelitas(2)transferabilitasdan(3)konformabilitas.12288122881228812288Berdasarkanpaparandatapenelitianditemukansebagaiberikut.(1)perankyaidalampengambilankeputusansangatmenonjoldantidakdapatdiganggugugatsertamerupakankeputusanterakhiryangbersifatmutlakdansakraladanya(2)perankyaidalamberkomunikasidenganbawahannyaadalahperanyangdilakukankyaidenganmenggunakankekuasaanpenuhyangdimilikinyadenganbertindaksesuaikeinginannya(3)perankyaidalammemotivasibawahannyaadalahmutlakdibutuhkankarenapersonaliandilingkuganpendidikanpesantrendisampingmengabdidalammembelabentengnyaIslamjugamengabdiuntukkyai(4)perankyaidalammenyeleksianggotaorganisasidilingkunganpendidikanpesantrenmerupakantolakukurterakhiryangsangatmenentukan(5)perankyaidalammengembangkanorang-orangdilembagapendidikanpesantrenadalahsangatmenentukanterhadapkeberhasilanpendidikandilingkunganpesantren(6)perankyaidalammemberikanarahanbimbingandanperintahdilingkunganpendidikanpesantrenmerupakanaktivitasyangmutlakdibutuhkankarenakyaimerupakanfiguryangditaatidandipatuhi(7)perankyaidalamberkoordinasididalampesantrendapatmemberikanpengaruhyangluarbiasabagipengembanganpesantrendan(8)dampaknyabuatlembagasangatmemuaskan.12288122881228812288Berdasarkantemuandalampenelitianinidisarankansebagaiberikut(1)PengurusPesantrendanPengelolaLembagadituntutharusmempertahankandanmenginternalisasikannilai-nilaike-Islam-anyangbersifatspiritualdanreligiousdalammengembanamanatyangtelahdiberikan(2)KemendikbudPusatharuslebihpekaterhadappendidikanpesantrendenganmemberikanperhatianlebihbaikpadablockgrandfasilitassupplySDM(SumberDayaManusia)ataukebijakansehinggapesantrenmenjadisukses(3)KemendikbudKabupatenSitubondodiharapkandapatmenyusunkebijakanyangdapatmendukungterhadappengembanganpendidikandanikutmenjagadanmelestarikannilaiyangadadalampesantrendenganmengalokasikandanmemberikanintensifbagipengembanganpesantren(4)Pengelolalembagapendidikanharusdapatmelihatpengasuhpesantrendalammenggerakkan(pengambilankeputusanpengembanganSDMseleksipersonaliamemotivasiberkoordinasiberkomonikasidanmemberikanintruksi)lembagapendidikanyangberdadalamnaungannyauntukmencapaitargetyangtelahditentukan.(5)BagiPengasuhnilai-nilaispiritualreligiousdanillahiahdalammemberikanmotivasitetapdijagauntukmeningkatkankenyamananbatindalambekerja.Seleksipersoneldilingkunganpendidikanpesantrenseharusnyamemberikankesempatankepadamerekayangmempunyaikapabilitasdankapasitassertamempunyaiintegritasdankomitmenpengabdianyangtinggidanperlupolakomunikasiberbentukjaringan(network)(6)Penelitiselanjutnyadisarankanmelakukanpenelitianlebihlanjuttentangfungsimanajemenyanglainsepertifungsiperencanaan(planning)pengorganisasian(organizing)danpengendalian(controlling)dilingkunganpesantren.