Manajemen pengembangan sumber daya manusia pada pondok pesantren (studi multikasus pada Pondol Pesantren Al-Azizah Lombok Barat NTB dan Pondok Pesantren An-Nur II Al-Murtadlo Malang Jawa Timur) / Haromain
Main Author: | Haromain |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/57481/ |
Daftar Isi:
- KatakuncimanajemenpendidikanpengembangansumberdayamanusiapondokpesantrenPondokpesantrensebagaisalahsatulembagapendidikanIslamdalamperkembangannyaharusmampumengikutisetiapperubahanyangterjadi.Kemampuanpondokpesantrenuntukmempertahankaneksistensinyaharuslahdidukungolehsumberdayamanusiayangmumpunidibidangnya.SebagailembagapendidikantertuadiIndonesiapengelolaanpondokpesantrenternyatamasihmenggunakansistemtradisionalyangmemungkinkannyasulituntukmenyesuaikandiridenganperubahanyangterjadibilatidakdidukungolehinovasi-inovasidalammengembangkandirinya.Keberadaansumberdayamanusiayangmenjadiujungtombakketerlaksanaansetiapprogramsangatmenentukanefektifitaspencapaiantujuanpondokpesantren.Untukituperluadanyapengembangansumberdayamanusiayangbertujuanuntukmeningkatkankualitasmaupunkuantitassumberdayamanusiayangdimilikiolehpondokpesantren.Dalamhaliniprogram-programyangdirancangharusmampumengcoverpeningkatankualitasdankuantitassumberdayamanusiapadapondokpesantren.Dalamprosesnyapengembangansumberdayamanusiaharusdilakukansecarasistematisuntukmengefektifkanpencapaiantujuanpengembangan.Berdasarkankontekstersebutdiataspenelitimerumuskanfokuspenelitianyangterdiriatas(1)perencanaanpengembangansumberdayamanusia.(2)implementasipengembangansumberdayamanusiadan(3)evaluasipengembangansumberdayamanusia.Untukdapatmendeskripsikanketigafokustersebutpenelitimenggunakanpendekatankualitatifdenganrancanganpenelitianstudimultikasus.Pengumpulandatadalampenelitianinidilakukandenganmetodewawancaramendalamobservasidandokumentasi.Analisisdatadalampenelitianinidilakukanmelaluiduatahapyaituanalisisdatakasusindividusertaanalisisdatalintaskasus.Analisisdatakasusindividuberupareduksidatapenyajiandatasertapenarikankesimpulan.Sedangkananalisisdatalintaskasusdilakukandenganmengkomparasikantemuan-temuanpadamasing-masingkasusindividu.Hasilpenelitiandisimpulkansebagaiberikut(1)perencanaanpengembangansumberdayamanusiapadapondokpesantrendilakukanmelaluibeberapalangkahyaitu(a)analisiskebutuhanpengembanganyangberkaitandengananalisisperbandinganantarajumlahtenagapengajardanmudabbirdenganjumlahsantrisertaanalisiskualifikasiakademiktenagapengajarpadapondokpesantren(b)penentuantujuanpengembanganyangberkaitandengantujuanpengembanganbagiindividusertatujuanpengembanganbagipondokpesantrendan(c)perumusanstrategipengembanganberkaitandenganstrategiyangdisusunberdasarkanhasilanalisiskebutuhanpengembanganyaiturekrutmensumberdayamanusiaprogrampendidikandanpelatihansertapembentukanbudayapesantren.(2)implementasipengembangansumberdayamanusiadilakukanmelalui(a)rekrutmensumberdayamanusiayangmeliputiidentifikasikebutuhansumberdayamanusiadarisegijumlahmaupunkualifikasinyapenetapanasalcalontenagapengajardanmudabbirpengusulancalontenagapengajardanmudabbirkepadaTuanGuru/KyaisertapersetujuancalonolehTuanGuru/Kyaiberdasarkankriteriakelayakan(b)programpendidikandanpelatihanmeliputistudilanjutbagialumniberprestasioptimalisasiperanalumnikerjasamapondokpesantrendenganperguruantinggisertapendelegasiansumberdayamanusiauntukmengikutikegiatan-kegiatandiluarpesantrendan(c)pembentukanbudayapesantrenyangmerupakancirikhasyangmembedakanpesantrensatudenganpesantrenlainnyacerminanvisidanmisipondokpesantrensertapendalamannilai-nilaikeikhlasanpersaudaraantolongmenolongsertakebebasan.(3)evaluasiprogrampengembanganyangberkaitandenganprosessertahasilyangdicapaidalamprosespengembangansumberdayamanusia.Berdasarkanhasilpenelitianpenelitidapatmemberikansaran-saransebagaiberikut(1)Bagipenyelenggarapendidikankeagamaankhususnyapondokpesantrenagarmenjadikanhasilpenelitianinisebagaibahankajianyangdapatmembantuprosesberfikirinovatifdalammengembangkansumberdayamanusianyayangtentunyadapatmenjadidasarbagipengaplikasianfungsispiritualyangterkaitdenganaqidahsyariahdanakhlak(2)BagiKementrianAgamaCq.DirektoratPendidikanDiniyahdanPondokPesantrenagardapatmembuatkebijakankeputusandansemacamnyayangberkaitandenganupaya-upayapengembangansumberdayamanusiapadapondokpesantrenbaikberupasaranaprasaranadanadanteknologitepatgunaagarprogramyangsudahsedangdanakandilaksanakandapatmemacuperubahanpercepatanyangpositif(3)Bagipenelitilainhasilpenelitianiniakanmemberikankhazanahpengetahuanyangdiharapkandapatdikembangkanpenelitianberikutnyaberbasispengembangansumberdayamanusiadenganlatarberbedadanpendekatanpenelitianyanglain(4)Bagipengembanganilmumanajemenpendidikandansosialkemasyarakatandankeagamaanagarmenjadikanhasilpenelitianinisebagaireferensipemikiransertapijakanbagipengembanganilmumanajemenpendidikankhususnyayangberkaitandenganmanajemensumberdayamanusia.