Kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan budaya mutu (studi kasus di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Wumialo Gorontalo) / Arifin
Main Author: | Arifin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/57372/ |
Daftar Isi:
- Terwujudnyamadrasahyangberbudayamutumerupakantuntutanyangharusdipenuhiolehsetiapsekolahuntukmeningkatkanprestasi.Keberhasilanmadrasahdalammeningkatkanbudayamutumerupakanusahayangcukupbesarbagikepalasekolahdalammenjalankanperannyasebagaipemimpindalammewujudkanbudayamutu.Penelitianinimasihtergolongrelatifbarusehinggasangatpentingsekalikhususnyabagikepalasekolahdanparastakeholdersagarmemilikiacuanuntukmeningkatkanbudayamutumadrasah.Fokuspenelitianiniadalahkepemimpinankepalamadrasahdalammeningkatkanbudayamutudenganrincianfokus(1)ProfilMadrasahIbtidaiyahMuhammadiyahWumialoKotaGorontalosebagaimadrasahyangbermutu(2)KepemimpinankepalamadrasahterhadappeningkatanmutudiMIMKotaGorontaloyangtercermindalampenjabaranvisimisinilai-nilaikepemimpinansistimpenghargaanhubungansosialemosionaldandesainstrukturorganisasi(3)ImplementasibudayamutusekolahyangtercermindalamMutulayanansekolahMutugurudanstafdanMutusarana/prasaranasekolah.(4)FaktorpenghambatdanfaktorpendukungpengimplementasianbudayamutudanstrategikepalasekolahmengatasifaktorpenghambatdanmemberdayakanfaktorpendukungdalamupayapenerapanbudayamutudiMadrasah.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganrancanganstudikasus.Teknikpengumpulandatanyadilakukandengantigacarayakni(1)wawancaramendalam(2)observasiberperansertapasif(3)studidokumentasi.Pemilihaninformanpenelitianinimenggunakantekniksnowballsampling.Datayangterkumpuldianalisissecaradeskriptifdenganalur(a)reduksidata(b)penyajiandata(c)penarikankesimpulan.Agarmemperolehkeabsahandatadilakukandenganempatkriteria(1)kredibilitas(2)transferbilitas(3)dependenitasdan(4)konfirmabilitas.DarihasilpaparandatapenelitiandilapanganditemukansebagaiberikutPertamaprofilMIMWumialoKotaGorontaloyaitu(1)memilikisaranaprasaranatenagakependidikankurikulumdanpembelajarankesiswaankeuangansertakemitraansekolahdenganmasyarakatkesemuaaspektersebutmerupakanfaktoryangsangatmempengaruhikelancaranprosespembelajaranuntukpeningkatankualitaspendidikantermasukprestasimadrasah.KeduakepemimpinankepalamadrasahdalammeningkatkanbudayamutuMIMWumialoyangmeliputi(1)KepalaMadrasahmenjabarkanVisidanmisidalammelaksanakankepemimpinanuntukmencapaitujuanMadrasah(2)nilai-nilaikepemimpinankepalamadrasahadalahkedisiplinantanggungjawabamarmarufnahimungkardannilaikebersamaansebagaisumberterbentuknyabudayamutu(3)kepalamadrasahmemberikanpenghargaanpadagurudansiswaberprestasiuntukmeningkatkanmotivasinya(4)kepalamadrasahmelakukanhubungansosialdanemosionalbaikpadainternalmaupuneksternalmadrasah(5)kepalamadrasahmelakukanhubunganorganisatorissecarakonsultatifdankordinatif.KetigaimplementasiBudayaMutuMadrasahyangtercerminpada(1)kepalamadrasahmeningkatkanmutudenganpelayananintrakurikulerekstrakurikulerdanpelayananadministrasi(2)peningkatanmutugurudanstafmadrasah(3)kepalamadrasahmeningkatkanmutusaranadanprasaranamadrasah.KeempatfaktorpenghambatdanfaktorpendukungpengimplementasianbudayamutudanstrategikepalasekolahmengatasifaktorpenghambatdanmemberdayakanfaktorpendukungdalamupayapenerapanbudayamutudiMadrasahyaitu(1)faktorpenghambatyaitufaktorinternalberupaketerbatasananggarandankurangnyakomitmenfaktoreksternalyaitukebijakanpemerintahperhatianorangtuadankesanmasyarakat.(2)faktorpendukungyaituyaitukesepahamanvisimisiperankomitemadrasahyangmeningkatperhatianpemerintahsetempat.(3)strategikepalasekolahyaitumemberdayakanfaktor-faktorprndukungyangtelahdimilikiolehmadrasahyaknimembagunsumberdayamanusiabaikdariaspekmentalemosional.Adapunsaranberdasarkantemuan-temuanpenelitianiniadalah(1)BagikepalaMadrasahagarmenjadipemimpinyangprofesionaldanmemilikikomitmenyangkuatuntukmelakukanperbaikanbudayamutusekolahsecaraberkesinambungan.Olehnyaitukepalasekolahharusmampumenjabarkanvisidanmisidanmengimplementasikannilai-nilaikepemipinanmelakukanhubungansoaialdanemosionaldanmemberikanpenghargaankepadabawahanagarterciptakepemimpinanyangefektifyangdapatmeningkatkanbudayamutusekolah.(2)BagiKepalaKantorDepagdanKepalaDinashendaknyamemperhatikandenganbaikpeningkatanbudayamutumadrasah/sekolahdankualitaskepemimpinannyadengancarameciptakansistempendidikanataupelatihansertasertifikasiterhadapjabatankepalasekolahsecaraprofesionaldenganstandar-standarprofesiyangbaik.(3)UntuksekolahdalamhaliniwargaMadrasahIbtidaiyahMuhammadiyahWumialoGorontaloagartetapberupayauntukmeningkatkanmutudanprestasiakademikdanprestasinonakademikbaikTingkatRegionalmaupunTingkatNasional.(4)Sekolahdanmasyarakatdiusahakansalingmengisidalamhalsumberdayamasyarakatuntukmembantusekolahmemecahkanmasalahdanmemperkuatprogramdukunganpencapaiantujuansekolah.(5)Paraorangtuamuriddananggotamasyarakatsekitarnyaperluterusdibinaagarmerekadapatterusmemberikandukunganlebihmaksimallagiselainituhubungankerjasamadenganorangtuamuriddanmasyarakatyangselamainitelahterjalinhendaknyaterusditingkatkan.----------------TherealizationofIslamicElementarySchoolhavingcultureofqualityisademandthatmustbefulfilledbyallschoolinordertoimprovetheachievement.ThesuccessofIslamicElementarySchoolinimprovingthecultureofqualityisanoutstandingtaskonthepartoftheprincipalinrunninghisdutyasleadertorealizethecultureofquality.Thisisrelativelyanewstudysoitwillbeverycrucialforprincipalandstakeholderstohavereferenceinimprovingthecultureofquality.ThefocusofthisstudyistheleadershipofprincipalofIslamicElementarySchoolinimprovingthecultureofqualityandthedetailedfocusare(1)theprofileofMuhhamadiyahIslamicElementarySchoolofWumialoatGorontaloasaqualifiedIslamicElementarySchool(2)theleadershipofprincipalofIslamicElementarySchooltoimprovethequalityofMuhammadiyahIslamicElementarySchoolinGorontalowhichcanbereflectedfromthestatementofobjectivesthevalueofleadershiprewardsystememotionalandsocialrelationshipaswellasthedesignoforganizationalstructure(3)theimplementationofschoolscultureofqualitywhichcanbereflectedfromthequalityofschoolservicequalityofteachersandstaffsandthequalityofequipmentandinfrastructure(4)factorsthathinderandsupporttheimplementationofcultureofqualityandthestrategyemployedbytheprincipaltoovercomethehinderingfactorsandempowersupportingfactorstoimplementthecultureofqualityinIslamicElementarySchool.Thisstudyemploysqualitativeapproachwithacasestudydesign.Thedataarecollectedusingthreeways(1)deepinterview(2)passiveobservation(3)studyofdocumentation.Theselectionofinformantsinthisstudyisdonewiththesnowballsamplingtechnique.Thedataareanalyzeddescriptivelywiththefollowingprocedures(a)reducingdata(b)describingdata(c)makingconclusion.Tomakesurethevalidityofdatathefourcriteriaareemployed.(1)credibility(2)transferability(3)dependabilityand(4)conformability.FromthedescriptionoffielddatathewriterfoundthefollowingfindingsfirstlytheprofileofMuhammadiyahIslamicElementarySchoolofWumialoinGorontaloconsistingof(1)havinggoodequipmentinfrastructureteacherscurriculumstudentsaffairtreasuryandcommunityrelationthoseallaspectsarefactorsthatinfluencethesuccessofteachinglearningprocessinordertoimprovethequalityofIslamicElementarySchool.SecondlytheleadershipofprincipaltoimprovethecultureofqualityofMuhamadiyahIslamicElementarySchoolconsistingof(1)principalgivesdetailedstatementofobjectivesinrunninghisdutyasleadertoachievethepurposeofIslamicElementarySchool(2)theleadershipvaluesofIslamicElementarySchoolprincipalaredisciplineresponsibilityamarmarufnahimunkarandcollectivevalueasthestepstonetorealizethecultureofquality(3)theprincipalofIslamicElementarySchoolgivesrewardfortheoutstandingteacherandstudentstoimprovetheirmotivation(4)theprincipalofIslamicElementarySchoolhasagoodsocialandemotionalrelationwithinternalorexternalpartiesoftheschool(5)theprincipalofIslamicElementarySchoolconductsconsultativeandcoordinativerelation.ThirdlytheimplementationofcultureofqualityinIslamicElementarySchoolwhichcanbereflectedfrom(1)theprincipalofIslamicElementarySchoolimprovesthequalityofintracurrilularandextracurricularactivityandadministrationservice(2)improvesthequalityofteachersandstaffsinIslamicElementarySchool(3)theprincipalofIslamicElementarySchoolimprovesthequalityofequipmentandinfrastructure.FourthlythehinderingandsupportingfactorsandtheempowermentofsupportingfactorsintheimplementationofofcultureofqualityinIslamicElementarySchoolwhichare(1)hinderingfactorsareinternalfactorsintheformofthelimitedbudgetandlackofcommitmentandexternalfactorsintheformofgovernmentpolicyparentsandcommunityattention.(2)supportingfactorsisthesharedstatementofobjectiveimprovementofschoolscommitteeandtheattentionfromlocalgovernment.(3)strategyofprincipalisempoweringthesupportingfactorspossessedbytheschoolthatisbuildingthehumanresourcesmentallyandemotionally.Basedontheabovefindingsthefollowingsuggestionsaregiven(1)theprincipalofIslamicElementarySchoolshouldbeprofessionalleaderandhavestrongcommitmenttoimprovethecultureofqualityofschoolcontinuously.Thustheprincipalshouldbeabletointerpretthestatementofobjectivesandimplementtheleadershipvaluehavesocialandemotionalrelationandgiverewardtothesubordinatetocreateeffectiveleadershipthatisabletoimprovethecultureofqualityofschool.(2)theheadofeducationofficeshouldpayattentiontotheimprovementofcultureofqualityandthequalityoftheleaderbycreatingeducationalsystemortrainingaswellascertificationfortheprincipalusingprofessionalstandards.(3)fortheschoolespeciallyMuhamadiyahIslamicElementarySchoolofWumialoinGorontaloshouldtrytoimprovethequalityandacademicandnonacademicachievementinregionalornationallevel(4)schoolandsurroundingcommunityshouldhavegoodcooperationtohelpschoolovercomeproblemsadstrengthentheprogramtoachievetheschoolsobjectives.(5)theparentsofstudentsandsurroundingcommunityshouldbeguidedcontinuouslyinorderthattheycangivesupporttotheschoolandtheexistingrelationwithstudentsparentsandcommunityshouldbeimproved.