Pelaksanaan pembinaan profesionalisme pamong belajar dalam peningkatan kualitas pembelajaran kelompok belajar kesetaraan (Studi multi di SKB Lombok Barat dan SKB Sumbawa propinsi Nusa Tenggara Barat) / Agus Sadid

Main Author: Sadid, Agus
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Online Access: http://repository.um.ac.id/57367/
Daftar Isi:
  • PenyelenggaraanprogrampendidikankesetaraandiSKBmerupakanupayapemerintahuntukmemberikanpelayananpendidikankepadamasyarakatmelaluijalurpendidikannoformalsetingkatSD/MI/SMP/MTsdanSMA/MA.Pamongbelajarmerupakanjabatanprofesionalyangdituntutuntukselalutumbuhdanberkembang.RelatihrendahnyakualitaspembelajarandikelompokbelajarkesetaraanberakibatpadanilaidantingkatkelulusanwargabelajarkesetaraandalamUjianNasionalPendidikanKesetaraan(UNPK).KondisiinimenuntuttugasdantanggungjawabkepalaSKBuntuklebihintensifmemberikanpembinaanprofesionalkepadaPBterutamadalampeningkatankualitaspembelajarankelompokbelajarkesetaraansehinggahasil-hasilbelajarmenjadimeningkat.PenelitianinibertujuanuntukmemperolehgambarantentangpelaksanaanpembinaanprofesionalismePBdalampeningkatankualitaspembelajarandikelompokbelajarkesetaraanpadaduaSKBdipropinsiNTB.Adaenamfokusyangdicermatidalampenelitianiniyaitubagaimanatentang(1)pelaksanaanpembinaanprofesionalismePBdalampeningkatankualitaspembelajarandikelompokbelajarkesetaraanyaitupaketBsetaraSMPdanpaketCsetaraSMAyangselanjutnyauntukfokusinidibagidalamsubfokustentang(a)pembinaanpadaaspekpenyusunanrencanapembelajaran(b)pembinaanpadaaspekpengelolaanpembelajaran(c)pembinaanpadaaspekpenggunaanalatperagaataumediapembelajarandan(d)pembinaanpadaaspekpenilaianatauevaluasibelajar(2)pelaksanaanpembinaanprofesionalismePBmelaluipendidikandanpelatihan(3)pelaksanaanpembinaanprofesionalismePBmelaluikegiatanpenugasanakademikataupengembanganprofesi(4)pelaksanaanpembinaanprofesionalismePBmelaluiforumpamongbelajar(5)faktoryangmenghamabatpelaksanaanpembinaanprofesionalismePBdan(6)faktoryangmendukungkeberhasilanpelaksanaanpembinaanprofesionalismePB.Desaindaripenelitianiniadalahkualitatifdenganmenggunakanpendekatanfenomenologisdanrancanganstudimultikasus.Dasarpertimbangandigunakanrancanganpenelitiantersebutadalah(1)penelitianinidilakukanpadalataralamiahdanpadadualatarbelakangkasusyangberbeda(2)penelitianinimenggunakanmanusiasebagaiinstrumenutama(3)penelitianinilebihmemperhatikanprosesdaripadahasil.Sedangkanpenerapanstudimultikasusberdasarkanpendapatbahwastudimultikasusmerupakansuatukajianyangdilakukansecararinciterhadapduaataulebihlataryangmemilikiperbedaankarakteristiksuatusubyektumpukandokumenatausuatuperistiwatertentu.Teknikpengumpulandatadilakukandenganteknikbolasalju(snowballsampling)yaitumelalui(1)wawancaranmendalam(2)observasipartisipatifdan(3)studidokumentasi.Informanditentukandenganmenggunakanteknikpurposifdipadukandengantrianggulasisumber.Selanjutnyadatayangterkumpuldilakukanujikredibilitasdependabilitasdankonfirmabilitas.Analisisdatameliputi(1)analisiskasusindividudan(2)analisislintaskasus.UntukanalisiskasusindividumenggunakanteknikanalisisinteraktifdariMilesdanHubbermanyangmeliputi(1)reduksidata(2)penyajiandatadan(3)penarikankesimpulan.SedangkananalisislintaskasusmenggunakanpendapatdariBogdandanBiklen(1982)danOwens(1987).Penelitianinimenghasilkantemuan-temuansebagaiberikut.PertamapelaksanaanpembinaanprofesionalismePBolehkepalaSKBdilatarbelakangioleh(1)kualitasSDMPByangmasihbelummemadai(2)perkembanganinformasidanteknologidan(3)meningkatnyatuntutandankebutuhanbelajarwargabelajar.KeduatujuanpembinaanprofesionalismePBadalah(1)meningkatkankompetensiketrampilandankemampuanPBdalammelaksanakanprogramPNFsalahsatunyaadalahpendidikankesetaraandan(2)meningkatkanhasil-hasilpembelajarankelompokbelajarkesetaraan.Ketigabentuk-bentukpembinaanprofesionalismePBdiantaranya(1)pembinaandalamrangkameningkatkankualitaspembelajaranmeliputipenyusunanrencanapembelajaranpengelolaanbelajarpenggunaanalatperagadanpenilaianatauevaluasibelajar(2)pembinaanmelaluiprogram(a)inservicetrainingantaralainpelatihanlokakarayamagangkursusdanworskhopdan(b)inserviceeducationantaralainrintisangelarS1peningkatankualifikasipendidikanpendidikanjabatan.KeempatpembinaanprofesionalismePBdilakukanjugadilakukanmelalui(1)kegiatanpenugasanakademikataupengembanganprofesidan(2)forumPB.DanKelimafaktor-faktoryangmenghambatdanmendukungkeberhasilanpelaksanaanpembinaanprofesionalismePBmeliputi(a)faktordaridalam(internal)yaitukompetensikepemimpinandantanggungjawabkepalaSKBsertasikapperilakudankepribadiandariPBdan(b)faktordariluar(eksternal)yaitulingkungankerjasuasanakantorlatarbelakangpendidikanhubungankomunikasidankerjasama.JadisecaraumumkeduakepalaSKBtelahmelakukanupaya-upayadalamrangkameningkatkankemampuanprofesionalPBmeskipunbanyakkendalaterutamapadakasusII.Kepadabeberapapihakberikutdisarankanagar(1)pembinaanprofesionalismePBharusdilakukansecarakomprehensifdanberkelanjutandenganmenekankanlebihbanyakkepadaaspekteknisyangterkaitdenganpeningkatankualitaspembelajaran(2)PBharusmeresponhasilpenelitianinisecarapositifuntukmeningkatkanmotivasidankinerjadalampembelajarandikelompokbelajarkesetaraandan(3)KepalaDinaspendidikankabupatendanBupatiagarmempertimbangkanpengangkatankepalaSKBdanPBberdasarkankompetensipembelajaranlatarbelakangpendidikandankemampuanmemahamisupervisi.