Pembinaan profesionalisme guru berbasis keagamaan (Studi kasus pada sekolah di lingkungan Yayasan Pendidikan Almaarif Kecamatan Singosari Kabupaten Malang) / Syaifuddin

Main Author: Syaifuddin
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Online Access: http://repository.um.ac.id/57356/
Daftar Isi:
  • Pendidikansebagaisuatuprosesmerupakansuatusistempengolahanbahan(pesertadidik)denganmelibatkanberbagaiperangkatyangdimilikinyaberupagurukurikulumbukuajarmetodologisaranadanprasaranateknologiorganisasimanajemendanadisampingfaktorideayangmelahirkanvisimisidanprogrampendidikan.Olehkarenaituagarpendidikandapatberjalanlancardanmenghasilkanoutputsesuaiyangdiharapkanperluadanyapembinaanuntukmeningkatkankualitassumberdayamanusia(SDM)yangcerdaskreatifinovatifagamisetisyangkompetitifdanberkepribadianluhur.Salahsatumodelpembinaanguruyangdilaksanakandisekolah-sekolahlingkunganyayasanpendidikanAlmaarifSingosariadalahmodelpembinaanguruyangdilaksanakansecaraterpadudengankegiatanyangbersifatkeagamaan(religius)dilingkunganyayasantersebut.Kegiatanpembinaantersebutmenarikuntukditelitisebabmelaluipenanamanmentalspiritualberusahadikembangkanpotensidankreativitasguruuntukmencapaitujuanprosesbelajarmengajarsecaramaksimal.Jaditumbuhnyakesadaranberagamadijadikanmotivatorutamadalammenjalankantugasprofesionalisnyasebaik-baiknya.Dalampenelitianfokuspenelitianiniadalah(1)BagaimanakahgambaranprofesionalismegurudilembagapendidikanyangdikelolaolehYayasanPendidikanAlmaarifSingosari(2)BagaimanakahpembinaanguruberbasiskeagamaandilaksanakandiYayasanPendidikanAlmaarifSingosari(3)ApasajakahfaktorpendukungdanpenghambatpembinaanguruberbasiskeagamaandiYayasanPendidikanAlmaarifSingosariUntukmenjawabpertanyaabtersebutdilakukanpenelitianpadasekolah-sekolahdilingkunganYayasanPendidikanAlmaarifSingosaridenganrancangandanpendekatankualitatif.Prosedurpengumpulandatadilaksanakanmelaluiwawancaramendalamdanpengamatanperansertadimanapenelitimerupakaninstrumentutama.Hasilanalisisdatapenelitianmenunjukkanbahwa(1)Guru-gurudisekolah-sekolahlingkunganyayasanpendidikanAlmaarifSingosaridapattampilprofessionaldalamhalkedisplinanwaktukehadirankepulanganberpakaian(seragam)aktifmengikutikegiatansekolahsesuaidenganperaturanyangtelahditetapkandandalamhalkinerjanyamampumencerminkanprofesionalismenyamenyusunrencanaprosesbelajarmengajarmelaksanakankegiatanprosesbelajarmengajarmengerjakankegiatansesudahprosesbelajarmengajardanaktifmengerjakankegiatantugastambahanyangdibebankankepadanya(2)pembinaanguruberbasiskeagamaandisekolah-sekolahlingkunganyayasanpendidikanAlmaarifSingosaridilaksanakansecaraterpadudengankegiatankeagamaandisetiapsekolahyangadadiyayasantersebut.Penyelenggaranyameliputikegiatanrutinbertempatdirumahparagurusecarabergilirdengansistemarisandansecarainsidentaldilaksanakandisekolah.Modelpembinaanguruolehkepalasekolahdenganpendekatankeagamaancenderungkearahbentuksupervisikolaboratifsebabdalammenetapkansuatugagasan(ide)ataukeputusanseringmemperhatikanmasukandariparagurubawahannyadan(3)faktorpendukungpembinaanguruberbasiskeagamaandiyayasanpendidikanAlmaarifSingosariantaralainpersamaanidiologigurukepalasekolahmaupunpengurusyayasantingginyaaktifitasdansemangatparagurudalammengikutikegiatankeagamaanterciptanyasuasanareligiusadanyadukungandaripengurusyayasandanterdapatnyasistemarisandalammenetapkangilirantempatpertemuan.Sedangkanfaktorpenghambatterdiridaritempatpelaksanaanyangterkadangsulitdijangkaudankurangmemadaiterbatasnyawaktuyangtersediabiayapelaksanaanyangterbataskurangnyasaranatransportasidanluasdanlompleknyapermasalahanyangmenjadimateripembinaan.Bertitiktolakdaritemuanpenelitiandiatasterdapatbeberapasaranyangdapatdipertimbangkandalammeningkatkanpembinaangurudenganpendekatankeagamaanyaitu(1)paragurudiharapkanjangancepatmerasapuasdenganapayangsudahdicapaiselamainiteruslahberupayauntukmengembangkankemampuannyamelaluiberbagaikegiatanyangdiselenggarakansekolahterutamakegiatanyangdilaksanakanterpadudenganpembinaanguru(2)Bagikepalasekolahagarterusmeningkatkankemampuannyabaikmelaluijalurakademikmaupunsecaraaktifmengikutikegiatanseprofesinyasepertikelompokkerjakepalasekolah(KKB)membinahubunganbaiksecarainternalmaupuneksternal(3)Bagipengelolayayasanhendaknyadipikirkanalternatifkegiatanpembinaanguruyangdipadukandengankegiatankeagamaanmungkindimasamendatangkegiatanrutintersebutbisadiselenggarakandisekolahsajahaliniakandapatmengatasipermasalahantempatsaranatransportasibahkanmungkinbisamenghematwaktudanbiaya.