Pembinaan profesionalisme guru berbasis keagamaan (Studi kasus pada sekolah di lingkungan Yayasan Pendidikan Almaarif Kecamatan Singosari Kabupaten Malang) / Syaifuddin
Main Author: | Syaifuddin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/57356/ |
Daftar Isi:
- Pendidikansebagaisuatuprosesmerupakansuatusistempengolahanbahan(pesertadidik)denganmelibatkanberbagaiperangkatyangdimilikinyaberupagurukurikulumbukuajarmetodologisaranadanprasaranateknologiorganisasimanajemendanadisampingfaktorideayangmelahirkanvisimisidanprogrampendidikan.Olehkarenaituagarpendidikandapatberjalanlancardanmenghasilkanoutputsesuaiyangdiharapkanperluadanyapembinaanuntukmeningkatkankualitassumberdayamanusia(SDM)yangcerdaskreatifinovatifagamisetisyangkompetitifdanberkepribadianluhur.Salahsatumodelpembinaanguruyangdilaksanakandisekolah-sekolahlingkunganyayasanpendidikanAlmaarifSingosariadalahmodelpembinaanguruyangdilaksanakansecaraterpadudengankegiatanyangbersifatkeagamaan(religius)dilingkunganyayasantersebut.Kegiatanpembinaantersebutmenarikuntukditelitisebabmelaluipenanamanmentalspiritualberusahadikembangkanpotensidankreativitasguruuntukmencapaitujuanprosesbelajarmengajarsecaramaksimal.Jaditumbuhnyakesadaranberagamadijadikanmotivatorutamadalammenjalankantugasprofesionalisnyasebaik-baiknya.Dalampenelitianfokuspenelitianiniadalah(1)BagaimanakahgambaranprofesionalismegurudilembagapendidikanyangdikelolaolehYayasanPendidikanAlmaarifSingosari(2)BagaimanakahpembinaanguruberbasiskeagamaandilaksanakandiYayasanPendidikanAlmaarifSingosari(3)ApasajakahfaktorpendukungdanpenghambatpembinaanguruberbasiskeagamaandiYayasanPendidikanAlmaarifSingosariUntukmenjawabpertanyaabtersebutdilakukanpenelitianpadasekolah-sekolahdilingkunganYayasanPendidikanAlmaarifSingosaridenganrancangandanpendekatankualitatif.Prosedurpengumpulandatadilaksanakanmelaluiwawancaramendalamdanpengamatanperansertadimanapenelitimerupakaninstrumentutama.Hasilanalisisdatapenelitianmenunjukkanbahwa(1)Guru-gurudisekolah-sekolahlingkunganyayasanpendidikanAlmaarifSingosaridapattampilprofessionaldalamhalkedisplinanwaktukehadirankepulanganberpakaian(seragam)aktifmengikutikegiatansekolahsesuaidenganperaturanyangtelahditetapkandandalamhalkinerjanyamampumencerminkanprofesionalismenyamenyusunrencanaprosesbelajarmengajarmelaksanakankegiatanprosesbelajarmengajarmengerjakankegiatansesudahprosesbelajarmengajardanaktifmengerjakankegiatantugastambahanyangdibebankankepadanya(2)pembinaanguruberbasiskeagamaandisekolah-sekolahlingkunganyayasanpendidikanAlmaarifSingosaridilaksanakansecaraterpadudengankegiatankeagamaandisetiapsekolahyangadadiyayasantersebut.Penyelenggaranyameliputikegiatanrutinbertempatdirumahparagurusecarabergilirdengansistemarisandansecarainsidentaldilaksanakandisekolah.Modelpembinaanguruolehkepalasekolahdenganpendekatankeagamaancenderungkearahbentuksupervisikolaboratifsebabdalammenetapkansuatugagasan(ide)ataukeputusanseringmemperhatikanmasukandariparagurubawahannyadan(3)faktorpendukungpembinaanguruberbasiskeagamaandiyayasanpendidikanAlmaarifSingosariantaralainpersamaanidiologigurukepalasekolahmaupunpengurusyayasantingginyaaktifitasdansemangatparagurudalammengikutikegiatankeagamaanterciptanyasuasanareligiusadanyadukungandaripengurusyayasandanterdapatnyasistemarisandalammenetapkangilirantempatpertemuan.Sedangkanfaktorpenghambatterdiridaritempatpelaksanaanyangterkadangsulitdijangkaudankurangmemadaiterbatasnyawaktuyangtersediabiayapelaksanaanyangterbataskurangnyasaranatransportasidanluasdanlompleknyapermasalahanyangmenjadimateripembinaan.Bertitiktolakdaritemuanpenelitiandiatasterdapatbeberapasaranyangdapatdipertimbangkandalammeningkatkanpembinaangurudenganpendekatankeagamaanyaitu(1)paragurudiharapkanjangancepatmerasapuasdenganapayangsudahdicapaiselamainiteruslahberupayauntukmengembangkankemampuannyamelaluiberbagaikegiatanyangdiselenggarakansekolahterutamakegiatanyangdilaksanakanterpadudenganpembinaanguru(2)Bagikepalasekolahagarterusmeningkatkankemampuannyabaikmelaluijalurakademikmaupunsecaraaktifmengikutikegiatanseprofesinyasepertikelompokkerjakepalasekolah(KKB)membinahubunganbaiksecarainternalmaupuneksternal(3)Bagipengelolayayasanhendaknyadipikirkanalternatifkegiatanpembinaanguruyangdipadukandengankegiatankeagamaanmungkindimasamendatangkegiatanrutintersebutbisadiselenggarakandisekolahsajahaliniakandapatmengatasipermasalahantempatsaranatransportasibahkanmungkinbisamenghematwaktudanbiaya.