Pengembangan desain pembelajaran berbasis network learning dalam keterampilan menulis mata pelajaran bahasa Inggris kelas X SMA Negeri 2 Kota Kediri / Dewi Menur

Main Author: Menur, Dewi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/57285/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKMenurDewi.2018.PengembanganDesainPembelajaranBerbasisNetworkLearningdalamKeterampilanMenulisMataPelajaranBahasaInggrisKelasXdiSMANegeri2KotaKediri.TesisJurusanTeknologiPembelajaranFakultasPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.PunajiSetyosariM.PdM.Ed(II)SaidaUlfaM.EduPh.D.KataKuncidesainpembelajarannetworklearningketerampilanmenulisTeksDeskriptif.PengembangandesainpembelajaranberbasisNetworkLearningdalamketerampilanmenulismatapelajaranBahasaInggriskelasXdiSMANegeri02KotaKediribertujuanuntukmemberikanalokasiwaktuyangterbataskepadasiswasecarasyncronousmaupunasyncronous.SiswabisamengerjakansecaraberkelompokdenganmetodediskusitanyajawabpenugasandanpresentasimenggunakanNetworkLearningdenganpaltformInstagram.Networklearningmemudahkansiswadalammendapatkaninformasidimanapundankapanpun.Aksesdalaminteraksisiswayangmembagikanprosespembelajaranantarasiswakesiswasiswakegurudengankomunitasbelajarmenggunakanmediainternet.PadadasarnyapenelitianinijugamemberikankeefektifandalamketerampilanmenulisagarmelatihsiswadalammenerapkangrammarbaikdanbenarpadamateriDescriptiveText.Padamateriteksdeskriptifterdapatkontenmengenaisimplepresenttenseyangmenjadiacuandalamgrammar.Tujuanpengembanganinimemfasilitasikebutuhanbelajardalammenerapkanketerampilanmenulissiswasecaraefektifdalampembelajaran.Adanyanetworklearningmembantudalammemberikansiswainformasisatusiswakesiswalainnya.PengembanganinimenggunakanmetodepengembanganASSUREuntukmengembangkandesainpembelajarandenganmemanfaatkanteknologiberbasisnetworklearningdalamketerampilanmenulisBahasaInggris.Adapunlangkah-langkahtersebutmeliputi(1)MenganalisisPebelajar(2)MenyatakanStandardanTujuan(3)MemilihStrategiTeknologiMediadanMateri(4)MenggunakanTeknologiMediadanMeterial(5)MengharuskanPartisipasiPembelajarserta(6)MengevaluasidanMerevisi.HasilpenelitiandanpengembangandesainpembelajaranmenggunakanberbasisnetworklearnigdalamketerampilanmenulismatapelajaranBahasaInggriskelasXinimemenuhikriteriaterujikelayakannyapadahasilujicobalapangandenganperhitungandata26orangdidapatkan87%dengantingkatankelayakan.Sehinggadesainpembelajaraninilayakdigunakanuntukpembelajarandidalamkelasuntukmendukungketerampilanmenulissiswa.Siswabisamengimplementasikandanmembagikanhasiltulisanmenggunakansosialmediayangmerekamilikidengangrammaryangbaikdanbenar.