Pengembangan Pembelajaran Model Project-Based Teaching Practices Berbantuan Web Pada Siswa Dengan Kondisi Motivasi Intrinsik Rendah / Mochamad Farid Yusuf

Main Author: Yusuf, Mochamad Farid
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/57278/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKYusufMochammadFarid.2018.PengembanganPembelajaranModelProject-BasedTeachingPracticesBerbantuanWebPadaSiswaDenganKondisiMotivasiIntrinsikRendah.TesisTeknologiPembelajaranPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.SihkabudenM.Pd(II)Dr.HenryPraherdhionoS.SiM.Pd.KataKunciProject-BasedTeachingPracticesWebMotivasiIntrinsikBerdasarkananalisiskebutuhanyangdilaksanakandiSMKNegeri5MalangkelasXIpadaMataPelajaranRBJdapatdiketahuihalberikut(a)Perbedaantipebelajarkarakteristikdanlatarbelakangpembelajaran(b)pembelajaranklasikalkurangsesuaidengankarakteristikmateriperencanaanjaringan(c)keterbatasanwaktuuntukmencapaitujuanpembelajaran(d)rata-rataketuntasanbelajarmasihdibawah40%didapatdarirendahnyamotivasiintriksiparasiswanyadan(d)setiapsiswamemilikiperangkatlaptopsendiridantersedianyaaksesinternetdengankecepatan120MBps.SalahsatujenispembelajaranyangmampumeningkatkankeahliandanketerampilandiSMKadalahpembelajaranmodelProject-BasedTeachingPracticesberbantuanwebdimanaintidaripembelajarantersebutadalahpengalamanbelajarsecaranyatadibantudenganteknologiweb.BerkaitandenganitudiperlukanpengembanganpembelajaranyangdapatmemenuhikebutuhansiswaberupakemampuandalammerancangdanmembangunjaringandiSMKNegeri5Malang.TujuandaripenelitianiniadalahuntukmenghasilkanprodukpembelajaranyanglayakmelaluiujivalidasisehinggadapatdigunakanpadamatapelajaranRBJkelasXITKJ-2SMKN5MalangdanmengkajiefektifitaspembelajaranmodelProject-basedTeachingPracticesberbantuanweb.ProdukPembelajaranyangdikembangkanmenggunakanmodelpengembanganLeedanOwens(2004)yangterdiridari(1)analisiskebutuhan(2)analisisAwal-Akhir(3)desain(4)pengembangan(5)implementasi(6)evaluasi.HasilvalidasiolehahliDesainpembelajaranmemberikanpenilaian94%dengankriteriavalidahlimediamemberikanpenilaian92%dengankriteriavalidahlimaterimemberikanpenilaian92%dengankriteriavalidujicobasiswaperseoranganmenghasilkanpenilaian88%dengankriteriavalidujicobakelompokkecilmenghasilkanpenilaian87%dengankriteriavalidujicobakelompokbesarmenghasilkanpenilaian91%dengankriteriavaliddanteshasilbelajarsiswasetelahpelaksanaanpembelajaranmenghasilkanpenilaian87%siswayangmemenuhiKKM.HalinimenunjukkanbahwaprodukpembelajaraninilayakdanefektifdigunakandalampembelajaranPerencanaandanpemutakiranjaringan.Olehkarenaitudesainpembelajaraninidapatdigunakangurusebagaialternatifrancanganpembelajaran.Pengembanglaindiharapkanpenelitianinibermanfaatsebagaimasukandalammelakukanpengembangandesainpembelajaranuntukmateriyanglain.