Pengembangan multimedia pembelajaran berbasis mobile mata pelajaran bahasa Jawa materi aksara Jawa SMP kelas VIII / Miranda Silviarista
Main Author: | Silviarista, Miranda |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/57265/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSilviaristaMiranda.2017.PengembanganMultimediaPembelajaranBerbasisMobileuntukMataPelajaranBahasaJawaMateriAksaraJawaSMPKelasVIII.TesisTeknologiPembelajaranPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.PunajiSetyosariM.EdM.Pd(II)Dr.SihkabudenM.PdKataKuncipengembanganmediapembelajaranmobilelearningmatapelajaranbahasaJawaaksaraJawaSalahsatumateripelajarandarimatapelajaranbahasaJawayaituaksaraJawadengankompetensidasarmenulis.SiswadiharapkandapatmenuliskanaksaraJawadenganbenar.OlehkarenaitusiswaharusterampilmembacabacaanberaksaraJawadenganmengenalimaupunmenulisaksaraJawa.DilapanganmemperlihatkanbahwakeberadaanpembelajaranbahasaJawaberdasarkanhasilevaluasikepengawasanterkaitpenilaianterhadappelaksanaanpembelajaranbahasaJawabelummencapaihasilyangmemuaskan(Rahayu2011).RendahnyaminatsiswaterhadapmatapelajaranbahasaJawakhususnyamateriaksaraJawadikarenakansiswamengalamikesulitandalamaspekmenulisaksaraJawa.KebanyakansiswamenganggapaksaraJawaadalahmateriyangsulitkarenadalampenulisannyamemilikiaturanyangrumitdanmemilikikemiripanbentukdisetiapaksara.SumberpustakabahasaJawadanpenggunaanmediapembelajaranyangatraktifintreaktifdanmodernuntukbahasaJawasangatminimmenjadisalahsatupermasalahanyangdihadapidalamaksaraJawa.Bentukdaripemanfaatanteknologiinformasidankomunikasidalamduniapendidikanyaitumemanfaatkanhandphonesebagaimediapembelajaran.Pembelajaranyangmemanfaatkanhandphonebiasadikenaldenganistilahmobilelearning.Penggunaanperangkatbergerak(mobiledevice)dalamprosespembelajarankemudiandikenalsebagaimobilelearning(m-learning)(Gorgiev20042).MobileLearningadalahsuatupembelajaranyangmenggunakanperangkatbergerak(mobiledevice)dalamprosespembelajarannyadimanasiswadapatmengaksesmateripelajaransecaraberulang-ulangkapanpundandimanapun.MobileLearningditerapkandiSMPMuhammadiyah4SingosarikarenapadasiswakelasVIIItingkatkepemilikanhandphonelebihtinggidibandingkandengankepemilikankomputer/laptop.TujuanpengembanganadalahmenghasilkanprodukmediapembelajaranmengenaimateriaksaraJawabagisiswadalambentukmediamobilelearningyangtelahdivalidasi.MediayangdikembangkanberisimateriaksaraJawayangterdiriteksgambarsuaraanimasidandikemassecaramenarik.Mediayangdikembangkaninidiharapkanmampumemberikankesempatanpadasiswauntukmempelajarikembalimateriyangkurangdikuasaisebagaimediapembelajaranpenunjang(suplemen)yangdigunakansecaramandiripadamatapelajaranbahasaJawakelasVIIIdiSMPMuhammdiyah4Singosari.PenelitiandanpengembanganmediapembelajaraninimengadaptasimodelpengembangandariLeeOwensdenganalurAnalisisDesainPengembanganImplementasidanEvaluasi.Selanjutnyadilakukanpengumpulandatamelaluimetodeobservasiwawancaradanangket.Mediamobilelearninginidivalidasikanolehahlimateri1orangahlimedia1orangdanaudienssiswasebanyak20orang.Darihasilpenelitianmediamobilelearninginidinyatakanvalidataulayakdenganhasilperhitunganahlimateri8928%ahlimedia9345%kepadaaudiens/siswayaituperorangan8205%kelompokkecil8237%danujicobalapangan8288%sertateshasilbelajar867%.DengandemikianmediapembelajaranmobileaksaraJawauntuksiswakelasVIIIdapatdigunakanuntukprosesbelajarsecaraindividumaupunkelompok.Berdasarkansarandaripenelitianpengembanganmediamobileiniperludilakukanbeberapaperbaikanyaitudalamukurantombolpapan/boarduntukmenuliscontohdanlatihanlebihdikembangkanlagisehinggamediapembelajaranaksaraJawaakanmenjadilebihbaikdanmudahdigunakan.