Pengembangan multimedia pembelajaran berbasis mobile mata pelajaran bahasa Jawa materi aksara Jawa SMP kelas VIII / Miranda Silviarista

Main Author: Silviarista, Miranda
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.um.ac.id/57265/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSilviaristaMiranda.2017.PengembanganMultimediaPembelajaranBerbasisMobileuntukMataPelajaranBahasaJawaMateriAksaraJawaSMPKelasVIII.TesisTeknologiPembelajaranPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.PunajiSetyosariM.EdM.Pd(II)Dr.SihkabudenM.PdKataKuncipengembanganmediapembelajaranmobilelearningmatapelajaranbahasaJawaaksaraJawaSalahsatumateripelajarandarimatapelajaranbahasaJawayaituaksaraJawadengankompetensidasarmenulis.SiswadiharapkandapatmenuliskanaksaraJawadenganbenar.OlehkarenaitusiswaharusterampilmembacabacaanberaksaraJawadenganmengenalimaupunmenulisaksaraJawa.DilapanganmemperlihatkanbahwakeberadaanpembelajaranbahasaJawaberdasarkanhasilevaluasikepengawasanterkaitpenilaianterhadappelaksanaanpembelajaranbahasaJawabelummencapaihasilyangmemuaskan(Rahayu2011).RendahnyaminatsiswaterhadapmatapelajaranbahasaJawakhususnyamateriaksaraJawadikarenakansiswamengalamikesulitandalamaspekmenulisaksaraJawa.KebanyakansiswamenganggapaksaraJawaadalahmateriyangsulitkarenadalampenulisannyamemilikiaturanyangrumitdanmemilikikemiripanbentukdisetiapaksara.SumberpustakabahasaJawadanpenggunaanmediapembelajaranyangatraktifintreaktifdanmodernuntukbahasaJawasangatminimmenjadisalahsatupermasalahanyangdihadapidalamaksaraJawa.Bentukdaripemanfaatanteknologiinformasidankomunikasidalamduniapendidikanyaitumemanfaatkanhandphonesebagaimediapembelajaran.Pembelajaranyangmemanfaatkanhandphonebiasadikenaldenganistilahmobilelearning.Penggunaanperangkatbergerak(mobiledevice)dalamprosespembelajarankemudiandikenalsebagaimobilelearning(m-learning)(Gorgiev20042).MobileLearningadalahsuatupembelajaranyangmenggunakanperangkatbergerak(mobiledevice)dalamprosespembelajarannyadimanasiswadapatmengaksesmateripelajaransecaraberulang-ulangkapanpundandimanapun.MobileLearningditerapkandiSMPMuhammadiyah4SingosarikarenapadasiswakelasVIIItingkatkepemilikanhandphonelebihtinggidibandingkandengankepemilikankomputer/laptop.TujuanpengembanganadalahmenghasilkanprodukmediapembelajaranmengenaimateriaksaraJawabagisiswadalambentukmediamobilelearningyangtelahdivalidasi.MediayangdikembangkanberisimateriaksaraJawayangterdiriteksgambarsuaraanimasidandikemassecaramenarik.Mediayangdikembangkaninidiharapkanmampumemberikankesempatanpadasiswauntukmempelajarikembalimateriyangkurangdikuasaisebagaimediapembelajaranpenunjang(suplemen)yangdigunakansecaramandiripadamatapelajaranbahasaJawakelasVIIIdiSMPMuhammdiyah4Singosari.PenelitiandanpengembanganmediapembelajaraninimengadaptasimodelpengembangandariLeeOwensdenganalurAnalisisDesainPengembanganImplementasidanEvaluasi.Selanjutnyadilakukanpengumpulandatamelaluimetodeobservasiwawancaradanangket.Mediamobilelearninginidivalidasikanolehahlimateri1orangahlimedia1orangdanaudienssiswasebanyak20orang.Darihasilpenelitianmediamobilelearninginidinyatakanvalidataulayakdenganhasilperhitunganahlimateri8928%ahlimedia9345%kepadaaudiens/siswayaituperorangan8205%kelompokkecil8237%danujicobalapangan8288%sertateshasilbelajar867%.DengandemikianmediapembelajaranmobileaksaraJawauntuksiswakelasVIIIdapatdigunakanuntukprosesbelajarsecaraindividumaupunkelompok.Berdasarkansarandaripenelitianpengembanganmediamobileiniperludilakukanbeberapaperbaikanyaitudalamukurantombolpapan/boarduntukmenuliscontohdanlatihanlebihdikembangkanlagisehinggamediapembelajaranaksaraJawaakanmenjadilebihbaikdanmudahdigunakan.