Pengembangan bahan ajar sejarah daerah Bima berbantu quick response codes kelas X SMA Negeri 1 Woha / Nasruddin
Main Author: | Nasruddin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/57258/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKNasruddin2017.PengembanganBahanAjarSejarahDaerahBimaBerbantuQuickResponseCodesKelasXSMANegeri1Woha.TesisProgramStudiTeknologiPembelajaranUniversitasNegeriMalangPembimbing(1)Dr.SulthoniM.Pd.(II)Dr.DediKuswandiM.Pd.KataKunciPengembanganBahanAjarQrCodesMuatanLokalSsejarahDaerahBimaFaktorpendukungkeberhasilanKurikulum2013adalahketersediaanbukusebagaibahanajardansumberbelajaryangmengintegrasikanteknologididalamprosespembelajaran.Materipelajaranuntukmasyarakatpebelajarmencakuppulanilai-nilaiyangberkaitandengankearifanlokalmasyarakat.Matapelajaranmuatanlokalsejarahdaerahbimamerupakansalahsatualternatifyangdapatditempuhmelaluiinstitusipendidikanadalahdengancaramemperkenalkankeanekaragamandankekayaanbudayanasionalsejakdinimelaluibudayayangadadidaerahnyamasing-masing.BerdasarkanhasilobservasiawalditemukanbahanajarmuatanlokalsejarahdaerahbimadiSMAN1Wohaselamainihanyasebatasbahanajarcetakberupafotocopyyanghanyamenampilkansecaravisualdanterkesanlinearbahanajaryangadabelummenggabungkanaudiovisualyangdapatdiakseslangsungolehpebelajarmelaluiandroidatausmartphonesehinggasiswamengalamikesulitandalammemahamimateripelajaran.DalampengembanganbahanajarinimempunyaitujuanuntukmenghasilkanbahanajarmuatanlokalsejarahdaerahbimaberbasisQRCodesdiSMANegeri1Woha.Adapunprodukyangakandihasilkanmeliputi(1)bahanajaruntuksiswa(2)bukupanduangurudan(3)bukupanduansiswa.ModelpengembanganbahanajarmatapelajaranmuatanlokalsejarahdaerahbimaberbasisQRCodesmenggunakanmodelpengembanganDickCarey.Berdasarkanhasilanalisisdataberdasarkansubyekujicobayaituahliisiahlidesainahlimediakemudiandilanjutkandenganujicobaperoranganujicobakelompokkecildanujicobalapanganpengembanganbahanajarmuatanlokalsejarahdaerahbimadinyatakansangatlayakuntukdigunakansebagaibahanpembelajarandenganpersentasebahanajarmencapai87%panduanguru86%panduansiswa86%.Adapunfokussebagaibahankajianpengembanganselanjutnyadiharapkandapatmemenuhikriteriasebagaiberikuta)Materidalambahanajardiharapkanmencakupkeseluruhansejarahdaerahbimab)Desainbukuagarlebihmenariksesuaidengankarakteristiksiswac)Bahanajaryangadadiharapkandapatdimanfaatkandenganstrategipembelajaranyangbervariasid)Penambahanfitur-fiturteknologiQrCodesyangterupdatee)Penambahanvideoyangsesuaidengankontenf)Jenisvideodiharpakanbervariasisepertianimasistopmotion.