Pengembangan bahan ajar sejarah daerah Bima berbantu quick response codes kelas X SMA Negeri 1 Woha / Nasruddin

Main Author: Nasruddin
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.um.ac.id/57258/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKNasruddin2017.PengembanganBahanAjarSejarahDaerahBimaBerbantuQuickResponseCodesKelasXSMANegeri1Woha.TesisProgramStudiTeknologiPembelajaranUniversitasNegeriMalangPembimbing(1)Dr.SulthoniM.Pd.(II)Dr.DediKuswandiM.Pd.KataKunciPengembanganBahanAjarQrCodesMuatanLokalSsejarahDaerahBimaFaktorpendukungkeberhasilanKurikulum2013adalahketersediaanbukusebagaibahanajardansumberbelajaryangmengintegrasikanteknologididalamprosespembelajaran.Materipelajaranuntukmasyarakatpebelajarmencakuppulanilai-nilaiyangberkaitandengankearifanlokalmasyarakat.Matapelajaranmuatanlokalsejarahdaerahbimamerupakansalahsatualternatifyangdapatditempuhmelaluiinstitusipendidikanadalahdengancaramemperkenalkankeanekaragamandankekayaanbudayanasionalsejakdinimelaluibudayayangadadidaerahnyamasing-masing.BerdasarkanhasilobservasiawalditemukanbahanajarmuatanlokalsejarahdaerahbimadiSMAN1Wohaselamainihanyasebatasbahanajarcetakberupafotocopyyanghanyamenampilkansecaravisualdanterkesanlinearbahanajaryangadabelummenggabungkanaudiovisualyangdapatdiakseslangsungolehpebelajarmelaluiandroidatausmartphonesehinggasiswamengalamikesulitandalammemahamimateripelajaran.DalampengembanganbahanajarinimempunyaitujuanuntukmenghasilkanbahanajarmuatanlokalsejarahdaerahbimaberbasisQRCodesdiSMANegeri1Woha.Adapunprodukyangakandihasilkanmeliputi(1)bahanajaruntuksiswa(2)bukupanduangurudan(3)bukupanduansiswa.ModelpengembanganbahanajarmatapelajaranmuatanlokalsejarahdaerahbimaberbasisQRCodesmenggunakanmodelpengembanganDickCarey.Berdasarkanhasilanalisisdataberdasarkansubyekujicobayaituahliisiahlidesainahlimediakemudiandilanjutkandenganujicobaperoranganujicobakelompokkecildanujicobalapanganpengembanganbahanajarmuatanlokalsejarahdaerahbimadinyatakansangatlayakuntukdigunakansebagaibahanpembelajarandenganpersentasebahanajarmencapai87%panduanguru86%panduansiswa86%.Adapunfokussebagaibahankajianpengembanganselanjutnyadiharapkandapatmemenuhikriteriasebagaiberikuta)Materidalambahanajardiharapkanmencakupkeseluruhansejarahdaerahbimab)Desainbukuagarlebihmenariksesuaidengankarakteristiksiswac)Bahanajaryangadadiharapkandapatdimanfaatkandenganstrategipembelajaranyangbervariasid)Penambahanfitur-fiturteknologiQrCodesyangterupdatee)Penambahanvideoyangsesuaidengankontenf)Jenisvideodiharpakanbervariasisepertianimasistopmotion.