Pengaruh Universal Design for Learning (UDL) berbasis Social Learning Networks (SLN) terhadap hasil belajar / Beny Hari Firmansyah

Main Author: Firmansyah, Beny Hari
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.um.ac.id/57254/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKFirmansyahBenyHari.2017.PengaruhUniversalDesignforLearning(UDL)BerbasisSocialLearningNetworks(SLN)TerhadapHasilBelajar.TesisJurusanTeknologiPembelajaranProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.AnselmusJ.E.ToenlioeM.Pd.(II)SaidaUlfaST.M.Ed.Ph.D.KataKunciuniversaldesignforlearningsociallearningnetworkshasilbelajarKegiatanpembelajaranyangadasekaranginiumumnyamenyajikanpresentasimateriyangsamauntuksetiappesertadidikkarenamenganggapbahwakarakteristiksemuapesertadidikadalahhomogen.padahaldalamkenyataannyasetiappesertadidikmempunyaikarakteristikyangberbedadalambelajarsertakurangnyakegiatanpembelajaranyangmemanfaatkanperkembanganteknologidierabigdatasepertijejaringsosialyangpenggunaannyasemakinmeluas.Olehkarenaitudibutuhkansebuahkegiatanpembelajaranyangdapatmemfasilitasiperbedaanpesertadidikdalambelajarsertapemanfaatanjejaringsosialdalamprosespembelajarangunauntukmeningkatkanhasilbelajarpesertadidik.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuipengaruhpembelajaranUniversalDesignforLearning(UDL)berbasisSocialLearningNetworks(SLN)terhadaphasilbelajarpesertadidik.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiantrueexperimentaldesigndenganrancanganeksperimenpretestposttestcontrolgroupdesign.TerdapatduakelompokdalampenelitianiniyaitukelompokeksperimenyangmenerapkanperlakuanpembelajaranUDLberbasisSLNdankelompokkontrolyangmenerapkanpembelajarankonvensional.Subjekpenelitianinimelibatkanmahasiswasebanyak45orangdiSTKIPPGRISitubondoyangmengambilmatakuliahTelaahKurikulum.DatayangdikumpulkandalampenelitianinidiolahdenganbantuanprogramSPSSforwindowsversi22.0denganteknikanalisisdatapairedsamplettestuntukmengujihipotesispenelitian.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaterdapatperbedaanhasilbelajarantarakelompokeksperimen(7800)yangdiberiperlakuanpembelajaranUDLberbasisSLNdengankelompokkontrol(7150)yangtidakdiberiperlakuan.Halinijugadibuktikandarihasilperhitunganmenggunakannormalizedgaindiperolehgainuntukkelompokeksperimen(038)sedangkankelompokkontrol(012).Selisihrata-ratanilaigainkelompokeksperimendankelompokkontroladalah038012026dengandemikiandapatdikatakanbahwapembelajaranUDLberbasisSLNefektifuntukmeningkatkanhasilbelajarmahasiswa.Dalampengujianhipotesismenggunakanttestdidapatkanprobabilitas(Sig.2tailed)adalah0023.Karenaprobabilitas005makaH0diterimaatauterdapatperbedaanhasilbelajarantarakelompokeksperimenyangmenerapkanperlakuanUDLberbasisSLNdengankelompokkontrolyangmenerapkanpembelajarankonvensional.