Penerapan strategi pembelajaran paradigma pedagogi ignatian (Reflektif) terhadap peningkatan hasil belajar dan motivasi berprestasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) siswa kelas V Sekolah Dasar / Albertus Hartana
Main Author: | Hartana, Albertus |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/57225/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKHartanaAlbertus.2015.PenerapanStrategiPembelajaranParadigmaPedagogiIgnatian(Reflektif)TerhadapPeningkatanHasilBelajardanMotivasiBerprestasiBelajarIlmuPengetahuanAlam(IPA)SiswaKelasVSekolahDasar.Tesis.JurusanTeknologiPembelajaranPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.H.PunajiSetyosariM.EdM.Pd.(II)Dr.DediKuswandiM.Pd.KataKunciPedagogiIgnatianHasilBelajarMotivasiBerprestasiParadigmaPedagogiIgnatian(Reflektif)adalahseniataucaraberpikirdanbertindakyangmenyaturagakannilai-nilaikemanusiaankedalamsetiapmateriajardalamprosespembelajaran.Parasiswatidakhanyamengetahuimateriajarsajatetapimerekadiajakuntukmenemukanmaknayangterkandungdalamsetiapmateriajar(pengalaman).Parasiswaaktifmencarisendiridanataubersama-samadengantemansebayanilai-nilaikemanusiaandarisetiapmateriajar(refleksi)danmewujudnyatakannilai-nilaitersebutdalamtindakan(aksi)dalamkehidupansehari-hari.DalamPenelitianinipenelitimenggunakanPenelitianTindakanKelas(PTK)untukmembantumemecahkanpermasalahanyangterjadidikelasVBSekolahDasarKanisiusSengkanYogyakartadalamprosespembelajaranIPAdenganpembelajaranParadigmaPedagogiIgnatian(reflektif).DalamPenelitianTindakanKelas(PTK)inipenelitimengadopsimodelPTKyangdirancangolehBruceW.TuckmanandBrianE.Happer(2012).Nilairata-ratahasilbelajarsiklus1adalah1385dansiklus2adalahsebesar1503dengandemikiandiperolehperbedaanrata-ratasebesar1175dimananilairata-ratahasilbelajarsiklus1adalahlebihrendahdanhasilbelajarsiklus2adalahlebihtinggi.Dariujitdiperolehnilaithitungsebesar2466danttabelsebesar2000denganprobabilitassebesar0016padatarafsignifikansi005.Karenanilaithitunglebihbesardaritabeldankarenaprobabilitasnyajauhdibawah005makapenerapanpembelajaranParadigmaPedagogiIgnatian(reflektif)dapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasVBSDKanisiusSengkanYogyakartadalampembelajaranIPA.Hasilpenelitiantentangmotivasiberprestasisiswadiperolehbahwanilairata-ratamotivasiberprestasisiklus1adalah10823dansiklus2adalahsebesar11605dengandemikiandiperolehperbedaanrata-ratasebesar7825dimananilairata-ratamotivasiberprestasisiklus1adalahlebihrendahdannilairata-ratamotivasiberprestasisiklus2adalahlebihtinggi.Dariujitdiperolehnilaithitungsebesar2572danttabelsebesar2000denganprobabilitassebesar0012padatarafsignifikansi005.Karenanilaithitunglebihbesardaritabeldankarenaprobabilitasnyajauhdibawah005makapenerapanpembelajaranParadigmaPedagogiIgnatian(Reflektif)jugadapatmeningkatkanmotivasiberprestasibelajarsiswakelasVBSDKanisiusSengkanYogyakartadalampembelajaranIPA.i