Penerapan perpaduan model pembelajaran jigsaw II dengan game puzzle untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan keterampilan sosial mata pelajaran IPA kelas VIII-F SMP Negeri 1 Jabung Kabupaten Malang / Mukhammad Luqman Hakim
Main Author: | Hakim, Mukhammad Luqman |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/57206/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKHakimMukhammadLuqman.2015.PenerapanPerpaduanModelPembelajaraanJigsawIIDenganGamePuzzleUntukMeningkatkanHasilBelajarKognitifDanKeterampilanSosialMataPelajaranIPAKelasVIII-FdiSMPNegeri1JabungKabupatenMalang.TesisProgramStudiTeknologiPembelajaran.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.DediKuswandiM.Pd.(2)Dr.SulthoniM.Pd.KataKunciJigsawIIGamepuzzlehasilbelajarkognitifketerampilansosial.PolapembelajaranIPAdiSMPNegeri1Jabungmasihcenderungdidominasiolehgurudimanasiswakurangmendapatkesempatanuntukmengembangkankreativitasdanbelumbisaterlibatsecaralangsungdalamprosespembelajaran.Halinijugaberdampakpadaperolehanhasilbelajaryangkurangdarikriteriakesuksesanminimal(KKM).Solusipemecahanmasalahtersebutperluditerapkansuatupembelajaranyangtepat.Salahsatumetodepembelajaranyangbisaditerapkanuntukmengatasimasalahyaitudenganmetodepembelajrankooperatif.PembelajarankooperatifyangdipilihadalahmodelJigsawIIdengandipadukanmenggunakangamepuzzleuntukmeningkatkanhasilbelajarkognitifdanketerampilansosial.OlehkarenaitutujuandaripenelitianiniadalahuntukmeningkatkanhasilbelajarkognitifdanketerampilansosialmatapelajaranIPAkelasVIII-FdiSMPNegeri1JabungKabupatenMalangdenganmenggunakanmodelpembelajarankooperatifJigsawdipadukandengangamepuzzle.Jenispenelitianadalahpenelitiantindakankelas(PTK).SubjekpenelitianadalahsiswakelasVIIIFSMPNegeri1Jabungsemesterganjiltahunajaran2014/2015.Analisisdatadalampenelitianinidilakukanselamadansetelahpengumpulandata.Datayangterkumpulkemudiandianalisisdenganmelaluitahapanyaitu1)mereduksidata2)menyajikandatadan3)menarikkesimpulanHasilpenelitianadalahnilairata-ratamasing-masingsiklus.Nilairata-ratahasilbelajarsiswapadasiklusIyaitu7382danpadasiklusIImencapai7867.Nilairata-rataketerampilansosialsiswapadasiklusIyaitu69%danpadasiklusIIsebesar81%.DapatdisimpulakanbahwapenerapanmodelpembelajaranJigsaiIIdengangamepuzzledapatmeningkatkanhasilbelajarkognitifdanketerampilansosialsiswakelasVIII-FSMPNegeri1Jabung.Berdasarkanhasilpenelitianinibeberapasaranyangdiajukanyaitu(1)pembelajaraninisebagaisalahsatualternatifstrategipembelajaranyangdapatmembuatpembelajaranmenjadilebihefektif(2)perangurudalamprosespembelajaransangatpentingyaituuntukmengendalikankelasagartetapkodusifsertamelakukanpembagiankelompokasalsesuaidengantingkatkesulitanmateridengantingkatkognitifsiswa(3)mediagamepuzzlesebaiknyamenggunakanpotongangambaryangsesuaidenganmateridanpertanyaanyangadadidalampuzzlejugaseputarmateriyangakandibahas(4)penggunaanmediapuzzlesebaiknyaditerapkanpadasaatpembentukankelompokasalyangbertujuanuntukmelatihkerjasamasiswa(5)guruharusmampumemberikanataumemfasilitasisiswadenganberbagaisumberbelajaruntukmenunjangsiswadalammemperkayamateri.