Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis komputer pada materi perangkat lunak aplikasi lectora inspire / Abdul Haris Indrakusuma
Main Author: | Indrakusuma, Abdul Haris |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/57176/ |
Daftar Isi:
- IndrakusumaAbdulHaris.2013.PengembanganMediaPembelajaranInteraktifBerbasisKomputerpadaMateriPerangkatLunakAplikasiLectoraInspireTesisPascasarjanaTeknologiPembelajaranUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.INyomanS.DegengM.Pd.(II)Dr.WasisDjokoDwiyogoM.Pd.KataKunciPengembanganMediaPembelajaranInteraktifPengembanganmediapembelajaranberbasiskomputerperludiimplementasikandilingkunganpendidikankarenatuntutanperkembanganilmupengetahuandanteknologiyangmendorongupaya-upayapembaharuandalampemanfaatanhasil-hasilteknologipendidikandalamprosesbelajarmengajar.SalahsatusoftwareyangdapatmendukungadalahLectoraInspireyaitusalahsatudaribeberapasoftwarebuatanTrivantisyangdirancanguntukpembuatankontenpembelajaran(LearningContentCreator).PenelitianinibertujuanuntukmenghasilkanprodukmediapembelajaraninteraktifuntukMateriPerangkatLunakAplikasiLectoraInspiredalambentukCDyanglayakuntukditerapkansebagaimediapembelajaransehinggaprosespembelajaranlebihefektif.PenelitianinimerupakanpenelitianpengembangandenganmenggunakanmodelproseduralyaitumodelADDIEmenurutLeeandOwens(2004)dengantahap-tahappengembangansebagaiberikut(1)analisis(2)design(3)development(4)implementasidan(5)evaluasi.Teknikpengumpulandatayaitudenganmetodekuesioner.SubjekujicobadalampenelitianiniadalahmahasiswaSTKIPPGRITulungagungyangberjumlah15mahasiswadenganrincian6mahasiswauntukujicobakelompokkecildankeseluruhanmahasiswayangberjumlah15untukujicobakelompokbesar.Sedangkanuntukpengujianinstrumenmenggunakanpresentasefrekuensi.Hasilprodukyangdikembangkanadalahtutorialmediapembelajaraninteraktifberbasiskomputerpadamateriperangkatlunakaplikasilectorainspireyangberisilimamodulyaitu(1)pengenalanauthoringtool(2)pengenalansnagitdancamtasiastudio(3)pengenalanflypaper(4)pembuatanmateriujidan(5)publikasilectorainspire.Kesimpulandarivalidasiahlimateri906%yangmenyatakankelayakanmateriperangkatlunakapliaksilectorainspiredarivalidasiahlimedia893%yangberartimediainilayakuntukdikembangkansedangkandariinstrumenmahasiswakelompokkecil826%kelompokbesar871%dandaripenilaianhasilevaluasimahasiswa807%yangsecarakeseluruhanjugamenyatakanmediapembelajaraninteraktifinilayakuntukdigunakansebagaisumberbelajar.UntukmemanfaatkanmediapembelajaraninteraktifSaranbagipenelitiberikutnyayangakanmengembangkanmediapembelajaraninteraktifberbasiskomputerpadamateriperangkatlunakaplikasilectorainspireantaralain(1)pengembanganyanglebihlanjutperluditambahkanlagianimasi-animasidansuarayanglebihmenarikdisesuaikandengantampilandanmateri(2)PadapengembanganberikutnyaseharusnyaInstrumenharusdikembangkandandivalidasi.