Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis komputer pada materi perangkat lunak aplikasi lectora inspire / Abdul Haris Indrakusuma

Main Author: Indrakusuma, Abdul Haris
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Online Access: http://repository.um.ac.id/57176/
Daftar Isi:
  • IndrakusumaAbdulHaris.2013.PengembanganMediaPembelajaranInteraktifBerbasisKomputerpadaMateriPerangkatLunakAplikasiLectoraInspireTesisPascasarjanaTeknologiPembelajaranUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.INyomanS.DegengM.Pd.(II)Dr.WasisDjokoDwiyogoM.Pd.KataKunciPengembanganMediaPembelajaranInteraktifPengembanganmediapembelajaranberbasiskomputerperludiimplementasikandilingkunganpendidikankarenatuntutanperkembanganilmupengetahuandanteknologiyangmendorongupaya-upayapembaharuandalampemanfaatanhasil-hasilteknologipendidikandalamprosesbelajarmengajar.SalahsatusoftwareyangdapatmendukungadalahLectoraInspireyaitusalahsatudaribeberapasoftwarebuatanTrivantisyangdirancanguntukpembuatankontenpembelajaran(LearningContentCreator).PenelitianinibertujuanuntukmenghasilkanprodukmediapembelajaraninteraktifuntukMateriPerangkatLunakAplikasiLectoraInspiredalambentukCDyanglayakuntukditerapkansebagaimediapembelajaransehinggaprosespembelajaranlebihefektif.PenelitianinimerupakanpenelitianpengembangandenganmenggunakanmodelproseduralyaitumodelADDIEmenurutLeeandOwens(2004)dengantahap-tahappengembangansebagaiberikut(1)analisis(2)design(3)development(4)implementasidan(5)evaluasi.Teknikpengumpulandatayaitudenganmetodekuesioner.SubjekujicobadalampenelitianiniadalahmahasiswaSTKIPPGRITulungagungyangberjumlah15mahasiswadenganrincian6mahasiswauntukujicobakelompokkecildankeseluruhanmahasiswayangberjumlah15untukujicobakelompokbesar.Sedangkanuntukpengujianinstrumenmenggunakanpresentasefrekuensi.Hasilprodukyangdikembangkanadalahtutorialmediapembelajaraninteraktifberbasiskomputerpadamateriperangkatlunakaplikasilectorainspireyangberisilimamodulyaitu(1)pengenalanauthoringtool(2)pengenalansnagitdancamtasiastudio(3)pengenalanflypaper(4)pembuatanmateriujidan(5)publikasilectorainspire.Kesimpulandarivalidasiahlimateri906%yangmenyatakankelayakanmateriperangkatlunakapliaksilectorainspiredarivalidasiahlimedia893%yangberartimediainilayakuntukdikembangkansedangkandariinstrumenmahasiswakelompokkecil826%kelompokbesar871%dandaripenilaianhasilevaluasimahasiswa807%yangsecarakeseluruhanjugamenyatakanmediapembelajaraninteraktifinilayakuntukdigunakansebagaisumberbelajar.UntukmemanfaatkanmediapembelajaraninteraktifSaranbagipenelitiberikutnyayangakanmengembangkanmediapembelajaraninteraktifberbasiskomputerpadamateriperangkatlunakaplikasilectorainspireantaralain(1)pengembanganyanglebihlanjutperluditambahkanlagianimasi-animasidansuarayanglebihmenarikdisesuaikandengantampilandanmateri(2)PadapengembanganberikutnyaseharusnyaInstrumenharusdikembangkandandivalidasi.