Pengembangan multimedia pembelajaran bahasa inggris (Menyimak) untuk SMP kelas VII di SMP Negeri 1 Parigi Nurhalis M.Lauselang
Main Author: | Lauselang, Nurhalis M. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/57148/ |
Daftar Isi:
- KatakunciPengembanganMultimediaInteraktifBahasaInggrisMembaca.PembelajaranBahasaInggrisdiIndonesiaterletakpadakemampuangurumenghadirkanmodelberbagaiaspekkebahasaandalamlingkunganpembelajaran.BerdasarkansurveyprapengembanganditemukanbahwadalampembelajaranbahasaInggrisdiSMPNegeri1Parigisiswakekurangankesempatandansumberyanglayakdijadikanmodelkebahasaan.Pengembanganinibertujuanuntuk1)menciptakanprodukmultimediapembelajaraninteraktifmatapelajaranbahasaInggriskhususnyadalampembelajaranmenyimak(reading)dan2)mengetahuiefektivitasprodukdalampemanfaatannyadalampembelajaranmenyimakBahasaInggrisbagisiswakelasVIISMPNegeri1Parigi.PengembanganinimenggunakanmodelADDIEyangdipilihkarenadianggaplebihtepatuntukpengembanganmultimedia.Tahapan-tahapanpengembangansecaraberurutanadalahAnalisisDesainPengembanganImplementasidanEvaluasi.Analisisdilakukanterhadapsiswateknologitugaspengetahuanprasyaratsituasionaltujuanmediadanmateriatausilabusyangtersedia.Desaindilakukandenganberfokuspadastrukturisidanpadaspesifikasimediasepertitemadesainantarmukadanfungsionalitasgayatulisandanbahasastandarinteraksidanumpanbalikperlakuanterhadapvideodanaudiodesaindanstandarteksdesaindanstandargrafisanimasidanefekkhusus.Pengembangandilakukandenganproduksimateripembelajaranfituratauinstrumentyangdigunakandalampembelajarandanberbagaijenismateripendukungdengankegiatansepertipenulisanstoryboadatauskenariopenyajianpembuatandanpernyusunansertamodifikasiunsur-unsurmediaberdasarkanstoryboard.Tahapanimplementasidilakukandenganmenempatkanprodukpadapenggunaanyangnyatasepertidikelasdilaboratoriumatausecaramandiridirumahdanbertujuanmemperkenalkancarapenggunaanyangefektifdanefisien.Tahapanevaluasidilakukanuntukmengetahuisejauhmanaprodukdapatmemenuhitujuanpembelajarandankebutuhanpebelajardengancaramelakukanujicobadanevaluasidanrevisi.Hasilujicobamenunjukkanbahwaprodukmultimediapembelajaraninteraktifberbasiskomputeryangdikembangkaninimemilikidayatarikyangsangatbesarsehinggamemudahkanmemfasilitasipembelajaran.Produkpengembanganinidapatdigunakansiswasebagaisumberataubahanajaryangbaikdimanaprodukinimemaparkansecaragamblangdanjelastentangmateri-materiyangadadalampelajaranbahasaInggrissehinggabelajarlebihefisiendanefektif.Singkatnyaprodukinitelahmemenuhikebutuhangurudalammeningkatkanstrategipenyampaianpesanpembelajarandantelahmemenuhikebutuhansiswayangberagamdalammempelajarimateri-materiyangadadalambidangstudibahasaInggris.