Pengembangan multimedia pembelajaran bahasa inggris (Menyimak) untuk SMP kelas VII di SMP Negeri 1 Parigi Nurhalis M.Lauselang

Main Author: Lauselang, Nurhalis M.
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Online Access: http://repository.um.ac.id/57148/
Daftar Isi:
  • KatakunciPengembanganMultimediaInteraktifBahasaInggrisMembaca.PembelajaranBahasaInggrisdiIndonesiaterletakpadakemampuangurumenghadirkanmodelberbagaiaspekkebahasaandalamlingkunganpembelajaran.BerdasarkansurveyprapengembanganditemukanbahwadalampembelajaranbahasaInggrisdiSMPNegeri1Parigisiswakekurangankesempatandansumberyanglayakdijadikanmodelkebahasaan.Pengembanganinibertujuanuntuk1)menciptakanprodukmultimediapembelajaraninteraktifmatapelajaranbahasaInggriskhususnyadalampembelajaranmenyimak(reading)dan2)mengetahuiefektivitasprodukdalampemanfaatannyadalampembelajaranmenyimakBahasaInggrisbagisiswakelasVIISMPNegeri1Parigi.PengembanganinimenggunakanmodelADDIEyangdipilihkarenadianggaplebihtepatuntukpengembanganmultimedia.Tahapan-tahapanpengembangansecaraberurutanadalahAnalisisDesainPengembanganImplementasidanEvaluasi.Analisisdilakukanterhadapsiswateknologitugaspengetahuanprasyaratsituasionaltujuanmediadanmateriatausilabusyangtersedia.Desaindilakukandenganberfokuspadastrukturisidanpadaspesifikasimediasepertitemadesainantarmukadanfungsionalitasgayatulisandanbahasastandarinteraksidanumpanbalikperlakuanterhadapvideodanaudiodesaindanstandarteksdesaindanstandargrafisanimasidanefekkhusus.Pengembangandilakukandenganproduksimateripembelajaranfituratauinstrumentyangdigunakandalampembelajarandanberbagaijenismateripendukungdengankegiatansepertipenulisanstoryboadatauskenariopenyajianpembuatandanpernyusunansertamodifikasiunsur-unsurmediaberdasarkanstoryboard.Tahapanimplementasidilakukandenganmenempatkanprodukpadapenggunaanyangnyatasepertidikelasdilaboratoriumatausecaramandiridirumahdanbertujuanmemperkenalkancarapenggunaanyangefektifdanefisien.Tahapanevaluasidilakukanuntukmengetahuisejauhmanaprodukdapatmemenuhitujuanpembelajarandankebutuhanpebelajardengancaramelakukanujicobadanevaluasidanrevisi.Hasilujicobamenunjukkanbahwaprodukmultimediapembelajaraninteraktifberbasiskomputeryangdikembangkaninimemilikidayatarikyangsangatbesarsehinggamemudahkanmemfasilitasipembelajaran.Produkpengembanganinidapatdigunakansiswasebagaisumberataubahanajaryangbaikdimanaprodukinimemaparkansecaragamblangdanjelastentangmateri-materiyangadadalampelajaranbahasaInggrissehinggabelajarlebihefisiendanefektif.Singkatnyaprodukinitelahmemenuhikebutuhangurudalammeningkatkanstrategipenyampaianpesanpembelajarandantelahmemenuhikebutuhansiswayangberagamdalammempelajarimateri-materiyangadadalambidangstudibahasaInggris.