Pengembangan multimedia interaktif mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pokok bahasan sistem perekonomian Indonesia dan pelaku-pelaku ekonomi kelas VIII di MTs. Negeri 1 Lawang / Ansori

Main Author: Ansori
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Online Access: http://repository.um.ac.id/57136/
Daftar Isi:
  • KataKunciMultimediaInteraktifSistemPerekonomianIndonesiaPelaku-PelakuEkonomi.Perkembanganteknologimultimediamenjanjikanpotensibesardalammerubahcaraseseoranguntukbelajardanmemperolehinformasi.Penggunaanmultimediamemberikanpeluangbagiguruuntukmengembangkanteknikpembelajaranyanglebihberagam.Sedangkanbagipebelajarpenggunaanmultimediaakanmemudahkanmerekauntukmenentukandenganapadanbagaiamanamenyerapinformasisecaraefektifdanefisien.BerdasarkanhasilobservasiawaldiMTs.Negeri1LawangditemukanbahwadalampelaksanaanpembelajaranIlmuPengetahuanSosial(IPS)KelasVIIIFgurubelummenggunakanmediapembelajaranyangsesuaidengankarakteristikmateridankarakteristikpebelajaryangberagam.UntukitusalahsatualternatifuntukmemecahkanmasalahtersebutadalahdenganmengembangkanMultimediaInteraktifyangsesuaidengankarakteristikmateridankarakteristikpebelajar.PenelitianinibertujuanuntukmerancangdanmembuatmediapembelajaranyangdisajikandalambentukCDMultimediaInteraktifberisimateriSistemPerekonomianIndonesiaDanPelaku-PelakuEkonomi.ProsedurpelaksanaanpengembanganMultimediaInteraktifinidilakukandenganmengggunakanRDcycleyangdiadaptasidariBorgGall(1983)yangmeliputienamtahapan(1)penelitiandanpengumpulaninformasi(2)perencanaanprodukdandisain(3)pengembangandrafprodukawal(4)ujicobalapanganawal(5)revisiproduk(6)ujicobalapanganutama.Datadikumpulkanmenggunakanteknikobservasiwawancaraangketdandokumentasi.Sedangkanuntukanalisisdatadigunakananalisisdeskriftifkualitatifdananalisisdatakuantitaif.HasilanalisisdatamenunjukkanbahwaMultimediaInteraktifinimemenuhikriteriavalid/layakberdasarkanperolehandariahliisi/materipelajaran74%ahlidisainpembelajaran78%ahlimediapembelajaran79%gurubidangstudi74%ujicobalapanganawal88%danujicobalapanganutama85%.BerdasarkanhasiltemuanpengembangbeberapasarandapatdiberikandiantaranyapenggunaanMultimediaInteraktifinihendaknyadigunakanpadapebelajarKelasVIIIdanpengoperasiannyaharusdidikungdenganPC/LaptopyangmemilikispesifikasiminimalberupaCDROMMicrosoftWindowsprocessorIntelPentiumIV1.60GHzMemory1GBofRAMdanVGA512MB.UpayapengembanganMultimediaInteraktifberikutnyaperluditindaklanjutiterutamapadamateri-materiIPSlainnya.