Pengembangan bahan ajar ilustrasional mata pelajaran kimia kelas X pada Homeschooling dengan model Addie / Yuni Eka Fajarwati
Main Author: | Fajarwati, Yuni Eka |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/57116/ |
Daftar Isi:
- TesisJurusanTeknologiPembelajaranProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.PunajiSetyosariM.PdM.Ed(II)Dr.A.J.E.ToenlioeM.Pd.KatakuncipengembanganbahanajarilustrasionalkimiaKimiamerupakansalahsatumatapelajarandarirumpunIPA.Bagisebagianbesarsiswasekolahmenengahataskimiadianggapsebagaipelajaranyangcukupsulit.Faktoryangmenyebabkanadalah1)materibersifatabstrakdankompleks2)berjenjangdanberurutandan3)memerlukanketrampilanalgoritmamatematika.Faktorlainyangmenyebabkanmatapelajaraninisulitbagipesertahomeschoolingadalah1)terbatasnyasaranadanprasaranapendukunglaboratoriun2)kemampuansiswayangbervariasi3)kemandirianbelajarrendah4)kemampuanmatematisyangkurangdan5)kurangnyakemampuandalammembacatabelgrafikataupunbagan.Selainfaktor-faktortersebutsebagianbesargurupengajarkimiamenggunakancarakonvensionaldalammengajar.Tesisinibertujuanuntukmengembangkanbahanajaryangmempertimbangkankarakterisitikmatapelajarandankaraktersiswa.Bahanajarinidirancangsesuaidengankebutuhansiswasehinggadapatmeningkatkanketertarikansiswadandiharapkandapatmeningkatkanprestasibelajar.ModelyangdipilihdalammengembangkanbahanajariniadalahmodelADDIE.Alasanmemilihmodelinikarenamodelinibegitusederhanadansistematik.Sehinggasangatsesuaidengankarakteristikmatapelajarankimiayangdikembangkanpadahomeschooling.AlasanlainadalahmodelinidapatdigunkanuntukmengembangkanbahanajarpadapembelajarandiranahinformasiverbalketrampilanintelektualpsikomotordansikapyangrelevandenganStandarIsiKurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP).Tahapanyangdilakukandalampengembanganpaketpembelajaraniniadalah1)analisapembelajaran2)desainproduk3)pengembanganbahanajar4)penerapanbahanajardan5)evaluasibahanajar.Penelianpengembanganinimenghasilkan3(tiga)produkyaitu1)bukuajar2)panduangurudan3)panduansiswa.Prosespengembanganinimelibatkanahliisimatapelajaranahlidesainpembelajarandanahlimediapembelajaranuntukmemberikantanggapandanmasukanperbaikan.Selainitugurumatapelajarankimiadansiswahomeschoolingsebagaipenggunabahanajarinijugadimintauntukmemberikantanggapandanmasukan.Perbaikanprodukpengembangansetelahreviewahliisiahlidesaindanahlimediadengantahap-tahap1)ujicobaperoranganoleh3orangsiswasebagairespondendan2)ujicobalapangandenganrespondensebanyak5orangsiswadan1gurukimia.Hasilujicobalapanganmenunjukkan1)bukuajarmemperolehprosentasepencapaian8490%darisiswadan75%darigurusehinggabukuajarberadapadakualifikasibaik2)panduansiswamemperolehnilai8116%darisiswamenunjukkankualifikasibaikdan3)panduangurumendapatkanpenilaian80%darigurumenunjukkanberadapadakualifikasibaik.BahanajarkimiakelasXsemestergenapdikembangkanolehYuniEkaFajarwatiyangdapatdigunakanpadahomeschoolingdansiswamaupungurusekolahformalsetaraSMAdenganmemperhatikansaranpemanfaatanprodukdesiminasidansaranpengembanganlebihlanjut