Pengembangan paket pembelajaran mata pelajaran keterampilan membuat manisan nangka untuk warga belajar pendidikan luar sekolah program keaksaraan fungsional tingkat mandiri / Putut Wijayanto

Main Author: Wijayanto, Putut
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/57089/
Daftar Isi:
  • TesisProgramStudiTeknologiPembelajaranProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.INyomanSudanaDegengM.Pd.(2)Prof.Dr.PunadjiSetyosariM.Ed.KatakunciPaketPembelajaranPengembanganKeaksaraanFungsionalTeknologiPembelajaranmemilikitujuanutamauntukmengidentifikasidanmemecahkanmasalahbelajar.Pemecahanmasalahbelajartersebutamatpentingkarenaterkaitdenganpeningkatankualitaspembelajaran.Upayapeningkatankualitaspembelajarantersebutdapatditempuhdenganmengarahkankegiatanpembelajaranpadatigaaspekpentingyaitukeefektifanefisiensidandayatarik.SalahsatuperanbesarbidangTeknologiPembelajaranadalahpenyediaansumber-sumberbelajarmelaluikegiatanpengembangan(development).SementaraitukondisidilapangankhususnyapadaPendidikanLuarSekolah(PLS)programKeaksaraanFungsional(KF)TingkatMandiribelumtersediabahanbelajaryangbenar-benardirancangkhusus(bydesign)untukpembelajaran.WargabelajarprogramKFmasihmenggunakanmediadanfasilitaspembelajaranyangsangatsederhanasepertipapantulissobekankoranmajalahberbagaibungkuskemasanprodukmesinjahitdanperabotanrumahtanggalainnya.Olehkarenaitudirasakanperluuntukmengembangkanpaketpembelajaranyangterwujuddalambentukbahanajarberupamediavideoyangterintegrasidenganmodulpembelajaran.BahanpembelajaranyangdipilihdandikembangkandalampenelitianiniadalahuntukMataPelajaranKeterampilandenganmengambilsatubahasantentangMembuatManisanNangka.HaltersebutsesuaidenganpelaksanaanProgramKFyangmengutamakanpembelajaranlifeskills.KeterwakilanwaktudantempattertentumenjadialasandikembangkannyaPaketPembelajaranMataPelajaranKeterampilanMembuatManisanNangkaini.Dengankarakteristiknangkasebagaibuahmusimandantumbuhsuburdidaerahtertentumakaperludikembangkanbahanajariniagarwargabelajarbisamempelajarinyakapanpun.Lantaspadasaatmusimpanenmerekabisamenerapkannyadalampraktekyangbisabermanfaatbagikehidupansehari-hari.PaketpembelajaraninidikembangkanberdasarkankajianTeknologiPembelajarandenganmemperhatikankomponen-komponenbahanbelajaryangterkandungdidalamnya.Harapanyangingindicapaiadalahdapatmengoptimalkanprosespembelajarandanmengakomodasikepentinganwargabelajar.Pertimbanganlainadalahbahwadenganmenggunakanbahanbelajaryangdikembangkaninimemungkinkanwargabelajaruntukdapatbelajarsecaraaktifdanmandiri.Prosedurpengembanganmelaluitigatahapan.Tahappertamamerancangpembelajaran(modelDickCarey2001)yangterdiriataslangkah-langkahmengidentifikasitujuanpembelajaranumummelakukananalisispembelajaranmengidentifikasiperilakudankarakteristikpebelajarmenulistujuanpembelajarankhususmengembangkanitem-itemtesacuanpatokanmengembangkanstrategipembelajaranmengembangkandanmemilihbahanpembelajaranmendesaindanmelaksanakanevaluasiformatifdanmerevisikegiatanpembelajaran.Tahapkeduapenyusunandanpenulisanmodulbahanajarpanduanwargabelajarpanduantutorsertaproduksimediavideopembelajaran.Tahappenyusunanmodulbahanajarpanduantutordanwargabelajarmemerhatikanhal-halsebagaiberikut.Modulbahanajarmemilikikomponenpembelajaranmeliputi1)judulbabdankonsep-konsepkunci2)petunjuk3)epitome4)pendahuluan5)tujuanpembelajaranumum6)tujuanpembelajarankhusus7)uraianmateri8)soallatihan9)rangkumanmateri10)tesakhirbab.Panduanwargabelajarmeliputipetunjukpenggunaanbahanajarpetunjukpenggunaanmediadanbahanlainyangdiperlukanpetunjukpengerjaansoallatihandantugas.Panduantutorberisipetunjuk-petunjukpenggunaanbahanajarbagitutor.Kegiatanproduksimediavideopembelajaranmeliputikegiatanpraproduksiproduksidanpascaproduksi.Tahapketigamendesaindanmelakukanevaluasiformatifmeliputitanggapanahliisiahlidesaindanahlimediapembelajaranujicobaperoranganujicobakelompokkecildanujicobalapangan.Padatahapinidilakukananalisisdanrevisiterhadapmodulbahanajarpanduanwargabelajarpanduantutordanmediavideopembelajaran.