Pengembangan paket bahan ajar mata pelajaran bahasa inggris bermedia interaktif dengan model addie / Ahmad Bahruddin
Main Author: | Bahruddin, Ahmad |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/57088/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKBahruddinAhmad2010.PengembanganPaketPembelajaranMataPelajaranBahasaInggrisBermediaInteraktifdenganModelADDIE.TesisJurusanTeknologiPembelajaranProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.INyomanSudanaDegengM.Pd.(2)Dr.MoeljadiPranataM.Pd.KatakunciPengembanganBahanAjarBermediaInteraktifModelADDIESalahsatuagendanasionaladalahmeningkatkankualitassumberdayamanusiasecaramenyeluruhagarmampumenghasilkanmanusia-manusiayangberkemampuandalammelaksanakanpembangunannasionalsecaraberkelanjutan.Upayameningkatkankualitassumberdayamanusiayangsedangdanterusdilaksanakanadalahmelaluipendidikan.Pendidikanmasihdipercayasebagaiwahanaefektifdalammeningkatkankualitashidupmanusiamelaluipenyelenggaraanpembelajaranyangberkualitas.Pembelajaranmerupakankegiatankomunikasiyangdilakukanolehpembelajardanpebelajaryangmengikuticara-caratertentudalamrangkamemberikaninformasimemberikanpengetahuanpenanamanperilakusebagaiupayauntukmembantupebelajarmencapaitujuannya.Dalamartisempitpembelajarandapatjugadidefinisikansebagaisuatukegiatanyangdirancanguntukmembantuseseorangmempelajarisuatukemampuandanataunilaiyangbaru.Pembelajaranadalahkegiatanpebelajarsecaraterprogramdalamdesaininstruksionaluntukmembuatpebelajarbelajarsecaraaktifdenganmengupayakanpemenuhankebutuhanbelajaryangdiperlukansalahsatunyadenganmenyediakansumberbelajaryangrelevan.Masalahyangseringmunculdalamprosespembelajaranadalahketersediaanbahanajaryangcukup.Disisilainbahanajaryangadadewasainibelumsepenuhnyadikembangkandenganmempertimbangkankebutuhandankarakteristikpebelajar.Sehinggaparapebelajarmasihbelumtermotivasidanterangkatminatnyauntukmenggalipengetahuanlebihdalammelaluibahanajaryangada.MenyikapisalahsatupermasalahanmendasartersebutmakapengembangmencobauntukmengembangkanbahanajaryangdidasariolehkebutuhandankarakteristikpebelajarkhususnyapebelajardiSMANegeri4BerauyangsecaraumummemilikikeunikandankemampuanakademiklebihmenonjoljikadibandingkandengankebanyakanpebelajarlaindiwilayahkabupatenBerau.Bahanajaryangdikembangkaninijugadilengkapidenganlatihan-latihansoalyangdikemasdalambentukinteraktifberbasisFlash.AlasanutamamengapabahanajarinidilengkapidenganlatihaninteraktifadalahmepertimbangkankarakteristikdanketersediaansaranapendukungpembelajaranberbasisinformasidanteknologiyangsudahadadilingkunganSMANegeri4Berau.Berdasarkanhasilujicobakelompokyangtelahdilakukanmakadiperolehrekapitulasidatasebagaiberikut1.Jumlahkeseluruhan(rata-ratapersentase)siswayangmemilihopsijawaban1sebesar7480%2.Jumlahkeseluruhan(rata-ratapersentase)siswayangmemilihopsijawaban2sebesar2160%3.Jumlahkeseluruhan(rata-ratapersentase)siswayangmemilihopsijawaban3sebesar360%4.Tidakadasiswayangmemilihopsijawaban4(0000%)Melihathasilyangtelahdiperolehmakamayoritassiswamemilihopsijawaban1(7480%)jikahasiltersebutdikonsultasikandengantabelkonversi(BabIIIhalaman78)makanilaitersebutmasukkategoriBAIKsehinggaprodukbahanajariniBISAdanLAYAKdipergunakansebagaisalahsatusumberbelajarMataPelajaranbahasaInggrisbagikelasXSemester1(ganjil)SMANegeri4BerauKalimantanTimur.AgarbahanajarinibisadimanfaatkanbukanhanyaolehpebelajardiSMANegeri4Beraunamunbisajugadimanfaatkanolehpebelajarlainmakadiperlukankajiandananalisiskebutuhansertakarakteristikpebelajarlainyanglebihmendalam.DisampingitudiperlukandukungandarisemuapihakbaikbirokrasimaupunpihakduniausahaagarbahanajarininantinyabisadiproduksisecaramasaldandidistrubusikankepadaseluruhpebelajarkhususnyakelasXdisekolah-sekolahlaindiwilayahkabupatenBerausecaragratis.Bahanajarinidiharapkanbisadijadikansebagaimotivasidaninspirasibagipengembanglainuntukmengembangkannyalebihbaiksesuaidengantuntutanperkembanganjamandilainkesempatan.