Pengembangan paket pembelajaran dengan model Dick, Carey & Carey pada mata pelajaran fisika bagi siswa kelas X semester 1 SMA Negeri 5 Palu Sulawesi Tengah / Emmi Sianturi
Main Author: | Sianturi, Emmi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/57074/ |
Daftar Isi:
- AbstrakTujuanutamateknologipembelajaranadalahmengidentifikasidanmemecahkanmasalahbelajar.BerdasarkanhasilpengamatandilapanganpembelajaranmatapelajaranfisikadiSMANegeri5Palubelummenggunakanbahanajarataubukuyangdirancangkhususuntukkeperluanprosespembelajaran.Olehkarenaitudirasaperluuntukmerancangdanmengembangkansuatupaketpembelajaranfisika.PaketpembelajaranyangdikembangkanberupamatapelajaranfisikabagisiswakelasXsemester1terdiridari3bagianyaitubahanajarpanduangurudanpanduansiswa.Pengembanganpaketpembelajaraninidiharapkandapatmengoptimalkanprosespembelajaranmembantugurudalammemfasilitasipembelajaran.Hasilujicobaahliisiuntukbahanajarberadadalamkategorisangatbaikhasilujicobaahlidesainuntukbahanajarberadadalamketegorisangatbaikuntukpanduangurudalamkategoribaikdanpanduansiswadalamkategorisangatbaik.Hasilujicobaahlimediabahanajarberadadalamketegoribaikpanduangurudalamkategorisangatbaikpanduansiswasangatbaik.Hasilujicobaperoranganbahanajarterdapat18kesalahandalampengetikan15kesalahandalampenggunaantandabaca5hurufyangseharusnyahurufbesar1hurufyangseharusnyahurufkecil4hal-hallainyangperludiperbaikihasilujicobakelompokkecilbahanajardalamkategorisangatbaikpanduansiswadalamkategorisangatbaikHasilujicobalapanganbahanajarhasiltanggapansiswadalamkategorisangatbaikhasiltanggapangurudalamkategorisangatbaikpanduansiswadalamkategorisangatbaikdanpanduangurudalamkategorisangatbaik.Hasilpretesdanposttesdenganderajatkebebasan29dantarafsignifikansi005didapatthitung1944lebihbesardarittabel2042makadapatdikatakanbahwaperbedaanmeantersebutmenyakinkanataudengankatalainbahanajaryangdigunakanefektif.