Pengembangan paket pembelajaran dengan model Dick, Carey & Carey pada mata pelajaran fisika bagi siswa kelas X semester 1 SMA Negeri 5 Palu Sulawesi Tengah / Emmi Sianturi

Main Author: Sianturi, Emmi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/57074/
Daftar Isi:
  • AbstrakTujuanutamateknologipembelajaranadalahmengidentifikasidanmemecahkanmasalahbelajar.BerdasarkanhasilpengamatandilapanganpembelajaranmatapelajaranfisikadiSMANegeri5Palubelummenggunakanbahanajarataubukuyangdirancangkhususuntukkeperluanprosespembelajaran.Olehkarenaitudirasaperluuntukmerancangdanmengembangkansuatupaketpembelajaranfisika.PaketpembelajaranyangdikembangkanberupamatapelajaranfisikabagisiswakelasXsemester1terdiridari3bagianyaitubahanajarpanduangurudanpanduansiswa.Pengembanganpaketpembelajaraninidiharapkandapatmengoptimalkanprosespembelajaranmembantugurudalammemfasilitasipembelajaran.Hasilujicobaahliisiuntukbahanajarberadadalamkategorisangatbaikhasilujicobaahlidesainuntukbahanajarberadadalamketegorisangatbaikuntukpanduangurudalamkategoribaikdanpanduansiswadalamkategorisangatbaik.Hasilujicobaahlimediabahanajarberadadalamketegoribaikpanduangurudalamkategorisangatbaikpanduansiswasangatbaik.Hasilujicobaperoranganbahanajarterdapat18kesalahandalampengetikan15kesalahandalampenggunaantandabaca5hurufyangseharusnyahurufbesar1hurufyangseharusnyahurufkecil4hal-hallainyangperludiperbaikihasilujicobakelompokkecilbahanajardalamkategorisangatbaikpanduansiswadalamkategorisangatbaikHasilujicobalapanganbahanajarhasiltanggapansiswadalamkategorisangatbaikhasiltanggapangurudalamkategorisangatbaikpanduansiswadalamkategorisangatbaikdanpanduangurudalamkategorisangatbaik.Hasilpretesdanposttesdenganderajatkebebasan29dantarafsignifikansi005didapatthitung1944lebihbesardarittabel2042makadapatdikatakanbahwaperbedaanmeantersebutmenyakinkanataudengankatalainbahanajaryangdigunakanefektif.